Halo girls! Pasti kalian pernah deh yang namanya rasain sakit perut bahkan sampai kram perut karena haid. Pasti bakal merusak hari dan mood banget ya dengan gangguan sakit perut karena haid. Nah kalian bisa coba deh beberapa cara ampuh dibawah ini yang bisa mengurangi rasa sakit perut kamu karena haid. Yuk dicek!

          1. Kompres Perut

Cara pertama kamu bisa kompres perut dengan botol yang berisi air hangat. Mengompres bagian perut akan membuat merelaksasi otot uterus yang berkontraksi sehingga dapat meminimalisir rasa sakit.

          2. Berbaring

Kalian juga bisa coba dengan cara berbaring, terlebih lagi jika sakitnya sering muncul. Kalian juga bisa gunakan bantal kecil pada lutut atau dibawah pinggang untuk meminimalisir rasa sakit pada pinggang.

          3. Relaksasi

Berikan pijatan kecil pada bagian perut yang sakit karena akan sangat membantu meredakan nyeri dari haid. Atau juga kalian bisa melakukan yoga atau pilates untuk menenangkan dan mengalihkan pikiran dari rasa sakit yang ada.

          4. Olahraga Kecil

Selain relaksasi kalian juga bisa coba olahraga kecil atau ringan. Karena dengan olahraga dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh dan akan menghasilkan hormone endorphin yang dapat mengurangi rasa sakit karena haid. Contoh olahraga kecil atau ringan yang dapat kalian lakukan adalah seperti jogging, berjalan atau juga bersepeda.

          5. Minum Jamu

Kalian pasti udah sering dengar salah satu cara ini yaitu dengan minum jamu. Nah kalian bisa coba campurkan jahe pada beberapa minuman hangat yang kalian konsumsi, tidak harus wedang jahe tapi bisa susu atau teh yang ditambahkan dengan jahe.

Kalian juga bisa coba buat jamu sendiri dengan bahan 15 sampai 30 gram daun dewa, 20 gram kunyit (boleh parut atau potong) dan 600 cc air hangat. Kalian dapat rebus ketiga bahan tersebut hingga airnya tersisa setengah, lalu kalian saring air tersebut untuk memisahkan ampasnya. Kalian dapat minum ramuan jamu tersebut dua kali per hari selama masa haid atau pada saat nyeri perut berlangsung.
 

Simple dan mudah kan cara untuk meredekan nyeri atau sakit perut saat haid. Semoga tips diatas ini dapat membantu kalian ya. Selamat mencoba!