P_20180929_045809-01
Sunscreen etude house sunprise mild watery light spf 50+ PA +++

 

Dear readers..

Ini adalah sunscreen kedua yang aku review pada blog ini , setelah sebelumnya aku me review sunscreen dari Kojie san.

sebenarnya , sejak awal yang ingin aku beli adalah etude house  sunprise mild airy finish (yang merupakan physical sunscreen) karena sering direkomendasiin Liah yoo, varian tersebut mengandung UV filters yang mineral based dan lebih cocok untuk kulit sensitif selain itu rasanya pengen aja sesekali aku nyoba pure physical sunscreen (belum pernah soalnya). Namun karena botolnya rada rada mirip maka aku pun salah memesan (jadinya yang tiba adalah sunscreen etude house sunprise mild watery light yang merupakan chemical sunscreen).

 

BASIC INFORMATION

Price : 200 ribuan  ,  Size : 50 g/ 1.76 Oz,  berat : 65

INGREDIENTS

 

P_20180929_045903-01

Water Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Ethylhexyl Salicylate, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Alcohol, Butylene Glycol, Dicaprylyl Carbonate, Cyclopentasiloxane, Octocrylene, C20-22 Alkyl Phosphate, C20-22 Alcohols, Silica, 1,2-Hexanediol, Cetyl Alcohol, Viscum Album (Mistletoe) Leaf Extract, Portulaca Oleracea Extract, Centella Asiatica Extract, Glyceryl Stearate, Methyl Methacrylate Crosspolymer, Tromethamine, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Phenoxyethanol, Octyldodecanol, Polyacrylate Crosspolymer-6, Opuntia Ficus-Indica Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Glycine Soja (Soybean) Lipids, Microcrystalline Cellulose, Xanthan Gum, Sodium Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Polyisobutene, Carex Humillis Root Extract, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Eucalyptus Globulus Leaf Oil, Pinus Sylvestris Leaf Oil, Citrus Aurantifolia (Lime) Oil, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Echium Plantagineum Seed Oil, Euterpe Oleracea Fruit Extract, Malpighia Emarginata (Acerola) Fruit Extract, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract, Cellulose Gum, Adansonia Digitata Seed Oil, Hyaluronic Acid, Sorbitan Oleate, Caprylyl/Capryl Glucoside, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Cardiospermum Halicacabum Flower/Leaf/Vine Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil Unsaponifiables, Isoceteth-10, Isoceteth-25

 

Screenshot_20181007-144354_1

Screenshot_20181007-144359_1

 

Produk Ini : sulfate free dan paraben free serta Alergen Free berdasarkan kriteria EU

Ada 5 chemical Filters yang terdapat dalam sunscreen ini , yaitu :

  1. Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate
  2. Octocrylene
  3. Ethylhexyl Salicylate
  4. Homosalate
  5. Ethylhexyl Methoxycinnamate (berpotensi sebagai skin irritant)

Pada formulasi sunscreen terdapat 3 ingredients yang berperan sebagai antiinflamasi atau mempercepat penyembuhan luka pada kulit

  1. Adansonia Digitata Seed Oil
  2. Centella Asiatica Extract
  3. Hyaluronic acid

Untuk anda dengan kulit sensitif mungkin harus berhati-hati, karena formula ini mengandung ingredients yang berpotensi sebagai iritan . yaitu :

  1. Alcohol. dapat menyebabkan penguapan air, sehingga kulit bisa menjadi lebih kering , sehingga bisa memicu sensitisasi pada kulit wajah.
  2. Eucalyptus globulus leaf oil , termasuk esensial oil yang kuat, sehingga memungkinkan terjadinya iritasi
  3. Citrus lemon peel oil
  4. Ethylhexy; ethoxycinnamate

Namun untuk mengantisipasi risiko terjadinya iritasi kulit, formulasi ini dipadukan dengan Aloe Barbadensis leaf Juice yang berperan untuk menenangkan kulit serta meredakan gejala gejala iritasi, plus di tambah 3 ingredients yang promote wound healing seperti Adansonia Digitata Seed oil, cantella Asiatica extract, hyaluronic acid.

CLAIMS

Sumber claims : KLIK DISINI

  1. UV gel yang melembabkan dengan kandungan lecithin yang  baik untuk kulit, lapisan sunscreen ini sangat tipis dan menyebar dengan mudah di kulit serta memberikan hasil akhir yang transparan.
  2. Ringan dan menyegarkan : dengan jenis gel yang tidak lengket dan merata dengan dengan mudah karena teksturnya yang ringan dan memberikan kesan wajah yang menyegarkan.
  3. Safe and smooth : mengandung Lecithin alami larut air dan ramah untuk kulit.
  4. Mengandung 20 jenis ekstrak tumbuh tumbuhan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV secara aman ; ekstrak dwarf ground sedge, ekstrak biji bunga matahari,  ekstrak aloe vera, dan portulaca oleracea                                                                             Dwarf ground sedge extract & Sunflower seeds utk proteksi sinar UV
    Acai berry & Acerola untuk mengembalikan vitalitas kulit
    Portulaca oleracea, Centella asiatica, & Mistletoe leaves untuk menenangkan kulit
    Aloe vera, Cactus, & Hyaluronic acid untuk menghidrasi kulit.

PACKAGING

P_20180929_050048-01

Sunscreen ini dikemas dalam botol biru kehijauan berbentuk tube (kecil di bawah melebar ke atas), tutup botol berwarna broken white dengan model ulir.

TEKSTUR dan AROMA

P_20180929_045937-01
Tekstur sunscreen etude house sunprise mild watery light

krim ini merupakan krim yang kaya akan ingredients, namun teksturnya sungguh sangat ringan . Konsistensinya berupa creamy gel yang light weight dan bewarna putih agak kekuningan. Aroma nya pun tidak begitu mencolok, wangi floral yang menyegarkan.

REVIEW

Dari segi harga, lumayan sedikit mahal (menuruku). Soalnya sunscreen kan sesuatu yang dipakai setiap hari dan harus terus di reapply(apalagi jika sedang berpanas-panasan di bawah sinar matahari langsung, harus sering-sering di reapply nya), makanya akan lebih cepat habis. Berhubung prioritas ku masih banyak , menghabiskan duit hanya untuk menyetok sunscreen amat sangatlah tidak efisien. Lebih baik cari sunscreen yang agak lebih affordable (sunscreenku bakalan habis setiap 3 atau 4 minggu sekali, tekor juga kalau aku harus membeli sunscreen seharga >100.000 setiap bulannya) (jiwa emak emak yang iritku muncul saat memikirkan hal ini).

Dari segi perlindungan terhadap sinar UV , sunscreen ini bekerja sangat baik , saat aku menggunakannya dengan jumlah dan cara yang benar, dan mereapply satu hingga 2 jam sekali saat aku terpapar langsung dengan sinar matahari (saat di pantai atau outdoor), terbukti tidak bikin kulitku gosong dan melepuh akibat dari efek sinar matahari.

Dari segi Tekstur, sangat luar biasa, sangat ringan, halus dan menyatu sempurna dengan kulit. dengan dewy finish look yang natural dan kulit terasa lembab dan kenyal. Tidak ada white cast dan formula sangat transparan Sesuai dengan claim yang diutarakan pada label, menurutku ini cocok digunakan sebagai base make up. Kekurangannya cuma satu dari segi teksturnya, yaitu agak terasa sedikit lengket.  tekstur sunscreen mild watery light ini sangat mirip dengan sunscreen Biore UV Aqua rich  watery essence.

Dari segi kenyamanan , untuk kulit sangat nyaman sekali (tidak memicu break out. reaksi alergi ataupun reaksi iritasi), tetapi untuk mataku sangat tidak nyaman. Sunscreen ini bikin mataku perih dan berair. Padahal saat pengaplikasian aku sudah menghindari daerah sekitar orbita (lingkar mata), namun perih tetap saja kurasakan apalagi saat berkeringat, seperti uap dari sunscreen itu menyeruak ke dalam mata yang menyebabkan timbulnya gejala perih dan berair. Yep, Sunscreen ini aman untuk kulit namun mengiritasi mataku. Aku pribadi masih bertanya tanya ingredients apa yang menyebab hasil demikian..

Pro :

  • teksturnya Ringan  dan nyaman untuk kulit, mudah diratakan dan diaplikasikan
  • melindungi kulit dari sinar uv dengan baik
  • wanginya tidak begitu mencolok, enak di hidung
  • memberikan hasil dewy yang natural serta melembabkan kulit
  • ga bikin iritasi kulit

Kontra : 

  • Bikin perih di mata
  • harganya mahal menurutku (karena aku harus purchase sunscreen sebulan sekali, jadi aku kudu harus nyari sunscreen dengan harga di bawah ini)
  • Agak sedikit lengket di kulit

Kesimpulan

daya beli dan prioritas setiap orang itu beda-beda, jika penghasilan anda besar, maka harga dari sunscreen ini pasti tidak terlalu bermasalah untuk anda, apalagi jika sudah cocok saat pemakaian. Nah, namun karena ia bikin perih di mata plus harganya diluar terget finansial yang aku alokasikan untuk sunscreen maka dengan berat hati aku menyatakan bahwa aku tidak akan repurchase sunscreen ini. Terlepas dari semua itu, sunscreen ini cukup baik, apalagi dari segi tekstur dan kemampuannya menangkal sinar UV,

DISCLAIMER : opini pribadi (dari hasil pemakaian selama 1 1/2 bulan penuh) , produk dibeli dengan duit pribadi.