Seperti makan sushi dengan porsi yang lebih mantap!
Shirataki Casserole dan Salmon Kani Mentai Rice

Pertama kali saya tahu By Anind dari Instastory teman saya. Dia bersumpah rasanya enak banget. Beberapa lama kemudian, teman saya yang lain juga memberikan komentar serupa.

"Mentai mentai ini apa, sih?" pikir saya. Saya cek Instagram-nya, @byanind, dan di testimonial-nya semua orang seperti tergila-gila. Okay, masuk bucket list buat dicobain pas ke Jakarta.


Beberapa lama kemudian, setelah di Jakarta, saya coba cek lewat Go-Food. By Anind enggak muncul, mungkin karena terlalu jauh (dia di Jakarta Selatan, saya di Jakarta Barat). Ya sudah, nanti saja saya coba pesan lagi entah bagaimana caranya.

Suatu hari saya dan keluarga berkunjung ke rumah saudara di Cililitan. Saya iseng cek lagi di Go-Food. Eh, ternyata dekat, lho, dengan alamat By Anind yang di Duren Tiga! *girang* Alih-alih pesan lewat ojek online, akhirnya saya bujuk papa untuk ke sana mumpung enggak ada agenda lain.

Cara saya cari nomor telepon By Anind agak ribet, sih, karena enggak tertera di bio Instagramnya. Jadi, saya masuk ke profile Instagram By Anind, lalu masuk ke Direction. Di sana ada peta lokasi plus nomor teleponnya. Setelah memastikan saya bisa datang langsung dan stoknya ready, saya cuss ke sana.

Kalau mau ke By Anind, tinggal ikuti saja lokasi yang ditunjukkan Google Maps. Nanti Anda akan menemukan sebuah rumah besar yang banyak didatangi abang Gojek. Di pagarnya ada spanduk kecil bertuliskan 'By Anind'. Yesss, enggak pake nyasar.

Rumahnya gede banget. Mobilnya saja ada tiga. Abang Gojek yang mau pesan biasanya lewat satpam rumah, nanti dia yang akan menyampaikan ke dalam. Abang Gojeknya tinggal duduk-duduk, deh, di teras yang sudah disiapkan.

Saya nanya ke Pak Satpam, kira-kira harganya lebih murah enggak, ya, kalau beli langsung, enggak lewat Gojek? Soalnya sepengalaman saya, harga di Gojek, kan, dimahali 10%. Karena dia enggak tahu, dia panggil owner-nya (yang belakangan saya tahu namanya Mbak Dita. Apakah nama aslinya Anind-dita? *sotoy*). Ternyata harganya sama dengan harga di Go-Food.

Saya pesan Salmon Kani Mentai Rice dan Shirataki Casserole. Harusnya totalnya Rp 132.000, tapi dibulatkan jadi Rp 130.000. Apa karena saya terkesan demanding, ya, nanya-nanya terus? Duh, padahal enggak bermaksud, lho. Beneran cuma pengen tahu harganya lebih murah, enggak, dari Go-Food. :|

Sambil menunggu, saya cerita ke satpam kalau saya ambil sendiri karena Go-Food-nya enggak bisa dipesan di rumah saya karena kejauhan. Tapi, kata Gojek yang ada di situ, dia sering antar ke Tangerang, Kebon Jeruk, Pondok Indah, dll. Nah, iya juga, teman saya di Kebon Jeruk bisa saja, tuh, pesan. Kenapa di aplikasi saya enggak muncul, ya?

Pesanan saya diantar oleh (kelihatannya) asisten Mbak Dita. Saya tanya kalau mau menghangatkan ini gimana caranya. Katanya di-microwave, tapi saat saya tanya berapa lama, jawabnya setengah jam! Buset, padahal saya expect satu menit gitu. Saya rasa mbaknya salah, deh.

Let's do the unboxing!

Dari situ saya langsung pulang. Perjalanan jauh tapi dua-duanya masih lumayan hangat karena dikemas di wadah aluminium foilOkay... Let's jump to the review!

Salmon Kani Mentai Rice

Harga: Rp 47.000
Rating: 4,1/5

Salmon never goes wrong

Best seller-nya setahu saya adalah si Salmon Kani Mentai ini, tapi saya galau mau pesan shirataki atau riceShirataki khawatir hambar (pernah coba di tempat lain dan agak aneh menurut saya), kalau nasi saya takut terlalu biasa. Tapi, karena saya mau coba Shirataki Casserole, untuk Salmon Kani Mentai saya pesan yang rice saja.

Buat yang belum tahu, kani adalah crabstick alias daging kepiting imitasi, sedangkan mentai adalah saus yang mengandung telur ikan terbang.

Salmon Kani Mentai Rice dikemas dalam wadah aluminium foil bertutup. Ukurannya lebih kecil daripada Casserole. Sempat underestimate apakah bisa kenyang dengan porsi segini, tapi saya maklum karena kecil begini saja harganya sudah mahal karena menggunakan bahan-bahan premium.

Let's take a bite.

Hmm... *sambil ngangguk-ngangguk*

Kesan pertama yang muncul adalah seperti makan sushi, tapi di mangkuk dan pakai sendok! Yes, namanya saja mengingatkan saya akan sebuah makanan di daftar menu sebuah restoran sushi ternama.

Kalau saya tidak salah, nasi pulen diaduk rata dengan nori flakes dan wijen putih. Lalu, salmon dan crabstick ditata di atasnya untuk kemudian dituangi mayones, tobiko (telur ikan terbang), dan nori flakes lagi. Setelah itu, bagian atasnya dibakar dengan torch, makanya ada sedikit warna hitam.

Walaupun saya makan ini ramai-ramai, rasanya makan sendiri juga akan kenyang. Sebab, selain ada nasi, salmon, dan crabstick, tambahan mayonesnya juga bikin enek kalau terlalu banyak. Yes, I took back my word. Seporsi yang tidak besar ini ternyata pas untuk sendiri.

Shirataki Casserole

Harga: Rp 85.000
Rating: 4/5

Look at that creamy goodness...

Shirataki Casserole adalah menu yang paling mahal di By Anind. Ukurannya juga paling besar, sekitar 20x10x6, dan dikemas dobel (di wadah stainless steel, lalu dimasukkan ke dalam kotak karton). Selain disediakan sendok seperti si mentai, ada juga saus sambal sachet.

Mbak Dita butuh waktu lebih lama untuk menyiapkan casserolebut it's worth itShirataki-nya ternyata agak beda dengan yang pernah saya coba. Ini teksturnya lebih kecil, jadi seperti bihun jagung karena agak kenyal.

Mie rendah kalori yang terbuat dari umbi konjac ini berlumur susu serta bertabur potongan kecil smoked beef dan wortel. Semuanya diselimuti mozzarella yang kecokelatan karena dipanggang. Gurih creamy, cocok banget untuk Anda yang suka susu dan keju. Porsinya yang besar bikin sajian ini lebih pas untuk sharing. Kalau dimakan sendiri, rasanya Anda akan mabuk susu. :D

Anda memperhatikan rating yang saya kasih untuk kedua makanan ini? Yesmentai-nya menang dengan selisih 0,1. Sebab, dua-duanya sama-sama enak, tapi enaknya beda and I prefer the sushi-like taste. Mungkin lain kali saya akan pesan mentai untuk dimakan sendiri biar puas.

Habis makan ini, saya jadi pengin recreate di Sumbawa karena di sana banyak ikan. Berpotensi dijual, bisa juga untuk mengobati kangen. Tapi, yah, balik lagi ke keterbatasan ketersediaan bahan baku yang aneh-aneh di sana. Salmon juga enggak ada. Hahaha...

Oh, iya, selain Salmon Kani Mentai Rice dan Shirataki Casserole, By Anind juga menjual Salmon Kani Mentai Shirataki dan Shirataki Tek-tek. Usaha makanan online inipun menyediakan hidangan versi ibu hamil. Jadi, kalau Anda memesan Salmon Kani Mentai untuk bumil, Mbak Dita enggak kasih tobiko. Tenang, salmon dan lain-lainnya matang, kok.

By Anind

Kategorionline, Jepang, shirataki

Alamat:
Jl. Duren Tiga Indah 5 blok I /9, RT 11 RW 4, Duren Tiga, Pancoran
Jakarta Selatan 12760




Kontak:
Telepon: 081928077796
Instagram: @byanind

Jam buka:
Senin-Sabtu: 10:00-18:00
Minggu: tutup

Range harga: Rp 40.000-85.000

Biaya tambahan: -

Metode pembayaran: Tunai

HalalMuslim-friendly*. By Anind mengklaim hanya menggunakan bahan-bahan berlabel halal tanpa shoyu, mirin, dan lain-lain (ternyata enggak pakai ginian rasanya juga bisa mirip sushi!)

Kapasitas: -, take away only

Fasilitas: ruang tunggu untuk driver ojek online :P

Kesimpulan: cocok untuk penggemar sushi yang pengin lebih kenyang, penyuka rasa creamy, dan Anda yang sedang mengurangi konsumsi nasi (diganti shirataki)