Hello beauty ladies,

Ini adalah artikel atau tulisan blog pertama yang saya buat di Beautynesia, dan aku bakalan lebih sering share soal fashion walaupun aku juga enggak melek - melek amat soal fashion ya.

Pada kesempatan ini, aku mau bahas nih mengenai perbedaan motif plaid , tartan dan chequered (check). Kebetulan aku suka sekali dengan "Preppy Looks", dan salah satu elemen penting biasanya menggunakan salah satu motif ini. Biar ga keliru, mari kita simak apa perbedaannya.

1. Tartan
Tartan adalah pola garis-garis vertikal horizontal yang saling bersilangan.  Biasanya lebih dari dua pattern dan overlap dari satu ke yang lain. Ini termasuk pattern/motif yang tertua lho! Umurnya sudah lebih dari 3.000 tahun lho. Biasanya paling sering ditemukan pada motif baju tradisional Skotlandia.



2. Plaid

Plaid ini sebenarnya dulunya masuk ke kategori Tartan, namun seiring berkembangnya trend fashion tartan di kota British dan Amerika, maka mereka membuat gaya baru yang membedakannya dengan motif tartan original. 

Perbedaan mendasar pada motif Plaid dan Tartan adalah pola garis vertikalpada motif plaid tidak harus sesuai dengan pola garis horizontal seperti pola tartan.
Plaid memiliki banyak variasi lebar pita, pengulangan dan / atau warna.


(banyak banget baju ku model beginih :D )

3. Chequered/ Check

Nah motif check in cukup simple ya. Biasanya hanya terdiri dari dua warna saja (tapi ga selalu sih). Pokoknya warnanya ga akan pernah overlap satu sama lain dan paling rapih banget dilihatnya (apalagi kalau di take picture , ga akan confusing visualnya).
Motif check ini punya tiga subs pola yang sangat terkenal, yakni Gingham , Buffalo dan Windowpane.
Gingham sendiri banyak banget ya ditemukan pada fashion sekarang sepertinya sedang naik daun lagi deh. Yuk check motifnya.


(ini yang namanya Gingham Check)


(kalau ini namanya Buffalo Check, dulu aku sempet ketukar ya kukira ini motif gingham juga, bedanya ada 3 warna soalnya)


Nah, gimana? Udah ga bingung lagi kan bedainnya?
Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kalian ya ladies...


See you on next articles

Bye
Diana~



(source of pic by http://images.google.com)