Kemajuan dunia information technology (IT) saat ini di gadang-gadang sebagai salah satu penyebab rusaknya moral anak dan generasi muda di negeri ini, maraknya berita bohong (hoax) dan kemudahan komunikasi yang justru seperti mata pisau yang membuat kita dilema, akan terus menggunakan IT dengan segala efek negatif atau melepaskannya.

IT dan generasi muda
Masalahnya adalah, apakah kita bisa melepaskannya? Sebenarnya bukan maunya kita juga ya berbagai dampak negatif dari IT ini, melainkan tuntutan zaman yang memungkinkan segala hal negatif menjadi mudah di akses dan di manfaatkan orang banyak. Kemajuan era digital ini tidak bisa dicegah, ditunda, atau di hapuskan. Kemajuan IT yang pesat ini, justru prestasi dari kecerdasan manusia yang di rintis sejak dulu. Untuk hal inilah Tuhan menciptakan ilmu pengetahuan, bukan?

Lalu pada akhirnya, ujung tombak positif dan negatifnya dampak kemajuan IT saat ini berada di tangan ibu selaku manager dalam rumah tangga. Ibu selaku pendidik anak-anak dan generasi muda yang sangat di harapkan sekali menjadi tumpuan keluarga dalam memfilter seluruh informasi yang masuk
Hal-hal inilah yang akhirnya membawa saya, yang dulunya blogger receh menjadi blogger dengan konten serius dan bermanfaat. Saya menghapus semua tulisan curhat dimasa kuliah dan menggantinya dengan tulisan bermanfaat, bahkan jika saya harus menulis blog dengan bekerja sama dengan suatu brand untuk urusan promo pun, saya tetap penyelipkan nilai edukasi dan pesan moral kepada pembaca.

Ya, inilah cara saya mengikuti perkembangan IT dengan menjadi blogger. Saya yang dulunya tidak tau apa-apa, sejak bergabung dengan komunitas blogger menjadi tau banyak soal memajukan blog dan menjaga kualitas tulisan. Ternyata secara tidak langsung, dengan menjadi blogger saya jadi rajin membaca di dunia maya berita-berita terbaru, baik berkaitan dengan blog ataupun gaya hidup untuk keluarga.

Hingga akhirnya lambat laun saya jadi selalu tau perkembangan digital terbaru.  Dari sini akhirnya pengetahuan yang saya dapat, saya gunakan untuk memfilter semua asupan teknologi informasi yang masuk ke keluarga saya terutama anak-anak saya. Saya gunakan untuk inspirasi menulis dan tentu saja sebagai sarana mencerdaskan diri saya sendiri sebagai perempuan.

Keseriusan di dunia blog akhirnya membawa saya menjadi ketua komunitas female blogger of banjarmasin, dimana setelah menjadi komunitas alhamdulillah jumlah member makin bertambah dan pengetahuan pun bertambah karena kami sering mengadakan share link untuk saling berbagi dan saling baca postingan terbaru kami.

Nah dari berkomunitas blogger ini pula akhirnya saya mengenal IWITA. Hayo, siapa yang sudah pernah tau Tentang iwita ini?awalnya saya kenal IWITA ini ketika menghadiri acara Serempak ID yang bekerja sama dengan iwita kalsel yang mengupas tentang dampak positif yang didapatkan jika wanita mengerti akan kemajuan teknologi informasi baik dari segi ekonomi maupun segi keberhasilan keluarga.

Roadshow Serempak, pertama kali
Saya mengenal IWITA

IWITA atau Indonesia Woman IT Awarness adalah organisasi perempuan Indonesia yang tanggap dengan teknologi informasi.



Setelah acara itu baru saya tau, bahwa IWITA ternyata bukan hanya mendukung kegiatan serempak, melainkan juga mendukung berbagai komunitas perempuan di Indonesia yang berkaitan dengan dunia IT dengan cakupan organisasi dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Nusa tenggara, Maluku hingga Papua. Tentu saja, sesuai dengan singkatannya, organisasi yang pelopori  di pimpin oleh Ibu Martha Simanjuntak, SE. MM.  ini akhirnya turut mendukung perhelatan sederhana dalam rangka ulang tahun FBB ke-2 tanggal 7 oktober 2018.

Perempuan harus mengenal potensi dirinya dan berani tampil untuk saling menginspirasi   (Martha Simanjuntak, SE. MM) 

Kehadiran IWITA sebagai pendukung acara ulang tahun FBB ke-2 nanti Sangat membuat saya selaku ketua menjadi sangat senang, karena iwita sebagai organisasi perempuan besar di negeri ini Selaras dengan tujuan kami di komunitas untuk tetap menjadi wanita yang melek teknologi informasi. Artinya kegiatan FBB dapat dikatakan mendapat dukungan penuh dari IWITA.

Selain di Kalsel, IWITA juga mendukung kegiatan perempuan berbasis IT di berbagai daerah. Di website resmi IWITA berjajar rapi berbagai komunitas dan organisasi yang pernah di dukungnya. Semoga setelah ini logo FBB juga masuk dalam list tersebut ya, aamiin. 

Dengan dukungan ini, kami berharap bisa mendukung visi dan misi IWITA 

VISI

Indonesia Women IT Awareness

Terwujudnya perempuan Indonesia tanggap Teknologi Informasi melalui advancement, learning, implementation dan socialization, sehingga perempuan dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia dan membentuk generasi bangsa yang berakhlak mulia dan berprestasi.
Sebenarnya, Apa yang bisa kita dapat dengan menjadi perempuan yang cerdas di era digital ini?
  1. Mencegah stress : ibu yang bahagia tentu saja berdampak seisi rumah. Semua ikut bahagia, begitulah ibu dengan pengaruhnya yang kuat
  2. Menambah pengetahuan : berselancar di dunia internet membuat saya jadi banyak tau,sehingga menjadi banyak ilmu. Ilmu ini yang akhirnya digunakan untuk menjaga asupan IT di keluarga
  3. Menambah rejeki : berkomunitas artinya banyak kawan. Dari banyak kawan menjadi banyak rejeki. Banyak kawan menjadikan kita bergaul lebih luas dan bisa menambah pundi rejeki dengan tawaran kerja yang akhirnya berdampak pada ekonomi. 
  4. Mempermudah kehidupan : ada banyak hal yang sekarang bisa di lakukan online, dari belajar, komunikasi jarak jauh hingga berbelanja. Semua menjadi sangat mudah dengan IT saat ini. 
  5. Menginspirasi orang lain: jika kita tidak bisa menyumbang banyak untuk negeri ini, maka sumbangkanlah semampu kita berbagai pengetahuan yang kita punya. Agar bisa menjadi inspirasi dan pengetahuan bagi orang lain, dan kita pun menabung pahala untuk berbagi ke orang lain
  6. Menyelamatkan generasi berikutnya. Generasi yang baik biasanya terlahir dari orang tua yang baik, tentunya yang bisa beradaptasi dengan baik dengan dunia digital saat ini. 
Lalu, apa jawaban untuk pembuka kalimat di atas? Benarkah kemajuan IT bisa merusak moral bangsa ini? 

Teknologi informasi saat ini memang seperti pisau, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Ketika kalian membaca blog saya, artinya kalian telah menggunakan kemajuan teknologi dengan positif. Tentu saja pengguna internet negatif mungkin tidak akan mau membaca blog saya. Bisa gerah.. Hehehehe. 
Maka yang bisa kita lakukan adalah "be positive" terus berbuat positif dengan kemajuan teknologi digital yang ada. Pengetahuan di temukan untuk memudahkan manusia, bukan merusaknya. Menjadi ibu dan wanita yang melek teknologi dengan cara positif. Kita mungkin tidak bisa mengubah dunia, mengubah seluruh generasi, tapi setidaknya kita bisa mengubah generasi kita dan sekitarnya. 

Ketika kita menggunakan IT ke arah positif tentu saja anak dan keluarga kita akan meniru kita. Manfaatkan kekuatan kita untuk memberikan dampak positif yang luas. Jadilah teladan. Seorang wanita, ibu, tante, nenek, jika dalam sebuah keluarga wanitanya rusak, maka rusak pula keluarganya. Jika baik wanitanya maka baiklah semuanya.

Mari gunakan IT untuk hal bermanfaat seperti menambah pengetahuan, menyebar konten positif, mencegah hoax, berjualan online, belajar online, atau mungkin berbelanja, hahaha.. Hampir semua perempuan suka belanja ya.. Itu salah satu fungsi kemajuan IT ya. Karena sekarang berbelanja lebih murah sejak ada e-commerce. Lagi-lagi kemajuan teknologi.

Dengan adanya fasilitas blog, peredaran informasi yang lengkap, dukungan organisasi wanita seperti IWITA ini, sepertinya kita sudah sangat terbantu untuk jadi lebih baik dalam menggunakan Information Technology (IT)  dan berbuat "lebih" dari sekedar kita yang sekarang. Apapun yang di tulis di blog, tulislah yang 'bergizi' agar bermanfaat bagi yang membacanya.

Sudah tau kan banyak sekali akibat buruk yang merusak citra, hubungan rumah tangga, moral anak, akibat konten negatif. So, sebagai blogger jangan lagi kita menambah jumlah konten negatif tersebut. Saatnya bergerak menjadi tonggak pertahanan kemajuan Teknologi Informasi bagi keluarga tercinta. 

Sebagai penutup, saya sangat berbahagia akhirnya Female Blogger of Banjarmasin akan merayakan ulang tahun ke-2 dan di dukung penuh oleh IWITA Kalsel. Dengan mengusung tema "Blooming Up" Tentu saja kami mengharapkan blogger-blogger wanita di Kalsel makin bermekaran blognya, bermekaran bakat menulisnya, makin rendah hati, makin terasah semua bakat dan pengetahuan. Dan tentunya semakin solid. I love u all, and thank you for having me ❤❤