Hi guys!
Aku mau cerita tentang pengalamanku liburan ke Labuan Bajo di Agustus 2018 lalu. Jadi liburan ke Labuan Bajo ini sudah aku rencanakan sejak April 2018 dengan teman-temanku. Dari April kita sudah searching jauh-jauh hari soal akomodasi selama di sana. Setelah review beberapa paket travel & tour, kami memilih untuk menggunakan Setrip Travel. You guys can check their Instagram account here: https://www.instagram.com/setrip.travel/
Waktu itu, alasan aku pilih mereka karena yaa harganya paling murah kalau dibandingkan dengan travel yang lain. Mereka juga nawarin harga bundling include dengan ticket pesawatnya. Bener-bener besat deal banget waktu itu. Aku gak bisa share harganya di sini yak karena harga bisa berubah sewaktu-waktu dan takutnya gak sama hihihi.
Lanjutt, ini aku recap hasil perjalanan selama di sana ya.
Day 1
Flight pagi jam 10! Berangkat dari rumah sekitar jam 7-an. Flight kita kemarin pakai Batik Air dari Bandara Soekarno Hatta dan direct flight langsung ke Labuan Bajo.
Sampai di sana sekitar jam 2 siang dan langsung menuju Goa Batu Cermin
Kita di Goa Batu Cermin sampai jam 5 sore, setelah itu langsung menuju hotel utk istirahat.
Hotel kita hari pertama Namanya Hotel Beta Bajo
Day 2
Persiapan sailing day 1! Yeay!
Meeting point di pelabuhan sekitar jam 9 pagi, langsung angkut-angkut barang ke kapal.
Di kapalnya ada 5 kamar berukuran sedang, dan kita mulai rebutan kamar. Tim cewek di kamar atas karena lebih dekat ke toilet, sedangkan yang cowok di kamar yang bawah.
Setelah 1 jam perjalanan, akhirnya kita sampai di Pulau Pertama yaitu Pulau Kelor. Berikut penampakan Pulau Kelor

FYI, foto ini diambil dari hp dan tanpa filter apapun! Super kerennn!
 
Setelah puas di Kelor, kita pindah ke Pulau Selanjutnya yaitu Pulau Rincaaa! Hello Mr. Komodo. Yay betul, di sini adalah tempat para Komodo berada dan tinggal. Sekilas tips, kalau mau ke pulau ini, pastikan kamu tidak sedang haid ya karena berbahaya.
 
Ini penampakan komodonya


Habis itu kita jalan ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Kalong. Di perjalanan menuju Pulau Kalong, tadinya kita mau snorkeling bersama Ikan Manta. Unfortunately arusnya lagi deras waktu itu, jadinya gagal deh ketemu manta-manta, hiks ☹
Setelah sampai di pulau kalong, kita bermalam di sana. Kapal berhenti dan kita semua istirahat di kapal.
Day 3
Bangun jam 7 dan kita bersiap untuk trekking ke Pulau Padar. Yes, the most famous island in Labuan Bajo. Trekking-nya lumayan banget sekitar 1 jam. Dan tips: jangan lupa bawa minum dan pakai sunblock! Pakai baju senyaman mungkin dan yg nyerap keringet yahhh.
 

Penampakan Pulau Padar
 
Habis dari Pulau Padar, kita persiapan untuk snorkeling di Pink Beach. Pink beach bener-bener pink banget pasirnya kaya di foto-foto.
Setelah itu kita prepare buat ke Pulau Kanawa untuk santai-santai sambil lihat sunset.
Day 4 (Last Day!)
Bangun pagi dan langsung snorkeling lagi di Pulau Kanawa. Airnya jerniiiiih banget, so crystal clearrrr!

Penampakan airnyaaaa. Soooo clearrrr!
 
Kita Cuma dikasih waktu sampai jam 11 di sini jadi snorkelingnya gak boleh lama-lama karenaaa kita harus persiapan pulang ke Jakarta hiks! Kita flight jam 2 siang jadi harus buru-buru packing.
Setelah packing, kita jalan ke bandara dan mampir beli oleh-oleh. Setelah itu langsung flight balik.
 
Tips:
Bawa topi
Bawa sunblock min 50 SPF
Bawa baju senyaman mungkin dan usahakan nyerap keringet
Bawa powerbank
Bawa sunglasses!
Bawa sendal gunung atau sepatu yg ternyaman
Siapin handuk kecil buat lap keringet
Sekian summary perjalanan Labuan Bajo versiku yaa. Buat kalian yg udah pernah ke Labuan Bajo, share juga dong pengalamannya 😊
Thank you!