Yasinyasintha.com – ” Huwaaaaa besar sekali balon – balonnya. Aku ke sana boleh ? ” lalu tak lama kemudian iioo ( 4 tahun ) melesat menuju ke balon berbentuk istana, lalu berpindah ke balon lainnya. Adalah Funtopia, taman balon raksasa yang saya sekeluarga datangi dengan formasi lengkap, saya, Papi, Vio dan Elvira. Menikmati sabtu sore dengan ceria di Funtopia, yippie !

Bukan tanpa alasan kami ke sini. Setelah sempat mupeng dengan keseruan Funtopia bulan lalu di Jakarta yang mengajak hampir 20.000 keluarga untuk merasakan asiknya bermain di taman balon pertama dan terbesar di Indonesia. Mendapati informasi Funtopia akan hadir di Bandung bikin ga sabar untuk menjajal juga, beruntungnya lagi lokasinya dekat dari rumah. Funtopia di Bandung ini hadir di Prabuwangi Park – Ex Arcamanik Driving Range, Bandung. 

Tentang Funtopia Ballon Park, Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Funtopia Bandung

Bermain bebas, puas dan lepas, outdoor pula. Funtopia ini jadi jawaban deh buat saya yang kadang bingung ngajak main apa yang bisa menyalurkan energi anak segede io yang rasanya ga abis – abis. Karena tentu saja main gadget dengan porsi yang terlalu banyak ga baik buat kesehatan secara keseluruhan, ya kesehatan fisik ya kesehatan mata dan yang paling penting sosialnya.

Mengutip dari Tascha Liudmila sebagai penulis buku Screen Time yangmenjelaskan, “Tanggung jawab kita sebagai pihak yang lebih dewasa, untuk membuat anak-anak tertarik pada aspek kehidupan sosial. Dalam hal ini, orangtua perlu menetapkan batasan yang konsisten terhadap penggunaan perangkat digital oleh anak dan menggantikannya dengan aktivitas bersama keluarga. Selayaknya perkembangan fisik dan kepribadian anak, perkembangan kreativitas terkait erat dengan pola asuh. Artinya peran orangtua sangat penting dan usia prasekolah merupakan rentang usia yang tepat untuk mengembangkan kreativitas mereka”.

Sadar betul sih ya soal pengembangan kreativitas anak dan perkembangan fisik anak berbasis kegiatan yang sebaiknya dilakukan secara continue, dan ini PR banget bagi kita di zaman yang serba teknologi. Bagus sih, tapi tetap ada porsinya.

Yang biasanya orang tua masa kini yang hidup diperkotaan lakukan untuk mengurangi porsi gadgeting ini adalah dengan membawa si anak main ke mall biasanya. Main di playground, tapi saya kadang bosen soalnya cuma mengamati aja. Mau ikut main kok malu ya sama usia (yaiyalah) padahal cukup menggoda ya, karena pada dasarnya selalu ada sisi masa kecil kita yang selalu hidup terjebak di dalam tubuh orang dewasa, sesekali melepaskan hasrat bermain, ga dosa kok.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Old Octopus at Funtopia

Funtopia sebagai arena bermain dengan media balon yang kuat, aman dan penuh tantangan ini adalah karya dari mba Mia, Beyond Screen Production bersama Traveloka mewujudkan dan menghadirkan Funtopia.

Dan mengutip dari Mia Lukmanto, CEO dan Founder Beyond Screen Production ”Sebagai pengelola Beyond Screen Production sekaligus sebagai seorang ibu, saya menyadari bahwa interaksi langsung dengan dunia sekitar seperti keluarga ataupun alam, pasti lebih efektif dalam mengembangkan kreativitas dan mendidik si kecil untuk bersosialisasi. Berangkat dari kesadaran tersebut lahirlah konsep Funtopia, sebagai Taman Balon Pertama dan Terbesar di Indonesia, konsep ini tidak hanya menjadi pilihan kegiatan yang kreatif untuk anak prasekolah, tapi juga bisa dinikmati anak segala umur termasuk orangtuanya. Kapasitas dan ukuran setiap arena balon telah didisain sedemikian besar, kuat dan aman, agar bisa menjadi arena bermain untuk anak remaja, orangtua maupun orang dewasa. Seperti arena Mystery Maze, ini adalah arena balon yang paling tinggi dengan ukuran kurang lebih 13 meter atau sebanding dengan gedung berukuran 3,5 lantai. Jadi orangtua yang datang, jangan hanya sekadar mengamati anak bermain, tapi tidak perlu ragu untuk menemani dan ikut bermain serta menikmati taman balon raksasa Funtopia. Harapannya, Funtopia bisa menjawab kebutuhan masyarakat akan alternatif hiburan yang kreatif untuk seluruh keluarga selain mall”.

Uhuy, kita orang tuanya bisa ikut main tuh. Gimana ga semangat ke sini coba kalau gini. Saya yang biasanya duduk mengamati saja, kini bisa ikut bermain, menemani dan menantang io untuk menyelesaikan tantangan di setiap arena. Which is itu bikin saya senang juga, apalagi memang saat masa kecil dulu ga pernah ada tempat main kaya gini. Ikut bermain di Funtopia sama saja memberi ruang pada sisi anak kecil pada diri sendiri, melahirkan rasa senang tersendiri.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

Traveloka sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang sarana pemesanan dan perjalanan secara online pun mendukung kebutuhan gaya hidup penggunanya dan masyarakat secara luas, ga hanya sisi traveling aja. Traveloka Aktivitas dan Rekreasi menyediakan entertainment, aktivitas dan rekreasi, pertunjukan hingga kuliner bisa kita dapatkan di sini.

Christian Suwarna, Senior Vice President Business Development Traveloka, berharap dengan adanya Funtopia di Traveloka keluarga Indonesia bisa memanfaatkan sebagai moment kebersamaan dengan bermain bersama keluarga.

Lebih lanjut Christian Suwarna menjelaskan, “Arena permainan outdoor dengan ragam hiburan yang bisa dinikmati seluruh keluarga sepanjang hari merupakan sebuah konsep yang langka untuk kehidupan perkotaan saat ini, dan Funtopia berusaha menjawab kebutuhan masyarakat akan sarana hiburan yang ideal untuk anak-anak mulai usia 2 tahun keatas sampai orang dewasa. Untuk alternatif hiburan lainnya, pengguna dapat berkunjung ke situs web maupun aplikasi Traveloka dan memilih menu Aktivitas & Rekreasi, yang senantiasa menyediakan akses mudah dan ragam pilihan untuk pemesanan tiket hiburan dan rekreasi keluarga.” 

Serunya Bermain di Funtopia

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
iioo at Funtopia

Bisa bermain di outdoor dengan ragam kegiatan yang menantang untuk dicoba, bisa diikuti oleh semua usia pula dengan rasa aman selama bermain sembari menciptakan hubungan emosi yang positif bagi anak. Itulah Funtopia.

Melompat, merangkak dan memasuki lorong, bermain perosotan hingga memanjat. Ke semua arena di Funtopia ini menawarkan aktivitas yang menantang dan menyenangkan bagi anak, apalagi untuk io yang udah excited sedari kami memarkirkan mobil.

Buru – buru menuju crown castle, di dalamnya io loncat – loncat berasa jadi ksatria katanya. Di bagian tengah arena ini cukup luas untuk meloncat-loncat. Menjajalnya untuk pertama kali, dan senyum – senyum sendiri. Seneeng banget hehe, udahnya saya meminta tolong penjaga arena untuk memotret saya ( dan io yang asik lompat – lompat sampe ga keliatan di frame).

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

Tak kalah penting, setiap arenanya dijaga oleh kakak-kakak yang ikut mengamati anak – anak dan helpful banget. Oya ke sini anak-anak dan orangtua nya pake kaos kaki ya biar nyaman mainnya. Kalau lupa bawa, di bagian informasi bisa beli juga sih, 10K saja kemarin saya belikan untuk io.

Puas di crown castle, io kemudian tergoda untuk mencoba arena caterpillar cave, di sini io memanjat di bagian ekor dan keluar di bagian mulut. Bentuk arena ini super lucu banget, io bolak balik coba.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Candy Cane, betah banget di sini
funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Iioo on Mighty Mushroom

Ada mighty mushroom yang juga menantang io untuk memanjat, sebagai anak lelaki yang energinya gada habisnya. Dipanjat dong pastinya. Good boy, you did it! Aktivitas seru ini melatih ketangkasan anak juga. Dan yang paling penting anak ceria banget.

Ada 8 arena balon raksasa di sini : Mysteri Maze, Old Octopus, Candi Cane, Bunny Bo, Caterpillar Cave, Traveloka Track, Crown Castle, dan Mighty Musroom. Setiap arenanya menawarkan keseruan dan tantangan tersendiri.

Sementara io main, saya dan Vira mendatangi booth Traveloka. Kami mendapat kesempatan untuk memutar spin di Booth Games Traveloka, saya dapat balon Traveloka sedangkan Papi dapat pulsa 25K. Temen lainnya ada yang dapat voucher kuliner malah, jangan sampe lewatin kesempatannya kalau kalian ke Funtopia.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Balon Traveloka nya bikin bayik anteng
funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Me and Vira at Funtopia

Kebahagiaan saya tidak ada habisnya, karena juga bertemu teman – teman yang sama – sama bersama keluarga dan teman untuk main ke Funtopia. Foto bareng udah pasti, area Funtopia yang luas ini juga bikin leluasa ke sana kemari, juga lokasi Funtopia dan arenanya yang semuanya instagramable. Tak saya sia-siakan dong, langsung foto sama Elvira.

Ada foodcourt dengan berbagai pilihan makanan untuk mengisi kembali amunisi biar bisa main lagi.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Foodcourt at Funtopia
funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Setelah beratus – ratus purnama akhirnya ketemu di sini juga

Sabtu paling ceria, September paling berwarna karena bisa ke Funtopia. Mengajak iioo bersenang – senang main sepuasnya. Saya juga bisa ikut main dan juga menikmati suasana di Funtopia.

Taman balon raksasa Funtopia ini berhasil membuat kami sekeluarga super happy. Setiap yang ke sini bakal merasakan keseruan yang sama, ke sini deh mumpung ada di Bandung sampai 7 Oktober 2018 mendatang. Bagi teman – teman di Surabaya, siap – siap juga ya keseruan Funtopia juga akan berlanjut di Lapangan Golf, Bukti Darmo Golf, Surabaya pada 25 Oktober – 4 November 2018. Yeaay !

Kami sekeluarga udah cobain keseruannya bermain di Funtopia, giliran kalian.

funtopia, traveloka, review funtopia, funtopia bandung
Happy di Funtopia

FUNTOPIA Balloon Park 
27 September – 7 Oktober 2018
Prabuwangi Park – Ex Arcamanik Driving Range, Bandung
Jam operasi weekend pk. 07.00 – 22.00, weekdays pk. 15.00 – 22.00
Tiket : Rp 50.000,- untuk weekdays dan Rp 75.000,- untuk weekend bisa didapat di Traveloka Aktivitas & Rekreasi