Jika memiliki kesempatan, tentu saja Sekali saja dalam seumur hidup kita ingin mencoba untuk menginap di salah satu hotel mewah baik di negara sendiri maupun luar negeri. Deretan hotel yang dikenal mewah biasanya sudah punya label bintang lima bahkan ada yang lebih. 

Hotel Mewah 7* Di Dubai, Burj Al Arab
Sebut saja seperti hotel Burj Al Arab yang berada di Dubai. Hotel yang sangat mewah ini disebut-sebut sebagai satu-satunya hotel bintang tujuh di dunia, yang sudah tentu tarif sewa kamarnya fantastis mencapai belasan juta dalam semalam.

Kebayang gak hotel bintang 7 seperti apa? Jangan bayangkan 7* itu seperti brand obat sakit kepala ya. Hahaha.. Ini seriusan ngebahas soal hotel. Saya pribadi, paling mentok pernah bertandang ke hotel bintang 5 saja, paling sering ya ke hotel bintang 3 karena umumnya yang sesuai sama budget saya mentoknya di bintang 3. Buat saya itu sudah tergolong wow lah, sudah nyaman banget. Nah ketika ke hotel bintang 5, Saya hanya melihat jumlah bintangnya saja sudah kagum. Wah pasti mewah nih. Dan memang ketika di dalamnya terasa beda, meskipun ya sama-sama untuk tidur juga. 

Bagi saya yang tidak begitu mengenal seluk beluk hotel, tentu saja kita biasanya hanya mematok hotel berbintang sebagai standard kemewahan. Tapi ternyata, tak semua hotel berbintang bisa dikatakan sebagai hotel yang cukup mewah lho, sebab ada standar tersendiri yang secara umum musti dipenuhi. Misalnya dilihat dari segi fasilitas, dimana hotel yang cenderung mewah  pasti akan menyediakan fasilitas ini: 

1. Lokasi dan juga lingkungan sekitar

Hotel dikatakan mewah dan berbintang lima apabila berdiri di lokasi yang strategis sehingga mudah dijangkau oleh para tamu. Akan nampak aneh dan tidak nyaman bagi tamu jika fasilitas lainnya mewah namun lokasinya sangat susah dijangkau. Kemudian lingkungan sekitar hotel pun memadahi dimulai dari bebas bising, debu, asap, binatang pengerat, bau tak enak, dan lain-lain.

Hotel mewah di Singapore

2. Memiliki taman di dalam maupun luar bangunan

Sebuah hotel tentu layak dikatakan mewah tak hanya menyediakan layanan yang baik dan profesional. Melainkan juga menyediakan sebuah hunian sementara yang cantik sekaligus sehat maka penting untuk menambahkan unsur taman. Menariknya standar umum hotel berbintang yang mewah adalah menyediakan taman baik di dalam maupun luar bangunan. Sehingga memiliki halaman luas yang digarap menjadi taman yang cantik sehingga menyediakan ruang hijau. Ditambah taman di area dalam bangunan sehingga menciptakan suasana alam.

Hotel dengan taman yang alami

3. Kamar maupun bangunan hotel

Standar hotel yang mewah juga tidak terlepas dari fasilitas kamar maupun bangunan hotel secara keseluruhan. Standar utamanya adalah minimal memiliki 100 kamar dan masing-masing memiliki luas minimal 26 m2 sedangkan untuk kamar suite minimal ada empat dengan luas minimal 52 m2. Fasilitas di dalam kamar pun perlu diperhitungkan dan minimal memiliki alat pengatur suhu ruangan, sehingga tamu yang menginap bisa merasakan suasana rumah di dalamnya. Umumnya hotel mewah pun akan mengisi kamar-kamarnya dengan perabot berkelas.


4. Mampu menyediakan area parkir bagi tamu

Tak hanya menyediakan bangunan yang indah dan fasilitas yang lengkap sebuah hotel yang mewah wajib menyediakan area parkir yang memadahi. Minimal pengelola hotel sudah memperhitungkan maksimal jumlah kendaraan yang masuk dihitung dari jumlah kamar yang tersedia. Tentunya perlu dihitung dengan cermat karena setiap hotel berbintang memiliki lounge yang bisa disewa untuk meeting maupun resepsi pernikahan, jadi area parkirnya pun haruslah luas. Sehingga memberi kenyamanan bagi para tamu dan puas dengan fasilitas yang disajikan. 


5. Tersedianya dining room mewah

Tamu hotel biasanya akan sangat menyukai fasilitas bar dan juga dining room yang tentu punya standar tersendiri untuk hotel super mewah. Khusus untuk dining room maka hotel yang bersangkutan minimal menyediakan tiga jenis masakan yakni dari Jepang, masakan China, dan juga masakan dari Eropa. Bar pun memiliki standar tersendiri untuk sebuah hotel yang bisa dikatakan mewah yakni selain luas juga punya fasilitas memadai. Paling wajib adalah tersedianya AC yang suhunya diatur di 24 derajat Celcius, kemudian luas area bartender pun minimal 1 meter.

Dining room mewah

Ketika standar ini dipenuhi sudah afdhol disebut hotel mewah. Anda dapat melihat referensi dari Travel Blog kepercayaan anda untuk menambah referensi anda. Karena segala informasi tidak cukup hanya dari katanya-katanya, melainkan harus di sertai referensi yang akurat juga. Ciyee, bahasanya uda seperti orang perhotelan yak.

Kalau saya bilang sih, ucapan itu doa. Meskipun misalnya saat ini kita bukan termasuk crazyrich dan belum berpeluang ke hotel mewah, kesempatan bertandang ke hotel mewah itu bukan cuma mimpi. Searching aja dulu yang akurat, cari referensi. Nanti kalau rejekinya sudah datang tinggal cuss aja ke Burj Al Arab atau ke hotel mewah lainnya. Aamiin..