Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung jari, bulan yang selalu dirindu oleh semua umat muslim di seluruh penjuru dunia. Karenanya semua umat muslim, mempersiapkan diri (mental) dalam menyambut bulan yang suci dan penuh berkah. Begitupun dengan lembaga Filantropi Dompet Dhuafa, mempersiapkan diri dengan program-program terbaiknya untuk berbagi kebaikan bagi sesama. Tentunya untuk mendukung program-program tersebut, perlu adanya sinergi dengan para donatur.

image

Melalui gerakan #25tahunmembentangkebaaikanbersamaaanda, Selasa (08/05/2018), bertempat di Graha Bima Sakti Komplek TNI AU Triloka Blok A no.10 Jln. Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan. Dompet Dhuafa menggandeng Blogger, media, dalam gelaran “BLOGGER & MEDIA GATHERING #25tahunmembentangkebaikanbersamaanda” dengan narasumber:
1. Urip Budiarto (GM Resources Mobilitation Dompet Dhuafa/ Ketua Ramadhan DD 1439H)
2. M. Syafii El-Banatanie (Direktur DD Pendidikan)
3. dr. Reza Romadhoni (dokter dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma DD)
4. Ikhsan Tarore (Public Figure, Relawan DD)
5. Bambang Suherman (Direktur Mobilizasi ZIS)

Talkshaw dimoderatori oleh Diani Pratiwi, masing-masing narasumber membeberkan keberhasilan bagian yang dipimpinnya, seperti sbb:
Menurut Bapak Urip Budiarto, saat ini telah tersedia 75 Counter Edukasi yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya ada yang terdapat di Pusat Perbelanjaan, dengan tujuan mempermudah para Muzzaki dan donatur dalam membayar ZIS. Tidak ketinggalan  bertepatan dengan momentum Ramadhan, Dompet Dhuafa meluncurkan sebuah situs web, bawaberkah.org Website ini untuk memudahkan lembaga sosial, komunitas, maupun personal terverifikasi untuk menggalang dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf) secara online, transparan dan terpercaya.
Dengan inovasi website bawaberkah.org (www.bawaberkah.org) diharapkan para Muzzaki/donatur lebih semangat untuk membayar ZISWAF, karena hanya dengan sentuhan jari melalui Hp, dana dari donatur akan segera berpindah ke program-program dalam situs tersebut, sesuai dengan program yang dipilih para donatur.

image

Kak Syaf (M. Syafii El-Banatanie) Medali Emas Taqwa, dalam menyambut bulan suci Ramadhan persiapan harus sudah dimulai sejak bulan Sya’ban, artinya sejak bulan Sya’ban sudah bernuansa Ramadhan. Perbanyak membaca Al-Qur’an beserta artinya (dipahami), daripada mengejar khatam 30 jus, akan lebih baik. Jadi dengan memahami makna-makna dari ayat-ayat tersebut, diharapkan bisa lebih baik juga pengamalannya di bulan-bulan berikutnya.  Beliau juga menjelaskan, saat ini sekolah yang di kelola DD, sekolah gratis untuk anak dhuafa, alhamdulillah anak didiknya sudah ada yang tembus Perguruan Tinggi Negeri dengan jalur undangan. 

dr Reza Romadhoni, menjelaskan bahwa saat ini dana yang sudah terserap untuk LKC sudah 500 trilyun, tapi ternyata masih banyak masyarakat terutama kaum dhuafa yang belum mendapatkan akses kesehatan yang layak dan terbaik. Saat ini LKC sudah ada 11, yang tersebar diberbagai wilayah Indonesia.
LKC, Layanan Kesehatan Cuma-cuma yang dikelola oleh DD khusus bidang kesehatan. Dalam melayani kesehatan untuk kaum dhuafa (member yang terverifikasi) dilakukan secara paripurna atau maksimal, melalui dana sosial masyarakat (ZISWAF). Mengingat Ramadhan tahun ini jatuh pada musim kemarau, dokter Reza memberikan tips saat berpuasa, yaitu:
1. Menghindari kondisi dehidrasi dengan cara perbanyak minum air putih bermineral saat sahur dan berbuka puasa.
2. Menjaga komposisi makanan secara teratur, dengan makanan yang banyak mengandung protein, sehingga akan kuat menjalani puasa.
3. Harus memberikan jarak antara makan dan waktu  tidur, -/+ 3jam, agar proses pencernaan makanan dapat diolah tubuh dengan baik.

Iksan Tarore, selama 2 tahun terakhir, Ikhsan yang seorang public figur menjadi relawan dari Dompet Dhuafa, karena menurutnya program-program dari DD sangat bagus, bahkan kedepan Ikhsan ingin terjun langsung ke daerah-daerah untuk bergabung dengan para relawan lain, dalam menjalankan misinya.

Bambang Suherman, menginjak usia yang ke 25 tahun, pada Ramadhan kali ini, Dompet Dhuafa ingin memberikan informasi yang lebih luas pada masyarakat di segala dinamika, situasi dan pekerjaan lembaga. Dengan mengusung tema 25 Tahun Membentang Kebaikan, mengandung pesan terkait banyak hal yang menjadi pekerjaan sehari-hari Dompet Dhuafa. Adanya perubahan seiring intervensi bersama masyarakat yang berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa, banyak perluasan aktivitas dan isu-isu baru tentang kemiskinan maupun kemanusiaan. Hal tersebut sebagai bukti semakin matangnya aspek manajemen kelembagaan.

Blogger, Media Gathering saat itu cukup rame, acara yang diawali dengan makan siang bersama, dilanjutkan dengan penjelasan-penjelasan dari produk Pemberdayaan Ekonomi DD, yang langsung dipandu oleh pembawa acaranya mas Ahmad Faqih, dengan gayanya yang riang gembira.

image

Semua peserta diajak berkeliling melihat langsung produk-produknya, seperti: aneka makanan ringan, kripik buah, krupuk ikan, krupuk udang, buah-buahan, pepaya Kalina, lemon, tomat cery, beras merah, ikan asin bilis nasi, dan kopi. Diantaranya ada kopi dari Bulukumba Sulawesi, kopinya saat itu baru digiling dan disedu oleh para barista DD, banyak penikmat kopi mengagumi rasa dari kopi Bulukumba, sayang kopinya belum dijual dalam bentuk kemasan, karena masih melayani dari cafe-cafe.
Dengan Pemberdayaan Ekonomi DD pada perkebunan kopi, diharapkan petani kopi bisa menikmati kerja kerasnya, akan mendapatkan harga yang semestinya. Jadi kedepannya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi petani kopi. Amin
Selain bisa menikmati kopi, peserta lain juga bisa mencicipin manisnya pepaya Kalina, dan di akhir acara para peserta rame-rame berbelanja kebutuhan RT masing-masing, ikan asin Bilis nasi dan camilanlah yang banyak dibeli.
Semoga program Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa semakin banyak produk-produknya dan banyak mengangkat kemiskinan dan mensejahterakan kaum dhuafa. Amin
Acara ditutup dengan foto bersama, dan para peserta mendapatkan oleh-oleh tomat, kopi Kemloko dari Temanggung, dan gula semut hasil petani kelapa dari Pacitan.
Alhamdulillah gula semutnya enak sekali, saya gunakan untuk taburan pisang bakar sebagai pengganti meses.

image