Assalamualaikum sahabat.
Adakah sahabat disini mengetahui Mycobakterium Tuberculosis? Yap betul sekali.
Mycobakterium Tuberculosis adalah kuman penyebab penyakit TBC yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan TB.
Penyakit TB atau kuman Mycobakterium Tuberculosis ditemukan oleh salah satu peraih Nobel, yaitu Dr. Robert Koch pada tahun 1882, dan diumumkan pada tanggal 24 Maret, selajutnya tanggal 24 Maret dijadikan hari TB seluruh dunia.
TB adalah penyakit menular, dan di Indonesia adalah penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian dan menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat. Pada tahun 2016, terdapat 274 kasus kematian/hari, dari 1.020.000 penderita yang meninggal akibat penyakit TB. Semua itu menjadikan negara Indonesia sebagai negara dengan kasus TB terbesar kedua di dunia setelah negara India. Sedih ya sahabat.

image

Melalui kampanye #PeduliKitaPeduliTBC bersama dengan Forum Stop TBC Partership Idonesia (FSTPI), di Car Free Day (CFD) tepatnya didepan FX Sudirman (25/3) lalu, saya bersama teman-teman komunitas blogger beserta masyarakat umum menghadiri acara DEKLARASI PEDULI TBC. Hadir juga actor Vino G Bastian dan mbak Uluwiyah yang lebih akrab dipanggil mbak Uli, dari PEjuang TAngguh (PETA, Komunitas mantan penyakit TB yang sudah sembuh).

image

image

Narasumber Media Ghatering:
1. dr. Erlina Burhan (Dokter s Paru RS Persahabatan)
2. Uluwiyah PEjuang TAngguh (PETA)
3. Erlangga (Mural Artist) Tutugraf, ikut peduli dengan membuat mural pada acara peduli TBC
4. Vino G Bastian (Actor)
5. Reza Rahadian (Actor)

Pemerintah dan dokter tidak akan bisa berjalan tanpa dukungan berbagai kalangan dan masyarakat untuk menyebarluaskan, bahwa penyakit TB bisa menyerang siapa saja dan kalangan mana saja. TB penyakit yang memiliki kekhususan, proses pengobatannya terdiri dari kombinasi beberapa jenis obat, dalam jumlah dan dosis dan waktu tertentu, selama 6-9 bulan. Tapi kabar baiknya penyakit TB bisa disembuhkan melalui proses pengobatan yang benar sesuai anjuran dokter.

TB menular melalui udara, ketika penderita batuk dan bersin tanpa ditutup. Jika bicara mengeluarkan 200 kuman, batuk mencapai 3.500 kuman. Tetapi kuman tersebut akan mati jika terkena sinar matahari langsung. Jadi tidak benar kuman TB menular lewat peralatan makan dan pakaian.
Karenanya sangat penting bagi kita mengetahui etika batuk, sehingga dapat mencegah penularan kepada orang lain. Jika sakit batuk, pakailah masker, menutup mulut dengan lengan saat batuk dan bersin.
Gejala penyakit TB:
1. Batuk berdahak sampai 2 minggu tidak sembuh-sembuh.
2. Demam naik turun pada malam hari.
3. Nyeri dada, sesak nafas
4. Berat badan turun dratis
5. Nafsu makan berkurang
Nah, jangan ambil resiko, jika sahabat, sodara, teman sudah ada gejala tersebut, secepatnya periksakan diri ke dokter atau ke Puskesmas terdekat. Karena pengobatan dan obat-obatannya semua diberikan secara GRATIS.

image

image

Mari sahabat, kita peduli TB dengan cara memberikan informasi kepada masyarakat tentang TB, supaya Indonesia bisa terbebas dari penyakit TB.
Semoga informasi sedikit dari saya, bisa bermanfaat. Amin
Wa’alaikumsalam