Kalian udah pernah denger tentang produk Bless belum, sih? Aku nggak tau ya beauty enthusiasts yang umurnya jauh di bawah aku tau apa nggak (eh, tapi aku nggak setua itu juga sih), tapi Bless ini adalah brand yang udah ada sejak lama banget di Indonesia. Dari zaman aku masih sekolah produk ini udah ada dimana-mana, tapi jujur aja aku belum pernah nyobain sama sekali sebelumnya. Makanya, pas dapet kesempatan buat ngereview Bless Acne Series ini, aku penasaran banget sama hasilnya.
Buat kalian yang belum tau tentang Bless, let me tell you about them! Bless adalah brand kosmetik lokal yang sangat concern dengan kesehatan kulit, makanya mereka juga sangat hati-hati dalam mengikuti trend. Produknya berkualitas walaupun harganya terjangkau, dan cocok banget untuk kita yang kulitnya berminyak dan acne prone. Kebetulan banget akhir-akhir ini kondisi kulitku lagi parah-parahnya -_- lagi minyakan + jerawatan di pipi sebelah kanan. Semoga produk ini cocok di aku 🤞🏻
Rangkaian Acne Series yang aku dapet ini terdiri dari 4 produk, yaitu:
Rangkaian produk untuk kulit berjerawat dan kulit berminyak (tanpa jerawat) ini diklaim dapat membantu mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Bless Acne Series ini cocok digunakan untuk jerawat yang ringan dan nggak meradang. Informasi lebih lanjut tentang masing-masing produk akan aku jelasin di bawah ya ;)
***
1. Bless Acne Cleansing Foam 
Yang pertama adalah cleansing foam, yaitu sabun pembersih wajah yang diperkaya dengan vitamin E dan anti bakteri, membersihkan sekaligus melembabkan kulit wajah tanpa menyebabkan iritasi atau kekeringan pada kulit. Formula cleansing foam ini juga pH balance, sehingga dapat menjaga stabilitas pelindung alami kulit. Bless Acne Cleansing Foam mengandung Triclosan sebagai anti bakteri, Vitamin E  dan Glycerin sebagai pelembab, dan Sodium Cocoyl Isethionate yang berfungsi sebagai mild cleanser.

How to Use: 
Tuangkan cleansing foam ke telapak tangan, campur dengan air hingga berbusa kemudian usapkan pada wajah hingga leher, bilas hingga bersih and you’re done.
Review: 
Dari seluruh produk yang aku dapatkan dari rangkaian ini, aku paling suka sama cleansing foamnya. Pembersih wajah ini nggak menghasilkan banyak busa pas digunakan karena memakai bahan mild cleanser yang tidak merusak lapisan alami kulit, tapi berasa kalo dia bisa bersihin dengan baik. Setelah dibilas pun nggak ada perasaan ketarik atau keset di wajah, malahan kulit wajah jadi halus banget dan terasa kenyal. Menurutku Bless Acne Cleansing Foam ini gentle banget sih, jadi cocok untuk kita yang kulitnya lagi bermasalah (khususnya jerawat).

2. Bless Acne Cleansing Tonic
Cleansing Tonic dari Bless ini digunakan sesudah mencuci muka dengan Bless Acne Cleansing Foam, merupakan toner yang diformulasikan untuk menyegarkan sekaligus membersihkan kulit berminyak dan berjerawat serta mengurangi kelebihan minyak di wajah. Acne Cleansing Tonic mengandung Salicylic Acid (golongan BHA) yang berfungsi sebagau antiseptik/ anti bakteri dan Glycerin yang berfungsi melembabkan.
How to Use: 
Setelah membersihkan wajah dengan cleansing foam sebelumnya, tuangkan cleansing tonic pada kapas dan tepuk-tepuk lembut atau usap perlahan ke wajah. 

Review: 
Dulu cleansing tonic atau toner digunakan setelah penggunaan susu pembersih untuk menyegarkan wajah, tapi sekarang toner merupakan salah satu step penting yang harus dilakukan setelah membersihkan/ mencuci wajah untuk mempersiapkan wajah menerima produk-produk selanjutnya. Bless Acne Cleansing Tonic ini segar pas dipake dan bisa mengangkat sisa-sisa kotoran/ makeup yang ada, tapi baunya kenceng banget. Ini mungkin karena salah satu kandungan yang ada di tonic tersebut, baunya tercium seperti alkohol yang cukup menyengat. Untungnya sih pas aku pake nggak ada sensasi tingling/ cenut-cenut di kulit.

3. Bless Acne Liquid Foundation
Sesuai sama namanya, Bless Acne Liquid Foundation ini merupakan foundation berbentuk cair yang oil free, mengandung formula (Zinc Oxide) yang bisa mengecilkan pori-pori dan membantu mencegah jerawat. Mereka mengklaim bahwa produk ini dapat merawat dan menyempurnakan kulit wajah yang berjerawat. Seperti produk Acne Series yang lainnya, foundation ini juga mengandung anti bakteri dan Glycerin sebagai pelembab. Tambahannya, pada produk ini mengandung Titanium Dioxide sebagai tabir surya/ sunblock.

How to Use: 
Setelah membersihkan wajah dan dikeringkan dengan handuk, baru aplikasikan foundation ini. Karena teksturnya cair banget, kita harus mengocok terlebih dahulu karena kalo nggak dikocok dengan benar, nantinya foundationnya tuh bakal "terpisah" antara cairan dan bubuk/powdernya. Setelah itu, tinggal tuangkan pada tangan dan aplikasikan secara merata ke wajah.
Review: Ini merupakan pertama kalinya aku pake liquid foundation dan menurutku agak tricky pada saat pengaplikasiannya. Teksturnya yang cair bikin produk nggak langsung "nempel" di wajah karena formulanya yang oil free sehingga baik untuk kulit berminyak atau berjerawat, butuh waktu untuk meratakannya agar nggak cemong-cemong, tapi setelah udah rata dia coveragenya lumayan sih. Walaupun masih harus ditimpa concealer untuk hasil maksimal, tapi dengan pemakain foundation ini sajapun sudah cukup menutupi (daripada nggak pakai sama sekali). Selain itu, pemakaian foundation Bless ini nggak bikin wajah terasa tebal, tapi berasa ringan di wajah.

4. Bless Acne Face Powder
Bedak tabur ini mengandung formula untuk memulas dan merawat kulit berjerawat sekaligus memberikan penampilan yang segar. Mengandung anti bakteri dan Titanium Dioxide sebagai tabir surya.

How to Use:
Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan cleansing foam, keringkan dengan handuk, kemudian baurkan bedak dengan sponge yang tersedia ke seluruh wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan dahulu Bless Acne Liquid Foundation/ pelembab.
Review:
Sebenarnya aku request warna Ivory untuk bedaknya, tapi ternyata aku juga dapet yang Natural. Nah, kebetulan yang aku cobain itu yang Natural, karena kebawa ke kantornya yang ini. Awalnya aku takut shade ini bakal terlalu gelap/ kuning di kulitku, tapi ternyata nggak. Hasilnya masih natural dan nggak terlihat tebal/ bedak banget di wajah. Menurutku, bedak ini beneran menyulap penampilan jadi lebih segar, sih.

After 8 hours:
Aku udah ngecek wajahku sekitar sore jam 3 atau 4, dan wajahku nggak minyakan parah seperti biasanya. Jujur aja aku amazed sih ternyata ampuh banget oil controlnya. Aku putuskan untuk menunggu lebih lama lagi sampai jam 5an, tapi ternyata aku lupa karena lagi ada kerjaan yang harus dikejar. Akhirnya, jam 6 sore aku ngetes dengan oil paper. Guess what, minyaknya bener-bener nggak sebanyak biasanya. Sebenernya tanpa oil paper pun udah berasa sih, karena wajahku sama sekali nggak keliatan mengkilap walaupun udah dipake seharian. Biasanya ya kalo aku pake oil paper, itu minyaknya sampe memenuhi satu permukaan kertasnya.
Only with Bless Acne Series products + natural lighting
Conclusion:
Produk favoritku tetep Bless Acne Cleansing Foam deh! Buat kalian yang lagi nyari sabun cuci muka yang gentle, alu rekomendasiin produk ini banget ;) Surprisingly oil control foundation/ bedaknya juga oke banget, padahal aku sempet nggak berharap banyak. Intinya sih, dengan harga terjangkau kita bisa juga kok dapet produk berkualitas. 

Where to get?
Produk Bless bisa didapatkan di online store official Bless, Lazada, Blibli, Shopee, Tokopedia, Zilingo, JD.id, dan offline store such as Guardian, Boston, Watson, Century, Dan-Dan, Beau.

For more information, you can visit their pages:
Website: bless.co.id
Instagram: @bless.cosmetics