Selamat hari Selasa.

Lama rasanya tidak membicarakan tentang skin care di sini. Mungkin sudah ada satu bulan sejak terakhir kali saya post tentang Product Empty, karena memang akhir-akhir ini saya tidak semaniak dulu dalam mencoba skin care juga, haha. Anyways, kali ini saya mau membicarakan tentang produk yang sebenarnya sudah terlalu banyak direview oleh Beauty Blogger di Internet. Tapi, berhubung seperti biasa review saya sangat subjektif, jadi saya ingin membicarakan tentang produk ini murni dari perspektif saya sebagai konsumen.

Untuk itulah sebagai disclaimer, review ini adalah honest review/review jujur dari lubuk hati saya yang paling dalam. Bisa jadi yang dialami oleh orang lain berbeda karena kita tidak ada yang dilahirkan memiliki kondisi yang sama persis satu sama lain. Dan, yap, seperti judulnya, honest review/review jujur kali ini akan membicarakan tentang Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence yang kemasan lama.

Mengapa kemasan lama?

Karena saya tidak repurchase/membeli lagi produk serupa setelah habis satu botol.

Honest review Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence kemasan lama. Isi Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence yang cenderung cair dan mudah meresap ke kulit seperti yang dilihat dalam foto.


Pertama kali saya membeli Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini adalah pada bulan Maret 2018, dan pada bulan tersebut Natural Pacific belum berubah nama menjadi Nacific dan kemasan Line essence dan serum-nya belum berubah seperti sekarang. Secara kemasan pun Natural Pacific lebih sederhana, dengan botol yang terbuat dari kaca dan membuat saya takut untuk membawanya traveling 😅 (memang dari kaca, kan? Atau bukan, sih?). Mengapa memilih Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence dan bukan yang Fresh Herb? Karena saya dahulu suka menonton video-video dari Mbak Liah Yoo yang secara konstan selalu mengatakan bahwa Niacinamide sangat bagus untuk kulit berjerawat.

Tapi Mbak Liah juga sebenarnya tidak terlalu merekomendasikan Natural Pacific di channel-nya. Singkat cerita, saya membeli Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini juga sebenarnya karena iseng, cuma karena ada embel-embelnya Niacinamide 5% saja.

Apakah itu artinya saya tidak merekomendasikan Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence?

Ya. Maksud saya, tidak. Saya tidak merekomendasikan Anda untuk membeli Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence karena apa yang ia tawarkan tidak sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Secara keseluruhan saya menggunakan lebih dari 3/4 botol Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence sebagai skin care harian tiap malam selama 5 (lima) bulan. Dua minggu pertama setelah purchase, saya selalu menggunakannya pada pagi dan malam hari sebelum tidur, dengan harapan akan ada perubahan meskipun sedikit saja pada wajah saya yang kusam dan berjerawat. Tapi pada kenyataannya, ketika dipakai pada pagi hari, efek Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini akan membuat kulit sangat sangat sangat berminyak, meskipun tidak dicampur dengan sunscreen apapun. Kalau dikenakan dengan sunscreen, mungkin, mungkin lho ya, Anda akan merasa tengah mengusapkan minyak goreng ke muka Anda. Karena itulah saya berhenti memakainya pada malam hari, dan hanya menggunakannya malam hari sebelum tidur untuk menghindari kelebihan minyak.

Satu, dua bulan berlalu. Adakah hal signifikan yang terjadi di wajah saya?

Tidak ada.

Sebelum membeli Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini sebenarnya saya sudah research dulu, mampir ke blog-blog yang sudah pernah menggunakan produk ini untuk 2 (dua) bulan dan mengatakan mereka mendapatkan kesan yang baik darinya, bahwa produk ini berhasil mengurangi jerawat sekaligus mengurangi hiperpigmentasi dan lain sebagainya. Tapi pada kenyataannya ekspektasi hanyalah ekspektasi; saya tidak mendapatkan pengalaman yang serupa dengan blogger-blogger lainnya.

Tampak depan kemasan lama Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence dan klaim produk

Meskipun demikian, saya adalah orang yang sangat sabar, baik hati, murah senyum, dan penyayang. Oleh karena itu, saya tetap menggunakan Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence sampai 5 bulan lamanya (karena hanya dipakai di malam hari, jadi rasanya nggak habis-habis, gitu). Satu-satunya yang membantu meredakan jerawat saya adalah COSRX One Step Original Clear Pad dan COSRX Acne Pimple Master Patch yang pernah saya review sebelumnya. COSRX One Step Original Clear Pad juga berhasil sedikit mencerahkan kulit wajah saya yang kusam. Tentu saja hal itu membuat saya, sebagai konsumen, merasa kecewa terhadap Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence .

Saya sudah googling tentang ingredients/bahan-bahan dari Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence. Berikut adalah daftar ingredients-nya untuk dicermati bersama, dilansir dari CosDNA:
  1. Bambusa Vulgaris Extract
  2. Butylene Glycol
  3. Glycerin
  4. Niacinamide
  5. 1,2-Hexanediol
  6. Sodium Hyaluronate
  7. Nelumbo Nucifera Flower Extract
  8. Lemon Fruit Extract
  9. Morus Alba Bark Extract
  10. 3-o-ethyl Ascorbic Acid
  11. Rosa Canina Fruit Extract
  12. Leontopodium Alpinum Extract
  13. Citric Acid
  14. Sodium Benzonate
  15. Potassium Sorbate
  16. Arnica Montana Flower Extract
  17. Achillea Millefolium Extract
  18. Gentiana Lutea Root Extract
  19. Artemisia Absinthium Extract
  20. Alcohol
  21. Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer
  22. Disodium EDTA
  23. Potassium Hydroxide
Nah, dari ingredients Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence di atas ini banyak pelarut yang sebenarnya galau dia hendak diperuntukkan untuk apa. Misalnya Butylene Glycol, Glycerin, Sodium Hyaluronate, Morus Alba Bark Extract yang lebih cenderung diperuntukkan bagi kulit kering. Tapi, di lain pihak, terdapat Lemon Fruit Extract yang bagus untuk kulit berminyak, dan Alkohol yang tidak bagus untuk kulit kering itu sendiri. Lemon extract sendiri bersama dengan Citric Acid juga kurang baik untuk digunakan oleh kulit sensitif.

Tampak belakang kemasan lama Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence

Mungkin karena itulah efek yang saya dapatkan di wajah saya adalah sangat sangat berminyak; karena banyak pelarut yang melapisi kulit saya (dengan maksud moisturizing dan shining) tapi juga memaksa wajah saya untuk menghidrasi diri sendiri. Klaim balancing pada kemasan Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini pada akhirnya tidak dapat dibuktikan. Setidaknya, itulah pengalaman pribadi saya selama 5 (lima) bulan menggunakan Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence hingga akhirnya memutuskan untuk pindah ke lain hati.

Untuk perbandingan klaim dan penggunaan, berikut saya telah membuat tabel perbandingan.


Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence
(digunakan pada kulit cenderung berminyak)
Klaim
Yang Terjadi
Whitening
Tidak berpengaruh secara signifikan
Moisture
Memberikan moisture yang berlebihan
Shining
Memberikan efek berminyak yang berlebihan
Brightening
Tidak berpengaruh
No-blemish
Tidak berpengaruh
Balance
Hanya menyeimbangkan bahan-bahan dengan pelarut ekstrak lemon sehingga tidak terjadi balance


Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence yang mudah menyerap di kulit, tapi banyak yang disayangkan 😭😭
Sekali lagi, mungkin bagi banyak orang formulasi Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence adalah yang terbaik untuk kulit sehingga banyak yang cocok ketika menggunakannya. Semua itu kembali lagi ke masing-masing individu, karena seperti yang sudah saya utarakan di atas, kulit kita tidak ada yang didesain sama persis plek satu sama lain. Hanya saja bagi saya, saya kurang cocok menggunakan Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence ini dan lebih prefer Line yang serupa oleh Some-By-Mi.

Okey, karena saya sudah membuat tabel perbandingan, sepertinya saya tidak perlu membuat pro dan kontra-nya, ya. Kalau Anda masih tertarik untuk membeli produk ini, saya sarankan pastikan kulit Anda adalah normal cenderung kering. Kalau Anda memiliki kulit normal cenderung berminyak atau kulit sensitif, silakan cari-cari lagi di Internet serum/essence yang cocok untuk kulit Anda. 👍👍

Yas, sudah sampailah kita pada penghujung post ini, haha.

Jikalau ada yang kurang berkenan saya mohon maaf, karena di sini saya hanya berbagi pengalaman sahaja. Setidaknya dari sini Anda bisa menilai dan mempertimbangkan, apakah membeli Natural Pacific Phyto Niacin Whitening Essence akan worth your money atau tidak.

Sampai jumpa di post selanjutnya!




Referensi
CosDNA http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_12b1270139.html
SkinCarisma https://www.skincarisma.com/products/natural-pacific/phyto-niacin-whitening-essence/ingredient_list