Bismillahirrahmanirrahim.....

Lagi blogwalking, terus baca postingan Kak Irawati Hamid tentang perjalanan ngeblognya yang hampir 3 tahun buat saya jadi pengen menulis hal yang sama juga nih. Gak apa-apa kan ya? Makasih lho Kak Ira, udah menginspirasi saya untuk menulis ini juga.


Hmm, baiklah. Kalau dilihat dari arsip blog ini, saya udah menulis disini lebih dari 12 tahun lamanya. Woow, lebih dari 1 dekade yak, heheheh. Yeaah, saya bisa dibilang ngeblog itu dari jaman old hingga jaman now. Dari sejak saya masih kuliah, masih single hingga sekarang udah jadi mamak-mamak muda gini.

 

Ngeblog Jaman Old

Seperti yang saya bilang tadi, kalau saya ngeblognya sejak masih kuliah dulu, akhir Januari 2006 saya mulai menuliskan cerita-cerita saya disini. Dulu, ngeblog itu just for fun aja, lebih kepada sarana curhat digital biar lebih irit diary gitu, gak usah beli lagi setiap kali diarynya penuh. Nah, karena seiring perkembangan dan saya mulai kenal dengan blog, terjunlah juga saya untuk membuat blog. 


Ngeblog kala itu...
  • Sejak awal ngeblog, seperti niatnya sebagai catatan harian jadilah hampir tiap hari disempatkan untuk menuliskan rekapan cerita hari itu. Ngapain aja, kemana aja endesbrei endebrei. 
  • Mulai mengenal teman-teman lain sesama blogger, blogwalking dari blog yang satu ke blog lainnya. Yang pada saat itu lebih didominasi pada Emak-Emak muda kece yang punya anak satu atau dua, yang senang menuliskan cerita kesehariannya yang tentu saja tokoh utamanya lebih kepada cerita anak-anak mereka, tumbuh kembang anak dan aktivitas seru mereka. Dari mereka jugalah saya belajar banyak mengenal dunia anak *tsaaah*. Namun sayang, Emak-Emak itu udah pada gak eksis ngeblog lagi, anak-anaknya juga udah pada beranjak remaja. 
  • Rajin gonta-ganti template. Nah, dulu itu hampir tiap hari bisa ganti template blog. Kalau lihat ada template baru yang lucu langsung deh diganti. Hmm, dari sini juga sedikit demi sedikit saya belajar coding secara otodidak. Googling caranya, baca tutorial sambil tanya-tanya juga ke Emak blogger yang doyan ganti template, ada rasa kepuasan tersendiri kalau berhasil ganti template itu. 
  • Belajar edit foto juga photoshop. Yaa, walau ini belajarnya cuma sekedar kulit luarnya doang, tapi cukup puaslah. Demi apa? Ya demi bisa edit gambar yang diinginkan. Ohya pernah belajar buat banner animasi juga dan ada beberapa teman malah request dibuatin juga padahal hasilnya simple banget, heheheh. 
  • Yeaay, kopdar. Serunya itu ketika bisa berkesempatan langsung kopdar dengan sesama blogger. Alhamdulillah, 2007 lalu saya berkesempatan kopdar dengan Emak-Emak yang saya hanya kenal lewat cerita di blognya ini secara langsung. Pas banget waktu itu lagi ada kegiatan di Jakarta jadi bisa ketemu langsung dengan beberapa diantara mereka, senangnyaaa. 🤗
Hingga waktu berlalu, satu per satu Emak-Emak Blogger yang saya kenal itu menarik diri dari dunia blog. Sibuk dengan aktivitas mereka masing-masing dan lebih eksis di sosmed saja. Sedangkan saya masih terus bertahan menulis cerita disini. Teman-teman pun juga makin bertambah karena sekarang yang ngeblog itu semakin banyak. 

Ngeblog Jaman Now

Bertahan menulis di blog ini karena udah terlanjur sayang, rasanya berat untuk pindah ke lain hati. Dari dulu juga saya menganggap blog ini adalah rumah pertama saya. Tempat dimana saya bebas mengekspresikan diri, bercerita dan berkarya *ecieleeeh*.

Seiring perkembangan, dunia blog pun juga mengalami kemajuan yang sangat pesat. Sekarang lebih didominasi dengan blog yang tidak gratisan lagi. Awalnya saya sempat galau antara tetap bertahan dengan flatform gratisan ini atau ikut arus blogger lain yang sudah pada move on menjadi Blogger Profesional, punya top domain level. Singkatnya, tidak numpang dengan embel-embel blogspot atau wordpress lagi melainkan punya alamat sendiri menjadi dotcom atau dotcodotid, dotinfo, dotme, dotnet dan lain-lain.

Yah, saya galau menentukan sikap dalam ngeblog. Tetap menjadi blogger yang idealis pada niat awal ngeblog for fun dan istiqomah pada yang gratisan atau ikut arus menjadi blogger yang profesional dengan meninggalkan yang gratisan. Bahkan katanya jika sudah memiliki blog yang berdomain tawaran kerjasama dengan blog jadi terbuka luas. Woow! Fantastik. Dan akhirnya saya pun juga memilih untuk move on, harus realistis juga kan ya bahwa semakin hari kebutuhan juga makin nambah, kali aja ini bisa jadi pembuka jalan mencari rejeki tambahan biar bisa tetap jajan online *oups*. 😂
Jadilah di bulan September 2015 itu saya akhirnya resmi merubah alamat blog ini nenjadi diahalsa.com dilanjut dengan menyamakan semu akun sosmed dan juga email, biar brandingnya semakin jelas *eciieee*. Yeaay, Alhamdulillah perlahan mulai berdatangan tawaran kerjasama dengan berbagai brand dan jadilah saya pun merasakan juga berkah ngeblog ini. Meskipun job untuk saya tidak seramai teman-teman Blogger yang lain tapi saya percaya dan yakini kalau rejeki gak akan tertukar. Udah digariskan dari sananya tinggal gimana kita melaksanakan dengan baik sebuah job yang diberikan agar klien menjadi senang.

Ngeblog saat ini...
  • Berlomba membuat konten yang menarik. SEO friendly agar bisa terdetek oleh mesin pencari, utamanya Google. Bisa berada di halaman pertama ataupun kedua itu menjadi pencapaian tersendiri dan membuat Blogger lebih bersemangat lagi dalam ngeblog
  • Tidak hanya SEO friendly, sebisa mungkin postingan dilengkapi dengan foto yang sesuai tema ataupun dengan menggunakan infografis yang membuat orang menarik untuk membaca dan berlama-lama tinggal berkunjung di blognya. 
  • TOP level domain. Atau lebih kerennya blog yang sudah tidak gratisan lagi. Blog-blog yang seperti inilah yang diminati oleh klien. Tentunya Blogger pun harus mengeluarkan budget tertentu untuk menjadikan blognya berbayar ini. 
  • Isi blog jadi semakin beragam, tidak hanya sekedar curhat keseharian saja. Tetapi juga banyak info yang bisa dijadikan sumber referensi ketika mencari suatu barang atau produk tertentu karena adanya sponsored post yang diterima oleh Blogger. 
  • Sekarang lebih sering ngeblog dari HP ketimbang laptop ataupun komputer. Gimana yah, bagi saya ngeblog dari HP itu sangat praktis, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meski layarnya kecil dan tak sebebas di laptop sih tapi tetap aja koq merasa nyaman. 
  • Memperhatikan nilai DA/PA karena ini jadi salah satu kunci dalam nego harga untuk sebuah job! 😆


Yah, begitulah ngeblog jaman old vs ngeblog jaman now versi saya. Masing-masing punya keseruannya sendiri. Tetapi ngeblog jaman now itu sebisa mungkin agar blognya tidak gratisan lagi, apalagi sekarang sudah banyak penyedia jasa web murah yang profesional yang bisa jadi solusi, yah salah satunya Niagahoster.

Salah satu kunci ngeblog bagi saya adalah bagaimana mempertahankan mood agar tetap bisa terus berkarya. Tidak membiarkan diri dikuasai rasa malas sehingga akhirnya blog jadi terbengkalai,  tidak ada blogpost baru yang akhirnya membuat pengunjung menjauh pergi karena tidak ada cerita baru untuk dibaca. Yeaaah, jujur ini jadi PR berat saya karena  masih sering mengalami seperti ini. Tapi jika rasa malas itu muncul biasanya saya mengatasinya dengan memperbanyak blogwalking, kali dari postingan teman menjadi insipirasi saya juga untuk kembali menulis atau menuliskan cerita dengan tema serupa. Seperti halnya blogpost kali ini.

Saya sendiri sebenarnya punya beberapa blog dengan tema berbeda tapi sayangnya karena saya yang tidak sanggup membagi waktu untuk mengelola semuanya jadilah blognya jarang update. Ada niat sih untuk men-TLD-kan blog-blog itu tetapi saya belum berani karena merasa masih belum sanggup mengurusnya satu persatu. Jadi biarlah untuk saat ini saya fokus ngeblog  di blog yang sedang Teman baca ini saja. 😀

Nah, gimana pengalaman ngeblog kalian? Share juga yuks! 😉