Sebagai seorang blogger, sudah pastinya saya memiliki beberapa aplikasi di ponsel yang digunakan untuk menunjang kegiatan ngeblog saya. Entah itu aplikasi edit foto, penyimpan ide, hingga aplikasi ngeblog itu sendiri. Ya, jika beberapa blogger dengan platform blogspot merasa nyaman dengan membuat draft postingan lewat browser di ponsel, saya memilih menggunakan aplikasi.

Selama ini, saya menggunakan aplikasi Blogit! untuk menyimpan berbagai draft tulisan di ponsel saya. Aplikasi ini bagi saya sangat membantu karena selain bisa memposting tulisan saya juga bisa membalas komentar yang masuk tanpa harus membuka postingan tersebut.

Sayangnya, beberapa waktu terakhir aplikasi Blogit! yang saya gunakan mulai bermasalah. Loading-nya lambat sekali dan sering tertutup sendiri. Saya coba mengupdate aplikasi dengan yang versi terbaru. Sayangnya versi terbarunya memiliki masalah terkait sinkronisasi tulisan. Karena malas dengan urusan sinkronisasi ini, akhirnya saya putuskan mencari aplikasi baru untuk aktivitas ngeblog saya. 

Di playstore sendiri ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk ngeblog. Yang pertama tentu saja aplikasi Blogger yang sayangnya sangat jelek. Lalu ada Blogit!, Blogger Pro dan Blogaway. Keempat aplikasi yang saya sebutkan di atas merupakan aplikasi untuk blog dengan platform Blogspot. Kalau Wordpress mah sudah lengkap dengan aplikasi bawaannya. He.


Aplikasi Blogger Pro

Setelah uji coba berkali-kali, akhirnya saya putuskan menggunakan aplikasi Blogger Pro untuk menggantikan aplikasi Blogit! yang biasa saya gunakan. Aplikasi Blogger Pro ini dirilis oleh Carlos Ferreira dengan dominasi warna orange pada aplikasinya. 





Jika dibandingkan dengan aplikasi Blogit!, aplikasi Blogger Pro termasuk yang cukup rajin melakukan update terhadap aplikasinya. Menunya sendiri juga lebih lengkap mulai dari posting, halaman, statistik, hingga komentar. Selain itu, bagi yang memiliki beberapa blog juga bisa memilih blog mana yang ingin diisi kontennya lewat fitur beralih blog.


Fitur yang ada di aplikasi Blogger Pro


Tanpilan postingan di aplikasi Blogger Pro

Untuk pilihan posting tulisan sendiri, aplikasi Blogger Pro ini bisa terbilang memiliki fitur yang cukup lengkap. Di fitur ini kita bisa memasukkan gambar ke draft tulisan, memilih jenis tulisan yang ingin digunakan, membuat kutipan, hingga memasukkan link dan edit html. Bahkan untuk versi berbayarnya, ada juga fitur heading yang bisa membantu kita dalam membuat subheading tulisan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan label serta membuat postingan terjadwal di menu pengaturan yang tersembunyi di balik simbol titik tiga di samping kanan atas.



Fitur pada postingan

Nah, sayangnya nih, untuk fitur komentar yang disediakan hanya bisa menampilkan komentar yang masuk saja entah itu yang dimoderasi atau tidak. Padahal saya berharap di fitur ini saya bisa membalas komentar yang masuk seperti di aplikasi Blogit!. Tambahan lagi, entah karena komentarnya yang terlalu banyak, fitur komentar yang ada di aplikasi ini malah tidak berhasil memunculkan komentar yang masuk ke blog saya. Kekurangan lainnya, ukuran hurufnya kadang bisa berubah sendiri jadi harus cek ricek lagi sebelum publish tulisan. 

Setelah menggunakan selama beberapa minggu, bisa dibilang saya cukup puas dengan aplikasi Blogger Pro ini. Terlepas dari kekurangannya, aplikasi ini tidak berat dan fiturnya cukup lengkap untuk bisa menghasilkan sebuah postingan. Harapan saya sih ke depannya fitur komentar yang ada di aplikasi ini bisa disempurnakan lagi. 

Itulah dia review singkat saya terkait aplikasi blog yang saya gunakan. Semoga bermanfaat buat semua :)