menghilangkan kantung mata secara alami

Tadi malam susah untuk memejamkan mata. Akhirnya kelelahan dan yaa bisa ditebak, muncul kantung mata hitam keesokan harinya. Hmm pakai eye cream sepertinya hanya akan membantu menghilangkan sembab tapi tidak ada efek lainnya. Padahal sedang ingin sembari menyegarkan kulit.

Pakai cara lainnya saja deh yang lebih alami. Ngomong-ngomong, bahan-bahan di bawah ini katanya ampuh banget lho untuk urusan mengatasi masalah kantung mata. Penasaran? Baca terus ulasannya yuk!

Menghilangkan Kantung Mata dengan Mentimun

Buah berair ini sudah lama dikenal sebagai bahan yang ampuh dalam membantu memperbaiki kondisi mata bengkak dan berkantung. Timun telah terbukti secara ilmiah mampu merawat mata secara alami dan juga lembut.

Kuncinya ada pada kandungan zat anti inflamasi dan juga kemampuan timun yang mumpuni dalam mempertahankan kelembaban kulit. Seperti apa ya?

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa jus mentimun dapat membantu kondisi mata yang membengkak, menenangkan kulit yang rusak, serta merangsang aktivitas antioksidan pada kulit.

Efek menyejukkan dari mentimun juga bisa memberikan efek tampilan kulit yang tampak lebih segar dan sedap dilihat. Tahukah Anda? Mentimun kaya akan kandungan vitamin C dan asam folat. Wah bagus untuk ibu hamil juga dong?

Vitamin C akan bertindak "menghidupkan" kulit Anda kembali dengan cara merangsang pertumbuhan sel. Sementara itu asam folat bisa menstimulasi produksi antioksidan yang akan melawan radikal bebas. FYI, racun dari lingkungan ini juga salah satu faktor penyebab munculnya kantung mata lho!

Selain itu kekayaan kandungan air dalam mentimun adalah senjata ampuh untuk menjaga kelembaban kulit bawah mata Anda. Dia bisa menjaga elastisitas kulit secara alami. Bonusnya, bisa mencegah terjadinya keriput dini.

Benarkah mentimun bisa menghilangkan mata panda? Sejauh ini memang belum ada penelitian ilmiah yang membahas tentang ini secara khusus. Akan tetapi dengan kandungan zat tersebut di atas, mentimun jelas terbukti bisa membantu kondisi mata bengkak menjadi lebih baik.

Berhubung penyebab kantung mata yang Anda alami itu bisa beragam, efek perawatan dengan mentimun yang didapatkan juga dapat berlainan satu sama lain. Ada yang cepat dan ada yang kurang cepat.


Bagaimana Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Mentimun?

  1. Ambil buah mentimun segar
  2. Simpan di dalam lemari es selama beberapa saat sampai dingin
  3. Bersihkan area yang akan dirawat
  4. Buang bagian ujung mentimun
  5. Kupas mentimun untuk menghilangkan pestisida
  6. Potong mentimun (jangan terlalu tipis atau tebal)
  7. Tempel pada area bawah mata
  8. Diamkan selama 15 menit atau lebih
  9. Jika sudah terasa hangat, ganti dengan irisan mentimun baru

Anda dapat mengulangi perawatan ini sesering mungkin selama Anda suka. Tapi sambil dilihat ya, jika tidak ada perubahan yang dirasakan pada kantung mata, lebih baik segera konsultasikan kondisi Anda pada dokter.

Baca juga: Khasiat Masker Mentimun untuk Wajah dan Mata

Menghilangkan Kantung Mata dengan Teh Celup

Kantung teh celup yang telah diseduh ternyata masih bisa dimanfaatkan lho guys. Manfaatnya juga sudah sangat dikenal di seantero dunia. Salah satunya untuk membantu melenyapkan bengkak di bawah mata Anda.

Teh memiliki kandungan kafein serta antioksidan berupa flavonoid dan tannin (terutama teh hijau dan teh hitam). Flavonoid dan tannin adalah zat anti inflamasi yang baik bagi kondisi mata panda Anda.

Zat tanin dapat membantu mengencangkan kulit Anda dan menyingkirkan cairan yang terkumpul di sana untuk mengempiskan bengkak. 

Bagaimana cara memakai teh celup untuk mata panda? Apa saja keuntungan menggunakan cara ini? Simak caranya di bawah ini;
  1. Ambil kantung ceh celup bekas
  2. Masukkan ke dalam lemari es
  3. Biarkan hingga dingin
  4. Bersihkan wajah Anda
  5. Gunakan kantung teh sebagai masker di bawah mata
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Basuh
Zat yang terdapat di dalam teh mampu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan demikian mata panda pun hilang. Bonusnya, garis halus dan kerutan juga akan ikut hilang.


Menghilangkan Kantung Mata dengan Kopi

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kopi dapat diandalkan menjadi media perawatan kulit yang baik. Kopi memiliki kandungan zat antioksidan kuat bernama kafein yang mampu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi penampakan lingkaran gelap di bawah mata.

Cara menggunakan kopi untuk menghilangkan mata panda adalah sebagai berikut;
  1. Campurkan 0,5 sendok teh kopi bubuk dan minyak zaitun murni
  2. Tambahkan beberapa tetes air untuk membuatnya menjadi pasta
  3. Aplikasikan pada area bawah mata tanpa digosok
  4. Diamkan selama kurang lebih 5 menit
  5. Bersihkan menggunakan wash lap lembut

Atau bisa juga dengan cara kedua;
  1. Campurkan 1 sendok teh kopi bubuk dengan 50 ml air panas
  2. Biarkan hingga kopi matang
  3. Dinginkan di dalam lemari es
  4. Celupkan kapas ke dalam air seduhan kopi
  5. Tempel kapas ke kantung mata yang telah dibersihkan
  6. Diamkan selama 5 menit
  7. Bersihkan menggunakan mash lap lembut

Perawatan ini dapat Anda ulangi setiap kali dibutuhkan. Karena kandungan bahan alami di dalamnya, Anda bahkan bisa melakukannya setiap hari tanpa harus merasa khawatir akan over dosis.

Tips! Untuk mendapatkan manfaat yang lebih baik, gunakan kopi organik.

Menghilangkan Kantung Mata dengan Kentang Mentah

Di Indonesia ada beberapa jenis kentang. Supaya tidak menyebabkan salah paham, kentang yang dimaksud di sini adalah kentang sayur yang biasa diolah menjadi perkedel dan juga sambal goreng kentang.

Kandungan antioksidan seperti vitamin C pada kentang sangat baik untuk kulit Anda. Di dalam kentang juga terdapat enzim dan antioksidan serta pati yang dapat meningkatkan kondisi sekitar mata Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, ikuti langkah berikut ini;

  1. Kupas kentang
  2. Iris tipis
  3. Masukkan ke dalam lemari es hingga dingin
  4. Bersihkan kulit
  5. Aplikasikan kentang ke area yang akan dirawat
  6. Diamkan selama 10 menit
  7. Basuh menggunakan wash lap lembut

Perawatan ini sangat mudah, praktis, dan juga murah. Dengan melakukannya secara teratur, Anda bisa mengusir tampilan lelah dari mata Anda jauh-jauh. Ulangi perawatan setiap kali dibutuhkan.

Menghilangkan Kantung Mata dengan Es Batu

Untuk dapat menghilangkan mata bengkak menggunakan es batu, coba ikuti cara hemat dan praktis di bawah ini:
  1. Bersihkan permukaan kulit Anda
  2. Siapkan kain lembut
  3. Ambil es batu secukupnya
  4. Masukkan ke dalam kain dan bungkus
  5. Tempelkan pada mata panda

Untuk pemanfaatan suhu dingin, Anda memiliki banyak variasi perawatan. Diantaranya adalah sebagai berikut;
  1. Menggunakan sendok beku
  2. Menggunakan wash lap beku
  3. Menggunakan botol dingin dari kulkas
  4. dan lain-lain.

Kesimpulan

Kantung mata bisa muncul kapan saja dan pada siapa saja. Kadang anak bayi juga punya kantong mata kan? Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab. Maka dari itu sebaiknya perhatikan kira-kira apa yang menjadi penyebab munculnya mata panda pada Anda.

Kenapa harus tahu penyebabnya? Karena berbeda penyebab maka akan berbeda pula cara penanganannya. Bisa jadi Anda lebih cocok pakai kopi, atau justru pakai kentang mentah? Tidak ada yang tahu sebelum mencobanya.

Jika setelah satu bulan kondisi mata panda Anda belum juga membaik, segera berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab pastinya. Semakin cepat tentu semakin baik.

Well, sekian dulu untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah! Memiliki pertanyaan, kritik dan saran terkait tulisan di atas? Silakan tuliskan pesan Anda di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^


(diens)