membakar lemak tubuh di rumah
image credit to: inase.info

Hello semua, selamat datang! Hari ini saya akan membahas tentang kebugaran tubuh. Apakah Anda sedang dalam program menurunkan berat badan? Atau sedang ingin menghilangkan lemak berlebih di tubuh Anda?

Pastikan Anda memiliki rencana yang baik dan tepat sasaran untuk mencapai tujuan tersebut. Bagian tubuh yang paling sering menjadi tempat berkumpulnya lemak adalah perut dan pinggang. Bagaimana cara mengecilkan perut tanpa harus tersiksa karena kelaparan?

Kita harus tahu konsepnya dulu secara benar karena percuma saja kalau dilakukan secara asal bermodal "katanya". Tidak akan ada hasil yang memuaskan. Misalnya saja Anda melakukan diet dengan makanan yang membakar lemak. Bagus sih tapi itu saja tidak cukup!

Faktanya, tidak ada makanan yang bisa membakar lemak secara langsung. Namun yang ada adalah makanan yang mengandung lemak baik. Serta makanan atau minuman yang meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membantu untuk menghancurkan lemak. 

Lemak apa saja sih yang harus dibakar? Geser ke paragraf berikutnya.

Jenis Lemak Tubuh

Sebelum menjalankan tekad untuk membakar lemak ada baiknya Anda kenali dulu jenis-jenis lemak tersebut. Perkenalan ini penting untuk bisa mengatur strategi 'pertempuran' yang joss. Simak penjelasan berikut;

1. Lemak Subkutan
Apa yang dimaksud lemak subkutan? Jadi, lemak subkutan adalah lemak yang letaknya ada di bawah permukaan kulit. Tahukah Anda? Sebanyak sekitar 80% dari keseluruhan lemak tubuh adalah lemak subkutan.

2. Lemak Visceral
Apa yang dimaksud dengan lemak visceral? Lemak visceral adalah jenis lemak yang tersimpan di dalam rongga perut dan mengelilingi sejumlah organ penting seperti jantung, hati, pankreas, dan juga usus.

3. Lemak Esensial
Apa itu lemak esensial? Well, lemak esensial adalah jenis lemak yang memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Lemak esensial berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, menjaga struktur sel tubuh, menjaga keseimbangan hormon, serta membantu fungsi penyerapan vitamin.

4. Lemak Putih (Lemak Adiposit)
Lemak putih adalah jenis lemak yang memiliki sel-sel berwarna putih akibat rendahnya kepadatan mitokondria dan pembuluh darah. Fungsinya adalah untuk menyimpan energi dan pembentukan hormon. Rusaknya lemak ini bisa mengakibatkan kegemukan pada seseorang.

5. Lemak Cokelat
Lemak cokelat adalah lemak yang memiliki lapisan mitokondria sehingga menyebabkan timbulnya warna cokelat. Keistimewaan lemak ini adalah dapat membakar kalori yang berasal dari lemak putih.

6. Lemak Krem
Lemak ini unik karena terbentuk dari penggabungan antara lemak cokelat dan lemak putih. Proses pembentukanya adala saat Anda sedang berolahraga.

Nah itulah jenis-jenis lemak yang bersemayam di dalam tubuh Anda. Sudah kenal kan dengan semuanya? Sekarang coba saya tanya, dari semua jenis di atas mana saja lemak yang harus dibuang? 

Tepat sekali! Jawabannya adalah lemak visceral dan lemak subkutan. Jangan sampai salah buang ya karena bisa menyebabkan masalah. Hiks! Di sinilah pentingnya memahami info dasar sebelum melakukan sebuah tindakan. 

Cara Membakar Lemak Secara Efektif

Kalau sudah tahu lemak apa saja yang harus diusir cantik, sekarang saya mau tanya lagi. Sudah tahukah Anda bagaimana cara membakar lemak tersebut? Cara membakar lemak di paha, di perut, di pinggang, maupun di pipi sekalipun akan saya beri tahu.

Pertama-tama saya akan membagi pokok bahasan menjadi 2 dulu. Setuju ya? Soalnya kalau tidak dibagi takutnya malah membuat Anda bingung.

1. Lemak Subkutan

Lemak ini bertengger di dalam perut dan di sekitar organ dalam tubuh Anda. Bisa dibilang inilah lemak yang paling berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti diabetes, hippertensi, dan serangan jantung.

Orang dengan lemak subkutan tinggi memiliki ciri perut yang tebal dan besar. Secara sekilas penampilannya seperti ibu yang sedang hamil besar. Jika dibiarkan dalam waktu lama, lemak ini bisa mengancam jiwa Anda.

Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan membakar lemak setiap hari yang terfokus pada aktivitas fisik. Anda tidak harus melakukan latihan khusus untuk membakar lemak di bagian-bagian tertentu dengan gerakan tertentu karena gerakan apa saja bisa dilakukan. 

Melakukan aktivitas fisik apapun yang bisa membuat tubuh berkeringat akan membakar tumpukan lemak subkutan di tubuh Anda. Otomatis perut Anda akan mengecil dengan sendirinya seiring waktu.

Nah, kalau selama ini Anda berpikir bahwa membakar lemak harus dengan gerakan yang terfokus pada bagian tubuh tertentu saja, buang pemikiran itu jauh-jauh. Sekedar berjalan kaki pun bisa membakar lemak perut Anda.

2. Lemak Visceral

Jenis kedua adalah lemak visceral yang terletak di bawah lapisan kulit. Lemak ini memiliki jumlah terbanyak yaitu mencapai 80% dari total lemak dalam tubuh manusia. Kalau jumlah lemak ini banyak maka kulit pun akan menebal akibat terlapisi oleh lemak.

Lemak visceral adalah jenis yang bisa dihilangkan dengan cara membakar lemak tanpa olahraga. Untuk bisa melibas lemak di bawah lapisan kulit ini, cukup fokus pada pola makan saja. Apakah maksudnya adalah diet?

Iya benar, tapi bukan diet yang membatasi beberapa jenis makanan dan memperbanyak beberapa jenis lainnya. Diet yang saya maksud di sini yaitu mengaplikasikan pola makan sehat dan seimbang. Seperti apa?

Ikuti panduan pola makan sehat sederhana ini;

  • Cukupi kebutuhan air putih
  • Batasi asupan gula dan garam
  • Tetap makan karbo secukupnya
  • Buah dan sayuran tidak boleh ketinggalan
  • Perbanyak protein nabati (boleh sama banyak dengan hewani)
  • Konsumsi lemak baik (zaitun, alpukat)

Lemak visceral otomatis akan hilang saat Anda melakukan pola makan yang baik dan benar. Jadi, tidak usah pusing untuk berolahraga mati-matian jika masalah yang Anda hadapi adalah lemak di bawah kulit saja.

Cara Membakar Lemak dengan Olahraga

Bonus nih untuk para pembaca yang budiman. Saya akan berikan beberapa gerakan olahraga yang bagus untuk meningkatkan pembakaran lemak. Ini bisa dipraktekkan untuk yang bermasalah dengan lemak subkutan ya.

1. Jogging
Olahraga ini sangat terkenal dan saya yakin Anda pasti sudah tahu bagaimana cara melakukannya. Cukup dengan berjalan atau berlari kecil mengelilingi komplek perumahan sudah bisa membakar sejumlah lemak di perut Anda.

2. Senam
Kegiatan sejenis senam kesegaran jasmani yang rutin diadakan setiap hari minggu bisa mulai Anda ikuti dari sekarang. Selain menghilangkan perut buncit, Anda juga bisa mendapatkan teman baru di sana.

3. Mengepel Lantai
Mungkin aktivitas ini terdengar agak aneh untuk disebut sebagai olahraga. Tapi mengepel membutuhkan gerakan yang melibatkan seluruh anggota badan Anda. Lantai bersih dan perut pun bisa kembali rata.

4. Badminton
Permainan badminton sangat asyik dilakukan di pagi maupun sore hari. Permainan ini akan memaksa Anda untuk berlari ke sana kemari dan bahkan melompat untuk memenangkan laga. Lakukan bersama orang-orang terkasih agar Anda lebih semangat!

5. Bersepeda
Gowes keliling komplek bersama teman pasti menyenangkan. Mengayuh sepeda juga akan membuat seluruh tubuh Anda bergerak. Tanpa disadari lemak tubuh terbakar dan lumer sedikit demi sedikit.

6. Berjalan Kaki
Anda tidak salah baca! Sekedar berjalan kaki saja juga sangat efektif lho untuk membakar lemak-lemak yang tidak dibutuhkan tubuh. Untuk lebih memaksimalkan efeknya, Anda bisa melalui medan yang lebih variatif.

7. Bermain Bersama Anak
Jika Anda memiliki anak kecil atau keponakan yang masih balita, memanfaatkan waktu bermain bersamanya bisa juga dijadikan pilihan. Anak kecil biasanya sangat aktif dan ini akan memaksa Anda bergerak mengikutinya. Tanpa terasa Anda sudah membakar banyak kalori seharian.

Itulah beberapa contoh aktivitas harian yang bisa dipertimbangkan sebagai alternatif untuk membakar lemak tubuh. Selain mudah, cara di atas juga menyenangkan untuk dilakukan. Pasti tidak akan terasa kalau sedang olahraga! Ada yang punya ide lainnya?! ^_^

Tanda Tubuh Sedang Membakar Lemak

Sesudah melakukan berbagai upaya di atas pasti ada rasa penasaran kan, mengenai bagaimana cara untuk mengetahui kalau lemak di tubuh ini sedang atau sudah terbakar? Apa saja tanda-tandanya?

Proses pembakaran identik dengan hawa panas di tubuh. Benarkah hawa panas yang kadang Anda rasakan merupakan pertanda bahwa tubuh sedang membakar kelebihan lemak? Faktanya, tidak semudah itu menentukannya.

Daripada terus dijerat oleh rasa penasaran dan terus bertanya-tanya apa tandanya tubuh sedang membakar lemak, ada baiknya Anda lihat beberapa poin berikut. Inilah patokan bahwa lemak di tubuh Anda telah terbakar.

  1. Penurunan berat badan. Meski penurunan berat badan tidak selalu identik dengan berkurangnya lemak tubuh, terbakarnya lemak juga akan membuat berat badan Anda turun. Hanya saja memang massanya tidak terlalu signifikan karena pada dasarnya lemak itu relatif ringan.
  2. Lingkar pinggang mengecil. Penumpukan lemak paling sering terkumpul di perut dan pinggang. Coba perhatikan ukuran pinggang Anda. Jika tampak lebih kecil dari sebelumnya, ini merupakan sinyal kuat bahwa lemak tubuh Anda telah terbakar.
  3. Baju jadi terasa longgar. Seiring dengan menurunnya berat badan dan berkurangnya massa lemak maka pakaian lama Anda yang tadinya sempit pun akan terasa lebih longgar.
  4. Orang mulai berkomentar jika Anda tampak lebih kurus. Ini adalah efek ketika orang-orang di sekitar Anda mulai menyadari perubahan tubuh Anda menjadi lebih ramping dan proporsional.
  5. Kesehatan meningkat. Dengan hilangnya lemak berlebih di dalam tubuh, maka tubuh Anda pun akan menjadi jauh lebih sehat dan fit.
  6. Tidak mudah lapar. Saat jumlah lemak jahat di tubuh berkurang maka Anda tidak akan mudah merasa lapar seperti sebelumnya.
  7. Tidak suka makanan manis seperti sebelumnya. Orang dengan kelebihan berat badan cenderung menyukai makanan manis. Saat berat badan Anda berkurang, kebiasaan ini akan menyusut sedikit demi sedikit.
  8. Mengalami penurunan jumlah lemak saat dicek di laboratorium. Nah, yang terakhir ini merupakan tanda yang paling ilmiah karena harus dilakukan melalui uji laboratorium.
  9. Perasaan lebih bahagia. Entah ada hubungannya atau tidak tapi saat jumlah lemak bandel di perut mulai menipis, rasa hati ini lebih bahagia dari hari-hari biasanya. 

Itulah 9 tanda jika lemak di tubuh Anda telah terbakar. Apakah Anda sudah mulai merasakan salah satu diantaranya? Atau mungkin Anda justru memiliki pengalaman yang berbeda dengan saya?

Takeaway

Berat badan berlebih yang dibiarkan dalam waktu lama memang akan lebih sulit untuk dikendalikan. Namun jika Anda memiliki tekad yang kuat maka tidak ada istilah sulit lagi. Segala hal akan terasa mudah saja. Percayalah! 

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal sebaiknya lakukan semua cara di atas sekaligus. Dengan demikian maka pada saat bersamaan Anda membakar lemak visceral dan subkutan sekaligus. 

Jadinya hasil yang didambakan berupa bentuk tubuh ideal bisa tercapai dengan lebih cepat. Caranya juga relatif mudah kok. Anda hanya perlu beraktivitas secukupnya dan mengkonsumsi makanan sehat seimbang. Simple kan?!

Oke, sekian dulu coretan untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Insyaa Allah! Jika Anda memiliki pertanyaan terkait tulisan ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^


(diens)