memakai spirulina sebagai masker wajah
image credit to: okikae.jp

Hello, selamat datang! Hari ini adalah saatnya sesi review. Mencoba perawatan menggunakan bahan alami sudah menjadi satu kegiatan yang saya sukai. Dan saat nama spirulina melambung, saya juga turut merasa penasaran untuk membuktikan kebenaran khasiatnya. Beneran bagus tidak ya?!

Tentang Spirulina

Spirulina adalah spesies ganggang biru hijau yang memiliki kandungan klorofil di tubuhnya. Selain itu kelompok cyanobacteria ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan proses fotosintesis.

Mikroalga ini dikenal sebagai sumber nutrisi yang kaya akan berbagai zat gizi seperti asam amino esensial, mineral, vitamin, dan karotenoid. Spirulina adalah ganggang yang telah sejak lama dimanfaatkan untuk memelihara kesehatan tubuh serta bermanfaat untuk memelihara daya tahan.

Berita paling populer yang sering bergaung di telinga adalah manfaatnya yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan spirulina digunakan sebagai sumber makanan bagi para astronot yang bepergian ke luar angkasa.

Nah, kandungan spirulina ini ternyata bukan hanya baik bagi kesehatan tubuh saja. Khasiatnya sangat banyak dan salah satu manfaat spirulina yang begitu populer adalah untuk perawatan kulit wajah sebagai masker alami.

Tahukah Anda? Kandungan spirulina ini dalam setiap 1 gramnya setara dengan zat gizi yang dimiliki oleh 1 kg buah-buahan dan sayuran segar. Luar biasa sekali bukan? Dalam 1 gram memiliki gizi setara dengan 1 kg makanan segar.

Dengan kelebihan ini, Anda tidak perlu merasa heran jika perubahan kulit wajah Anda terjadi dengan sangat cepat setelah rutin maskeran dengan produk spirulina. Pasti sudah tidak sabar kan ingin tahu cerita selanjutnya?

Tahukah Anda? Dengan melakukan 1 kali perawatan masker spirulina itu artinya Anda telah memasukkan nutrisi penuh setara 0,5 kg sayur dan buah segar ke dalam kulit. Coba deh dibayangkan dulu.

Ini akan memberikan gizi dan nutrisi berlimpah bagi wajah serta bisa mengencangkan dan memutihkan kulit wajah. Tidak heran kan kenapa masker ini bisa begitu dikenal dan banyak dicari?

Khasiat masker wajah spirulina;
  1. Mengangkat sel kulit mati
  2. Meningkatkan suplai oksigen dengan kandungan klorofil yang tinggi
  3. Memperlambat proses penuaan
  4. Mengencangkan kulit wajah
  5. Mengecilkan pori-pori
  6. Mempertahankan kekenyalan kulit
  7. Menghaluskan kulit
  8. Melembabkan kulit
  9. Menghilangkan flek hitam
  10. Menghilangkan komedo
  11. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat
  12. Mencerahkan warna kulit
  13. Detoksifikasi racun pada kulit
  14. Membunuh bakteri
  15. Memerangi radikal bebas

Selain kekayaan khasiatnya bagi kecantikan yang begitu banyak, masker spirulina ini juga tidak memiliki efek samping karena terbuat dari bahan alami. Ibu hamil dan menyusui juga bisa menggunakan masker ini.

Sudah tahukah Anda? Semua krim atau apapun yang Anda oleskan ke permukaan kulit juga akan terserap ke dalam dan masuk ke pembuluh darah. Maka dari itu perawatan kulit alami masih dinilai jauh lebih aman bagi ibu yang sedang mengandung dibanding perawatan kimia. ^_^

Baca juga: Spirulina dan Sejuta Manfaatnya Bagi Manusia


Cara Memakai Masker Spirulina


Pertanyaan berikutnya yang terlintas di benak setelah mengetahui asal usul spirulina adalah bagaimana cara memakai masker ini untuk wajah? Apakah sama dengan pemakaian masker pada umumnya?

Mari kita bahas secara mendetail. Spirulina yang dijual di pasaran biasanya ada dalam 3 bentuk yaitu serbuk, kapsul, dan tablet. Ketiganya tentu butuh cara yang berbeda supaya siap dipakai jadi masker.

1. Spirulina Serbuk
Untuk jenis serbuk, Anda bisa mengambil sejumput serbuk spirulina dan menaruhnya di dalam wadah yang kering dan bersih. Jumlah yang Anda butuhkan adalah sekitar setengah sendok teh. 

Teteskan air putih sedikit demi sedikit. Anda hanya perlu beberapa tetes air saja untuk membuat serbuk spirulina menjadi masker. Jangan terlalu kental atau terlalu encer ya dears? Kemudian aplikasikan pada wajah.

2. Spirulina Kapsul
Untuk spirulina yang dikemas dalam bentuk kapsul, Anda hanya perlu membuka cangkang kapsul dan memindahkan serbuk spirulina dari dalam kapsul ke wadah. Selanjutnya caranya sama seperti nomor 1 yaitu diberi air dan diaplikasikan.

3. Spirulina Tablet
Spirulina tablet memiliki bentuk paling solid dan cukup keras. Untuk mempermudah pembuatan masker, Anda bisa menggerusnya hingga menjadi serbuk terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Sekarang menuju ke pokok pembahasan berikutnya yaitu cara memakai masker spirulina agar kulit wajah cerah dan kenyal. Ada beberapa langkah mudah yang harus Anda ikuti. Here they are!



  1. Bersihkan wajah dari make up, debu, dan kotoran secara menyeluruh,
  2. Uapi wajah agar pori-pori kulit terbuka,
  3. Siapkan masker spirulina sesuai cara di atas,
  4. Aplikasikan masker pada wajah,
  5. Tunggu sampai mengering,
  6. Basuh dengan air bersih suhu normal,
  7. Keringkan dengan handuk lembut.


Cara yang begitu sederhana untuk hasil membahana. Saat menguapi wajah, Anda bisa memilih beberapa cara mudah. Tidak harus menggunakan alat mahal, pakai baskom atau kettle juga bisa. Cara melakukannnya bisa dibaca di artikel Cara Melakukan Facial Steaming di Rumah.

Tips Saat Menunggu Masker Kering

Saat sedang menunggu masker spirulina Anda mengering, daripada hanya bengong tanpa melakukan apapun Anda bisa sambil mengerjakan aktivitas lain seperti membaca buku atau baca artikel di blog Sehat - Cantik - Bahagia.

Jika mau, Anda bisa melakukan perawatan lain seperti menggunakan masker bibir dalam bentuk sheet yang banyak dijual di pasaran sambil menunggu masker mengering. Opsi lainnya bisa juga sambil merawat kecantikan mata dengan masker alami. Panduannya di bawah ini ya.

Di sini: Masker Mentimun Segar untuk Mata Cantik
           Kulit Putih Mata Cantik Hanya dengan Ampas Teh



Review Masker Spirulina

Oke, di sini saya akan mencoba menceritakan pengalaman memakai masker spirulina dengan sejelas dan sedeskriptif mungkin. Dulu saya hanya tahu spirulina untuk dimakan sebagai suplemen. Jadi ini pertama kalinya saya mencoba spesies cyanobacteria ini sebagai masker. Seperti apa? Baca terus!

Jenis spirulina yang saya gunakan adalah spirulina kapsul dengan merk HPAI. Spirulina HPAI punya aroma yang cukup kuat seperti bau seafood. Kalau saya bilang sih mirip bau nori/rumput laut kering. Seperti bau asin gitu.

Dengan kekentalan yang pas, masker ini enak banget dipakai di kulit. Kulit akan terasa kencang seperti tertarik saat masker dalam proses mengering. Saat inilah berbagai nutrisi akan masuk.

Masker bisa dibilas kalau sudah benar-benar kering. Ciri khasnya adalah ada sedikit retak-retak di maskernya dan kulit terasa kencang banget. Saat membilas akan lebih baik kalau Anda menggunakan bantuan wash lap. Bersihnya bisa jauh lebih maksimal.

Bagaimana rasanya setelah pakai masker spirulina? Pasti penasaran kan. Ini dia testimoni masker spirulina dari saya sesuai apa yang saya rasakan. 


  1. Kulit naik beberapa tingkat lebih halus,
  2. Terasa ada sensasi adem dan sejuk,
  3. Tekstur kulit lebih lembut,
  4. Jadi setingkat lebih putih,
  5. Warna kulit lebih cerah,
  6. Terasa kenyal,
  7. Bekas jerawat memudar,
  8. Kulit menjadi lebih kencang,
  9. Kulit lega dan bisa bernafas bebas.

Beberapa efek di atas saya rasakan langsung setelah memakai masker. Efek yang lainnya baru bisa dirasakan setelah beberapa kali penggunaan. Misalnya untuk mendapatkan efek memudarkan bekas jerawat itu butuh minimal 4 kali perawatan secara teratur.

In sum, betul sekali yang dikatakan banyak orang kalau efek masker ini ke kulit sangat cepat. Ibaratnya bisa dirasakan secara instan.

Takeaways

Perkenalan dengan masker spirulina baru saja terjalin sekitar 2 bulan. Selama itu pun saya belum konsisten dalam menggunakannya. Kadang seminggu sekali, kadang bisa sebulan cuma 2 kali. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya lakukan perawatan secara rutin.

Spirulina kadang dijual secara ecer. Hal yang saya khawatirkan pada spirulina yang dijual eceran adalah kehigienisan produk, terlebih untuk yang diecer dalam bentuk tablet. Pasti dipegang pakai tangan kan waktu memindah tabletnya?

So, saran saya jika mau beli ecer lebih baik spirulina kapsul. Jika ingin menggunakan spirulina tablet maka akan lebih aman dibeli per botol sekaligus. Ini demi higienitas dan kualitas produk dan jaminan keamanan kulit Anda.

Well, sekian dulu bincang-bincang kali ini tentang masker spirulina yang sudah membuat saya jatuh cinta. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah!

Memiliki pertanyaan, kritik, atau saran terkait tulisan ini? Silakan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?!


(diens)