Sebagai seorang beauty enthusiast, bergelut dengan makeup adalah kegiatan sehari hari . Untuk mengisi konten instagram posting foto tutorial makeup atau hasil makeup adalah hal yang sering dilakukan. untuk itu keberadaan pembersih makeup sangatlah dibutuhkan.
Pada awal kemunculan nya pembersih wajah/ makeup yang biasa kita kenal mungkin adalah milk cleanser+toner atau face wash dll. dimana butuh waktu extra untuk membersihkan wajah dengan varian tsb, selain harus mengikuti step step tertentu, hasilnya pun tidak maksimal, apalagi untuk membersihkan makeup waterprof mungkin butuh waktu berjam jam untuk bisa bersih sempurna.

Dijaman modern ini saya bersyukur sekali dengan sebuah terobosan baru dimana banyak brand berbondong bondong mengeluarkan produk yang di sebut "Micellar water" , dimana pembersih makeup jenis ini terbilang sangat ampuh membersihkan makeup seberat apapun dalam tempo sesingkat2nya.



Micellar water sendiri merupakan sebuah varian produk kecantikan yang di klaim "murni" yang pertama kali ditemukan di prancis pada tahun 90an, dimana air murni ini ditemukan justru pada saat terjadi krisis air bersih, dimana kanal kanal air di seluruh kota paris terkontaminasi oleh kandungan korosif sehingga tidak dapat di konsumsi dan bahkan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Para ahli kemudian melakukan penelitian dan percobaan menggunakan molekul dari asam lemak sehingga menghasilkan Micellar water.

Beberapa produsen kosmetik pun mendapat inspirasi untuk memanfaatkan keadaan unik molekul air yang dikenal dengan istilah micelle tersebut. Ketika sang peneliti menggabungkan air dengan zat yang mengandung fatty-acids esters pada konsentrasi khusus, maka komposisi dari kedua senyawa tersebut dapat bekerja seperti magnet .

Molekulnya bisa diibaratkan seperti kutub utara dan selatan dari sebuah magnet. Bagian kutub utara bersifat hydrophilic, artinya cenderung tertarik dengan kandungan air. Sedangkan bagian kutub selatan memiliki ciri lipophilic, yang berfungsi sebagai pengangkat minyak dan lemak pada wajah.

Oleh karena itu micellar water termasuk dalam kategori makeup remover, beda dengan air biasa yang kita kenal sebab hanya berfungsi untuk membersihkan kulit saja tapi tidak dapat mengangkat noda kimia semisal makeup.

Anyway...berbicara tentang Micellar Water, saya lagi mau share pengalaman menggunakan "Ovale Micellar Cleansing Water".



Ovale sendiri sudah tidak asing di telinga para wanita Indonesia ya..karena sebelumnya sudah mengeluarkan produk kecantikan seperti : Ovale facial lotion, Ovale cleansing gel, masker dll.
PT. Kino Indonesia selaku perusahaan yang memproduksi  dan merilis Ovale Micellar Cleansing water ini mengklaim bahwa Micellar Cleansing Water ini merupakan pembersih yang berbahan dasar air yang membersihkan #Hanya1Menit sekaligus mencerahkan ,tidak mengandung alkohol, fragrance free serta aman untuk kulit sensitif ( Dermatologically Tested & Hypoallergenic tested).

Ovale Micellar Cleansing Water ini terdiri dari 2 varian :

1) . Brightening
Mengandung Magnolia extract yang berfungsi mencerahkan kulit, Dermatologically Tested & Hypoallergenic tested.


Kemasan nya berupa botol (100ml&200ml) dengan dominasi warna pink.


spesifikasi&kandungan

2). Brightening for Acne Skin
Mengandung magnolia dan Green tea extract yang berfungsi mencerahkan kulit wajah dan anti oksidan yang mencegah timbulnya jerawat  serta Dermatologically Tested & Hypoallergenic tested.


Kemasan nya berupa botol (100ml&200ml)dengan dominasi warna hijau


spesifikasi&kandungan

Sejauh mana Micellar Ovale Micellar Water ini dapat membersihkan makeup?? lets cek it out ....




Pada percobaan di video ini, saya menggunakan super waterproof lipstick yang sudah dioleskan ke tangan dan kemudian di bersihkan menggunakan Ovale Micellar Cleansing Water, hasilnya...Bagus, lipstik dapat terhapus pada usapan ke 3(usapan lembut tanpa tekanan/gosok kasar), dimana jika menggunakan pembersih biasa mungkin akan butuh waktu lama dan harus di gosok berulang2. selain makeup terangkat, kotoran dikulit pun ikut terangkat, sehingga kulit bersih sempurna.


Kesimpulan dari pengalaman saya menggunakan Ovale micelar water adalah:

1) Harga murah (sekitar 20-30rb an untuk kemasan 200ml) bahkan termurah dibanding merk lain untuk produk sejenis
2) walaupun murah tapi kualitas tetap mumpuni
3) Kemasan botolnya standar micellar water, tidak ada yang istimewa
4) tidak perih dimata, tidak perih dikulit (selama digunakan sesuai petunjuk pemakaian di belakang botol)
5) Tidak berbau sama sekali (bau alkohol atau kimia) tidak wangi juga
6) kekentalan cairan standar micellar water, tidak terlalu oily juga
7) mudah di dapatkan di supermarket/mini market sekitar (untuk kemasan 200ml, tapi kemasan 100ml nya susah ditemukan
8) Belum ada label Halal ( walaupun ini cuma air, tapi bagi perempuan indonesia yg mayoritas muslim kayanya perlu juga ada label halalnya)
9) Izin bpom dll lengkap
10) Kandungan dan instruksi penggunaan lengkap dan jelas.

Untuk kalian yang tertarik mencoba produk ini ada beberapa saran dari saya:

1. agar hasilnya maksimal, jangan lupa untuk meng kocok terlebih dahulu micellar water ini sebelum digunakan, karena lumayan ngaruh ke hasilnya
2.  agar hasilnya maksimal jangan pelit untuk menuangkan ke kapas (tapi jangan berlebihan juga), karena kalo  kapasnya kurang basah sangat ngaruh ke hasilnya
3. Untuk hasil maksimal diamkan kapas yg sudah diberi micellar water ini selama beberapa detik pada bagian yang ingin dibersihkan lalu kemudian usap lembut.
4.  Usapkan kapas dengan lembut, tidak perlu digosok2 keras karena akan menimbulkan iritasi.
5. Ovale micellar water bukan hanya digunakan untuk membersihkan makeup, tapi juga untuk membersihkan muka dari debu dan kotoran.


Dari 1-10 saya memberikan nilai 8 untuk Ovale Micellar Cleansing Water ( tepuk tangan prok prok prok)..
Segitu dulu ya review dari saya, semoga bermanfaat untuk teman teman semua yang lagi nyari produk micellar water.

yang mau tanya2 silahkan komen atau diskusi. tapi jangan lupa follow dulu instagram saya @syanaka_

Terima kasih bye....