Seperti yang bisa kalian lihat, akhir-akhir ini aku lagi sering banget nulis tentang traveling di blog ini. Sebenarnya dari dulu aku udah suka banget sama traveling, hanya saja waktu itu kondisi keuanganku belum memungkinkan. Jadi, ketika aku akhirnya udah punya penghasilan sendiri, aku nggak mau menyia-nyiakan kesempatan liburan selagi masih muda :))
***
Aku sempat membuka sesi tanya-jawab ala-ala di Instagram dan ada yang nanya: "Gajinya berapa sih? Kok bisa jalan-jalan mulu?" Well, gajiku nggak segede yang orang-orang pikirkan kok. Aku juga nggak jalan-jalan mulu lho, major trip (seperti Jepang/ Korea) cuma aku lakuin 1x dalam setahun. Tentu saja aku berharap ke depannya aku mampu untuk major trip lebih dari sekali, hehe. Menurutku, seberapapun gaji, perencanaanlah yang paling penting. Kalo emang pengen banget ke destinasi liburan kita, pastinya kita bisa kok memprioritaskan uang tabungan kita ke sana.
Nah, aku termasuk yang mampu ngumpulin uang dan niat banget kalo udah berencana liburan ke suatu tempat. Tapi, aku sangat sangat teledor. Pas ke Disneyland Tokyo, handphone ketinggalan, untungnya dibalikin sama orang Jepangnya. Pas ke Busan, Korea kemaren, layar handphoneku pecah dan hancur, untung masih nyala. Itu untuk "hal sepele" yang nggak sampe mengancam nyawa. Tapi, yang namanya udah bepergian jauh, nggak ada yang tau apa yang akan terjadi. Mana tau kita amit-amit kecelakaan pesawat, atau sakit parah di tempat liburan. Aku nggak pernah sekalipun mikir kalo asuransi itu penting ketika lagi liburan, tapi setelah event ini aku jadi kepikiran, bener juga ya.... No one knows what's gonna happen to us.
Minggu lalu aku sempat mengikuti event bersama AXA Financial Indonesia x CChannel dan mereka juga ngasih beberapa tips untuk #RencanakanLebih Liburan dan Masa Depanmu. Berkat event ini aku juga mendapatkan beberapa pencerahan sih untuk ke depannya. Tenang aja, aku bakal berbagi ke kalian juga kok, sharing is caring ;)
To be honest, aku seneng banget diundang ke event ini, karena judulnya kan "Travel Blogger Gathering" ya, aku merasa cita-cita jadi travel blogger agak dibukakan jalannya, lol. Cukup, sekarang kita langsung bahas acaranya aja, ya. Gathering ini dibuka oleh Yanti Parapat selaku Director dari AXA Financial Indonesia dan dilanjutkan oleh Ahmad Ali selaku Financial Planner-nya AXA. Selain itu, guest lain dari event ini adalah pasangan traveler @pergidulu dan senior photographer Kompas, Yuniadhi Agung
AXA Financial Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar dunia yang fokus pada asuransi jiwa dan manajemen aset. 
Berikut ini beberapa keuntungan jika menggunakan asuransi dari AXA Financial Indonesia: 
  • Memiliki portal AXA Direct, direct yang memudahkan kamu dalam mengakses informasi hingga membeli produk asuransi di mana aja dan kapan aja. 
  • Didukung dengan 52 kantor pemasaran di seluruh Indonesia dan lebih dari 6.000 agen serta tenaga pemasar bersertifikat. Untuk informasi kantor cabang bisa kalian cek di link ini.
  • Dilengkapi layanan Express claim dan whatsapp clain melalui (021) 30059999 untuk nasabah agency dan (021) 30056800 untuk nasabah e-commerce dan telemarketing. Tersedia juga layanan live chat melalui link ini.
  • Memiliki produk beragam untuk kebutuhan di seluruh tahap kehidupan mulai dari asuransi jiwa, kecelakaan, hingga kesehatan. 
Produk-produk asuransi yang ditawarkan AXA:
  • Asuransi Jiwa: Maestro Infinite Protection
  • Asuransi Kecelakaan: AXA Protection Care
  • Asuransi Kesehatan: Maestro Optima Care, Maestro Protection Care
  • Unitlink: Maestro Prestige Link
  • Syariah: Proteksi Amanah Syariah, Maestro Syariah Golen Years Plan
Ahmad Ali mengatakan bahwa perencanaan keuangan untuk masa depan sangat penting, siapa sih yang nggak mau saat tua nanti tinggal menikmati hasil jerih payah masa muda sambil liburan? Beberapa tips #RencanakanLebih keuangan yang diberikan adalah dengan mengetahui tujuan keuanganmu, apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek, membuat pos-pos pengeluaran, melakukan pencatatan dan self-monitoring setiap pemasukan maupun pengeluaran, bangun portofolio investasi sedini mungkin yang berdasarkan profil risiko, serta melengkapi asuransi untuk melindungi keuangan (asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kerugian). Ia berpesan, “Tulislah sebanyak-banyaknya, berikan karya terbaik, karena karya tidak akan lekang oleh waktu. Pastikan karya kita terjaga dengan baik dengan juga memberikan yang terbaik untuk keluarga. Ketika kita mencintai karya kita, pastikan juga kita mencintai diri sendiri.”
Sesi tanya jawab dengan pasangan traveler Adam dan Susan yang udah mengunjungi 58 negara dalam 6 tahun terakhir ini. Pastinya pada penasaran dong gimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang aku “curi” dari mereka:
  • Selalu hunting tiket promo, destinasinya di mana dan berangkatnya kapan mah belakangan! 
  • Sekalian kunjungi negara-negara di sekitar destinasi liburan kamu. Poin ini lah yang bikin mereka bisa mencapai 58 negara dalam beberapa tahun. 
  • Yang namanya liburan nggak lepas dari biaya, uangnya dari mana supaya bisa liburan terus? Jawabannya: KERJA! Mereka mendapatkan income dari blog mereka/ undangan menghadiri event sebagai guest speaker, kontributor, hingga nulis buku sendiri. Intinya, kita harus memanfaatkan segala kesempatan dan kemampuan kita untuk menghasilkan uang untuk liburan. 
  • Mempersiapkan liburan dengan matang. Bukan berarti tidak bisa fleksibel, tapi sebuah perjalanan harus tetap direncanakan dan diriset untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya tingkat kriminalitas suatu negara atau tingkat ekstrim dari suatu tempat. Menurut mereka asuransi jiwa penting untuk hal ini, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi ketika sedang liburan. 
Last but not least, kita juga mendapatkan tips seputar fotografi dari Yuniadhi Agung. Menurutnya, foto sebaiknya ngga usah direncakan, karena ketika sudah direncanakan dan hasilnya nggak sesuai, kita bakal merasa kecewa. Tidak ada foto yang jelek karena tiap orang punya selera sendiri. Jadi, kalian nggak perlu takut atau khawatir kalo foto kalian “jelek” atau nggak sama seperti foto-foto mainstream di luar sana. Yang penting taste kita tertuang pada foto yang diambil.
Setelah itu, kita ditantang untuk foto bersama grup beranggotakan 5 orang. Sayangnya kelompokku nggak menang. Oh iya! Di akhir acara diumumin 2 pemenang photo competition and guess what, aku adalah salah satunya pemenangnya! Happy banget, uangnya langsung masuk ke tabungan biar bisa liburan lagi taun depan, lol. 
***
Mengingat tips dari @pergidulu di atas soal hunting tiket murah, aku mau ngasih tau kalo lagi ada Kompas Travel Fair di JCC dari tanggal 7-8 September 2018 nih! Dengan pembelian asuransi AXA sebesar IDR 25.000 di http://bit.ly/AXAxKTFBlogComp, kalian bakal mendapatkan tiket gratis  untuk masuk ke Kompas Travel Fair, lho. Happy ticket-hunting ya guys ❤️