Seringkali kita dihadapkan dengan masalah 'sakit tidak pada tempatnya' atau badan kurang fit saat keadaan mengharuskan  kita untuk tetap sehat. Bisa saja ketika kita sedang traveling, mengurus event besar ataupun sedang super sibuk. Yang jelasnya nggak nyenengin banget jika tiba-tiba harus sakit. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan biar tubuh kita nggak jadi sakit. Simak cara-cara berikut ini : 

1. Vitamin C

   Karena Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dia sangat dibutuhkan untuk tubuh. Antioksidan dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit. Dan karena tubuh kita tidak dapat memproses Vit. C sendiri, maka kita perlu menambah Vit. C dari luar tubuh dengan cara memakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C. Cara tercepat yang bisa dilakukan ketika tubuh sedang kurang fit adalah meminum minuman nutrisi yang mengandung Vitamin C atau memakan kaplet vitamin. Namun tidak dianjurkan melakukannya setiap saat. Hanya ketika badan benar-benar kurang fit. Cara yang paling tepat adalah dengan memakan buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

2. Madu

   Madu mampu menjaga vitalitas dan meningkatkan kesehatan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa mengkonsumsi madu alami rutin akan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Madu juga mengandung sumber energi yang sangat diperlukan tubuh sehingga madu akan mengisi stamina kita. Serta madu juga bisa meredakan insomnia dan membuat tidur lebih rileks dan berkualitas.

3. Minum Susu UHT Murni 

    Susu yang sudah di sterilisasi sangat baik untuk tubuh karena mengandung banyak nutrisi. Susu ini bisa menambah kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih segar, tidak gampang terserang penyakit flu dan batuk, membantu menetralisir racun di dalam tubuh, dan membuat badan kita rileks.

4. Jamu Kunyit

    Kunyit merupakan antibiotik alami yang selalu dipercaya oleh masyarakat kita sejak dahulu kala. Sudah dari nenek moyang dahulu selalu percaya pada kunyit untuk mengatasi masalah pencernaan. Cara mengkonsumsinya juga mudah, kupas kulit kunyit lalu kunyit dihaluskan bisa dengan diparut maupun di tumbuk, kemudian airnya diperas dan diseduh dengan air hangat. Untuk khasiat yang lebih baik adalah dengan menambahkannya dengan madu.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangkal badan kurang fit sehingga rutinitas kita tidak perlu terganggu oleh sakit yang secara tiba-tiba. Cara-cara tersebut adalah cara meredakan berbagai macam gangguan kesehatan ringan yang bisa dilakukan saat tubuh kurang fit. Sudah ada yang pernah mencobanya? Tulis pengalamanmu dikolom komentar ya!