Sebagai pecinta make-up, pasti nggak asing di telinga apabila mendengar kata "Micellar Water". Micellar water adalah pembersih wajah berbahan air yang mengandung micelles. Micelles berfungsi sebagai magnet yang dapat menarik semua kotoran. Berasal dari penemu teknologi micelles, Prancis, micellar water kemudian berkembang di berbagai negara lainnya termasuk Indonesia. Barand-brand kecantikan pun banyak yang memproduksi micellar water, dua diantaranya adalah Garnier dan Biore. 

Biore mulai memasarkan micellar waternya yang diberi nama Biore Perfect Cleansing Water di Indonesia sejak bulan Agustus 2018 lalu. Saya pun penasaran dan membeli Biore Perfect Cleansing Water versi Soften Up dan saya bandingkan kinerjanya dengan Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin.

Dimulai dengan kemasan produk, Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin dan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up sama-sama dikemas dengan botol plastik berwarna bening dan dilengkapi tutup botol flip-flop berwarna pink.


Packaging Biore Perfect Cleansing Water Soften Up

Perbedaan pada kemasan dilihat dari bentuk botol Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin lebih lebar dibandingkan dengan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up.


Packaging Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin

Stiker tentang informasi produk pada micellar water keluaran Garnier ditempelkan di bagian depan dan belakang botol, sedangkan untuk brand Biore ditempelkan menutupi seluruh botol kemasan. Tutup botol Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin memiliki tonjolan pada bagian atasnya sedangkan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up tidak. Bagi saya secara kemasan, saya lebih menyukai Biore Perfect Cleansing Water Soften Up, karena kemasannya yang lebih kecil dan tutup botolnya flip-flopnya lebih rapat.

Untuk klaim produk, Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin dapat menghapus make-up tanpa bilas, tanpa mengandung parfum, dan cocok untuk kulit sensitif.


Klaim dan Informasi Produk Lainnya Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin

Sedangkan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up mengklaim produknya dapat menyerap make-up dan sebum sampai ke dalam pori-pori, menghapus make-up dengan mudah tanpa menyakiti mata, dapat mengangkat sel-sel kulit mati, dan memiliki formula yang lembut di kulit. Selain klaim-klaim tersebut, Biore Perfect Cleansing Water Soften Up diformulasikan agar nyaman di kulit didukung dengan beberapa pengujian seperti alergi, opthalmologist, non-comedogenic, natural skin pH formula, alcohol free, fragrance free, dan colorant free.


Klaim dan Informasi Produk Lainnya Biore Perfect Cleansing Water Soften Up

Dari semua klaim-klaim yang diberikan kedua produk, dua duanya diformulasikan untuk kulit sensitif. Tetapi bagi saya, saya merasa klaim dari Biore Perfect Cleansing Water Soften Up membuat saya lebih tertarik untuk menggunakannya sehari-hari.

Pada saat dituang di kapas, Biore Perfect Cleansing Water Soften Up memiliki bau fermentasi ragi sedangkan Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin tidak. Kemudian saya kembali menguji kedua produk dengan merekam di Instastory saya dengan durasi 15 detik untuk menghapus foundation yang memiliki klaim bertahan 24 jam, concealer dengan klaim tahan 10 jam, waterproof eyeliner, waterproof mascara, waterproof pencil liner, dan lipcream. Kedua produk pun saya gunakan untuk membersihkan dengan cara digosok pelan. Hasilnya adalah Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin tidak dapat membersihkan mascara dan eyeliner waterproof secara bersih tuntas sedangkan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up dapat membersihkan semua make-up dengan tuntas. Lalu, percobaannya saya ulangi tetapi hanya untuk menghapus mascara waterproof dengan eyeliner waterproof. Hasilnya, Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin dapat membersihkan dengan tuntas dalam 7 kali gosokan sedangkan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up dapat membersihkan dengan tuntas 5 kali gosokan. Dari keampuhan dapam membersihkan, Biore Perfect Cleansing Water Soften Up juaranya.

Dari klaim-klaim yang diberikan oleh kedua produk, saya hanya meragukan satu klaim dari Biore Perfect Cleansing Water Soften Up yaitu dapat mengangkat sel kulit mati. Karena menurut cosDNA, Biore Perfect Cleansing Water Soften Up tidak mengandung chemical atau physical exfoliator yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain klaim satu ini, klaim-klaim lainnya dari kedua produk adalah benar karena dapat membersihkan wajah dari make-up dan kotoran dan tidak membuat kulit saya yang sensitif menjadi iritasi.

Dari penilaian kemasan, klaim, serta kinerja produk saya bisa menyimpulkan bahwa Biore Perfect Cleansing Water Soften Up lebih bagus daripada Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin. Meski demikian, saya mengalami pahit pada saat membersihkan area bibir jika menggunakan Biore Perfect Cleansing Water Soften Up. Jadi bagi yang tidak suka dengan sensasi pahit di bibir saat membersihkan makeup, mungkin bisa memilih Garnier Micellar Cleansing Water Even for Sensitive Skin.

Jadi, menurut saya Biore Perfect Cleansing Water Soften Up juaranya dalam urusan membersihkan wajah, tetapi untuk kenyamanan masih  pilihan saya. Kalau kamu?