Nah ceritanya ini adalah pengalaman pertama aku traveling sendiri keluar negeri. Gak jauh jauh sih, hanya ke Pulau Langkawi Malaysia saja, berhubung dapat tiket murahnya dari Langkawi airport Malaysia menuju Changi airport Singapura, mau tak mau aku harus browsing sana sini dan tanya sana sini sama teman teman yang udah pernah turun di Changi khususnya di terminal 4 untuk penerbangan Air Asia.

Terminal 4 Changi Singapura

Aku bertanya seperti apa sih Bandara Changi Terminal 4 itu ? dan apakah disana ada MRT ? secara dari terminal 4 rencananya aku mau langsung menuju pelabuhan fery harbour front, agar aku bisa segera kembali ke Batam. Setelah bertanya kesana kemari dan menonton youtube, akhirnya aku tau bahwa terminal 4 Changi merupakan Bandara terbaru di Singapura yang mulai beroperasi pada bulan oktober tahun 2017 , dan disana belum ada MRT, jadi jika ingin naik MRT aku harus ke terminal 2 dahulu.

Ok, dengan berbekal pesan pesan dari kawan dan membaca beberapa artikel mengenai Terminal 4 Changi serta menonton video youtube yang ada, akhirnya pada tanggal 11 September 2018, Air Asia dari Langkawi Malaysia membawaku  sampai ke Bandara yang sangat besar ini. Takjub , kagum, deg degan aku rasakan karena apa yang aku bayangkan sama yang aku jalanin sendiri sedikit berbeda.

Terminal 4 Changi Singapura
Sampai dipintu keluar dari pesawat, aku mulai membaca petunjuk arah kemana aku harus pergi. Aku ikuti petunjuk ARRIVAL , namun pas terbaca toilet pastinya aku mampir dulu dong  tinggalin jejak kecil dulu disana, hehehe. Toilet nya kece weii, bersih sebersih bersihnya, bahkan tissunya aja ada gambar daun gitu. Trus didepan pintu keluar toilet ada mesin yang bisa kita gunakan untuk memberi penilaian terhadap toilet ini, aku kasi exellent deh. Nah tak jauh dari toilet ada air minum gratis, ada trolley yang tersusun rapi,  ada juga mesin wifi agar tamu bisa menggunakan wifi bandara, eaa keren banget ya.

Keluar dari pintu pesawat ikuti petunjuknya utk Kedatangan (Arrival )
Mampir dulu di Toilet
Bersih banget toiletnya
Trolley di Bandara dekat pintu keluar pesawat

Ada petugas Bandara yang akan membantu penumpang memberi petunjuk jalan
Nah setelah itu, aku ikuti petunjuk berikutnya yakni turun kebawah untuk proses imigrasi, namun sebelum stamp pasport aku mengisi form embarkasi terlebih dahulu yang ada tak jauh dari imigrasi, contohnya ada disediakan mereka. Setelah form terisi pergilah ke antrian imigrasi.

Turun 1 lantai di Terminal 4 Changi

Mengisi Form Embarkasi Sebelum Stamp Pasport

Antrilah sesuai Pasport yang dimiliki

Saat di imigrasi paling ditanya, kita penerbangan dari negara mana, dan kemudian ditanya ke Singapura ada urusan apa, karena aku hanya transit saja, dan menunjukkan tiket feryku,  jadi aku gak ditanya macam macam oleh petugasnya, langsung deh dapat stamp dan lewat. Alhamdulillah sampai disini aman.

Setelah keluar dari imigrasi, selanjutnya aku mencari petunjuk lain, dan ketemulah petunjuk untuk ke terminal 2, jadi aku ikuti saja sampai aku menemukan pintu keluar yang ternyata selanjutnya aku harus naik shuttel bus.

Setelah keluar dari imigrasi aku ikuti petunjuk untuk ke Terminal 2 Changi

Ruang tunggu diterminal 4 menuju terminal 2 dan MRT

Shuttle Bus dari Terminal 4 Changi Ke Terminal 2 , Free charge

Setelah Shuttle Bus datang, aku pun buru buru naik, dan menikmati perjalanannya selama kurang lebih 10 menit. Shuttle bus ini tak menunggu penumpang penuh loh, waktunya berangkat ya berangkat walau isi penumpang cuma 10 orang, dan ini free alias gratis.

Terminal 2 Changi Singapura
Setelah sampai di terminal 2 aku pun langsung masuk kedalam, dan lagi lagi mencari petunjuk untuk menemukan MRT. Dari pintu masuk beloklah kekiri sesuai petunjuk (train to city )

Petunjuk dari pintu masuk terminal 2 Changi

Ikuti Petunjuk yang ada logo MRT

Turun tangga menuju Stasiun MRT

Beloklah Kekiri menuju Stasiun MRT

Turun Tangga lagi menuju Stasiun MRT

Tiba di Stasiun MRT, silahkan beli tiket di office dan Machine  atau gunakan EZ LINK

Duduk manislah menunggu kedatangan MRT

Ganti MRT dari pintu keluar sebelah kiri MRT menuju  City
MRT dari changi air port hanya berhenti di 2 stasiun, yakni expo dan tanah merah, nah karena aku mau ke harbour front jadi aku turun di stasiun tanah merah kemudian keluar dari MRT sebelah kiri, dan naik lagi MRT EW4  tujun Outram park EW 16.

Setelah di Stasiun Outram Park EW16 maka carilah petunjuk menuju North East Line (  Line ungu  NE3 ) dan kemudian naiklah menuju Harbour front (NE1 ) setelah itu keluarlah dari MRT dan cari petunjuk menuju Harbour front. Oke perjalanan selesai, waktunya aku check in dilantai 3 counter Majestic Fery dengan menunjukkan tiket fery dan potongan form embarkasi yang aku isi dari terminal 4 changi , dan kemudian menunggu keberangkatan Fery dilantai 2.

Pintu masuk dan keluar dari Stasiun MRT Harbour Front
Taraaa...aku balek ke Batam lagi , dan semoga tulisan ini bermanfaat ya.