Have you ever had romantic dinner with different ambience? Wanna try something new? Such as dinner full of stars while enjoying the night atmosphere like in the sky and jazzy music?
Credit: Alila Hotel
Yap! Semua impian romantic dinner tersebut bisa terwujud. Berlokasi di Solo, Spirit Of Java, suasana romantis dan semenyenangkan itu tersedia di Hotel Alila. Tepatnya ada di Agra, Alila Solo. Agra menjanjikan makan malam romantis untuk maksimal 6 pasangan setiap hari Minggu. Anyway, pekan lalu Agra Alila menyelenggarakan giveaway. Dan, aku nyobain ikutan, doooong. Finally, Dewi Fortuna sedang berada di pihakku. Aku berkesempatan menjadi salah satu dari 6 pasangan yang beruntung untuk mencoba paket romantic dinner Agra Alila ini! I was soooo happy! *brb calling my partner in crime soulmate*
Agra mulai beroperasi pukul 5 sore, so kita bisa santai menikmati sunsetsembari cuci mata melihat pemandangan kota Solo dari ketinggian 29th floor. Well, yeah, I’ve been there before and it’s literally such an amazing view!


Kita bisa lihat kota Solo di berbagai penjuru dan bangunan-bangunannya menjadi seperti miniatur. Ketika senja beranjak menuju malam, semakin bagus view-nya. Kelap-kelip lampu gedung, rumah, dan bangunan lain, serta lampu sorot kendaraan yang berlalu-lalang membuat suasana menjadi romantis dan melegakan. Di samping itu, nggak ketinggalan juga live music beraliran jazz menambah damai suasana. Actually, bisa request lagu juga, loh! Tapi, nantinya lagu itu tetap dibawakan dengan genre pop jazzy gitu. So lovely...
πŸ‘«
Mulai pukul 7 malam, acara romantic dinner dimulai. Di Agra Rooftop sudah ditata meja dan kursi yang didesain sedemikian rupa sehingga membuat suasana romantis semakin terasa. Meja dan kursi tersebut diperuntukkan bagi 6 pasangan. Dan, posisinya saling berhadapan, gitu. *yaiyalah hellowww* πŸ˜‘πŸ˜”πŸ˜ͺ
Lighting-nya pun tidak menyilaukan mata dan juga tidak terlalu gelap. Yet, still kita tetap masih bisa melihat wajah pasangan kita dengan jelas, kok. Apalagi ngelihat makanan yang disajikan. Alright, saatnya kita membahas food and beverage-nya.
Terdapat 5 courses menu makan malam yang siap disajikan dan dinikmati. Western food, fellas.
Credit: Alila Hotel
Menu pertama yaitu Amuse Bouche yang terdiri atas melon, pink lychee, yoghurt, dan parsley. Satu rasa yang langsung mewakili reaksi lidahku: asem. However, setelah itu ada rasa manis dan ada sensasi segernya. Irisan melonnya sangat tipis and I bet aku kalo disuruh bikin bentuk yang kayak gitu juga nggak bakalan berhasil, wkwk. πŸ˜‚
Tampilannya menarik sekali. Sungguhlah ini chef yang bikin pasti memiliki tingkat keterampilan dan kesabaran yang begitu tinggi.
Credit: asedino.com
Next, sebagai starter, yaitu seared scallop, carrot & ginger puree, broccoli, cauliflower. Mari kita terjemahkan terlebih dahulu, sobat lidah jawa. Jadi, ini tuh kerang bakar (?), wortel & jahe kental, kemudian diberi olahan brokoli dan kembang kol. Saat pertama ku gigit scallop-nya, I thought that it was putih telur yang direbus setengah matang. *what?* So ridiculous. Bentuknya kayak butiran gitu dan warnanya putih. Diirisnya gampang banget dan teksturnya kenyal saat dimakan. Meanwhile, brokoli dan cauliflower-nya agak gurih. Tampilannya? Teteeeeppp, menarik hati. Cantik banget.
Credit: misterransel.com
Berikutnya, soup. Terdiri atas beef consomme, sirloin aburi, dan soybean. Daging sirloin yang diiris tipis diberi kuah sup dengan kaldu sapi, terus ditaburi kacang kedelai. Honesty, in my opinion rasanya agak asing (bagiku). Kurang begitu sedap karena too salty. Itu kuahnya, sih. Kalau sirloinnya endeussss bambaaaanggg, shaayyyy. Kedelainya juga enak, gurih, dan nggak terlalu keras. Seriously, Cuma kuahnya yang aku agak kurang sreg. Yeaaaaaa, maybe it’s because lidah jawaku ini terbiasa sama Sop Ayam Pak Min Klaten jadi kebawa-bawa, deh. *apaan sih?*

Lanjuuuuttttt ke main course. Di sini ada dua pilihan menu yang berbeda. Satu, crispy skinned barramundi, spicy dashi sauce, soba, pak choy. Dua, angus tenderloin, rosemary jus, green pea puree, spiced almond. Nah, aku pilih yang ikan (gindara). Sementara, partner-ku dapet yang tenderloin. Bahas dulu menu satu, ya.
Credit: ayodolan.net
Jadi, ini tuh ada ikan yang dipanggang, ditambahi sejenis mie hijau dan sawi, terus dikasih saus yang agak pedas dan asin. Ada keripik kulit yang enak banget. Dan, ada salah satu rempah yang diiris tipis melingkar berwarna kekuningan (apakah ini kunyit?). And, you know what happened? Aku memakannya. OH, WOW. Sensasinya luar biasa, saudaraaaaa! Untung cuma sedikit karena yang kumakan itu hasil irisanku, bukan yang ukuran bulet penuh itu. Baiklah!

Lanjut ke menu dua.
Credit: www.instagram.com/dityatuxlin
Aku nyicipin juga menu yang dimakan partner-ku. Tadinya aku pengen banget suap-suapan, gitu. Kan romantis, shaaayyy. Tapi, apa daya, jarak di antara kami cukup jauh dan tanganku pendek nian, sehingga nggak nyampe ke si doi kalo aku nyuapin. Yaudalahyaaaaaa. πŸ‘Ή
Akhirnya tukeran garpu yang udah ditusukin makanannya. Pas aku ngerasain, WOOOOWWWWWWWW, enaaaakkk banget!!!
Dagingnya juicy. I thought tingkat kematangannya medium rare. Karena diirisnya gampang banget. Kalo well-done bakalan alot. Nah, teruuuussss, green pea pureeyang dicocolin ke tenderloinnya menambah rasa dagingnya makin enak. Aku menyesaaaalll kenapa aku pilih menu yang ikan. Wkwk~ πŸ˜‚πŸ˜­
Credit: asedino.com
Last but not least, the dessert. Ini juga favorit aku bangeeeeettttt! Fix enak banget sampe bikin aku mau nangis, I’m so confused. (Udah sok Jaksel banget, wow)
Dessert-nya terdiri atas white callebaut chocolate, strawberry and basil compote. Teksturnya mild banget, lembut banget, manisnya pas. Potongan cokelatnya juga enak, manis. Buah strawberry yang dijadikan basisbentukan es krimnya juga rasanya manis-asem , gitu. So fresh! I love it!
πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–πŸ’–
Overall, untuk makanannya so good, tampilannya cantik banget even bikin nggak tega buat makannya (wkwkwk) karena plating-nya sebagus itu. Saran saja, nih. Menu makanannya kalau boleh sih ada varian menu lokal juga.
Pelayanannya ramah banget dan cekatan. Tempatnya rapi, cozy, bersih. Ambience-nya bersahabat dan warm.
Untuk paket romantic dinner dikenakan IDR 1.500.000 per couple. Sangat worthy, karena kita bisa mendapatkan makanan yang lezat, suasana yang menyenangkan, dan pelayanan yang memuaskan.
Credit: www.instagram.com/agrarooftop
Agra Rooftop
Lokasi: Hotel Alila Solo, lantai 29. (Jalan Slamet Riyadi No. 562 Solo, Jawa Tengah)
Kontak: (0271) 677 0888
Jam Buka: Senin-Minggu, 5 pm – 1 am

Baca Juga:

PS:
Aku bikin tulisan ini di Clear Up Klaten. πŸ˜€πŸ˜