Kata Om Raka, ini namanya sayur sop-sopan. 

Memang benar sekali, ini adalah salah satu makanan kesukaan saya. Murah meriah, mudah dibuat dan terasa segar. Nah, selain itu sayur ini juga bisa dibuat sesuai selera. Misalkann mau ditambahkan ayam, sapi, makaroni, dll pun bisa.

Di sini yang saya buat adalah sayur campur. Yaitu rebusan sayur yang dicampur-campur isinya hanya sayur. 

Oke mari kita buat:

Pertama belilah sayur sop paketan supaya lebih praktis dan murah.

Bahan:
1 paket sayur sop
1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam/sapi
satu sendok teh lada bubuk
3 siung bawang merah
3 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

Setelah pulang dari berbelanja, panaskan minyak. Lalu tumis bawang merah yang sudah diiris-iris tipis. Anda dapat menyisihkannya untuk dicampurkan terakhir.

Kalau saya, setelah menumis bawang langsung saya tuang air satu setengah liter.

Sambil menunggu air mendidih, cuci semua sayur. Iris wortel, lalu masukkan. Lalu iris kentang, masukkan setelah beberapa saat, secara berurutan masukkan buncis, kol, daun bawang, dan terakhir seledri.

Pastikan memasukkan yang paling keras dulu. Karena paling lama matangya. Namanya juga sayur sop-sopan, dalam membuatnya pun kita harus sopan dengan mendahulukan yang paling lama matangnya.

Seperti dalam kehidupan sehari-hari, kita harus mendahulukan orang yang lebih tua, mendahulukan yang terpentin sebelum yang penting, serta mendahulukan yang kanan dibanding yang kiri. 

Itulah makna sayur sop-sopan ini.

Setelah semua masak dan cukup lunak, masukkan kaldu bubuk dan lada bubuk, aduk perlahan. Matikan api. Angkat dan sajikan. 

Boleh ditaburi bawang goreng, dimakan bersama sambel kecap dan nasi, atau digado juga enak.

Cara memasak tiap orang bisa berbeda.

Selamat menikmati....

#utakutikdidapur