Resep dari Mommy Nuzy yang mungkin beda dari aslinya. Haha.

Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

  • Ati sapi 500gr
  • Air untuk merebus kurleb satu liter
  • 3cm jahe, memarkan
  • 3cm kunyit, memarkan
  • lengkuas secukupnya, memarkan
  • Daun salam 3 lembar
  • Bawang putih satu siung, memarkan
  • Kentang kurleb 400gram, potong dadu
  • Minyak untuk menggoreng 200ml
  • Pete 3 batang atau apa nyebutnya yah, kalau di desaku sih keris. Wkwkwkw.
Sambelnya, haluskan:

  • 7 siung bawang merah atau lebih
  • 3 siung bawang putih atau sesuai selera, saya kurang suka sih bawang putih
  • 250gram cabe merah keriting
  • 13 buah cabe rawit merah
Bumbu tambahan:

  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Gula pasir
Cara membuat:

Belanjalah pagi-pagi di pasar. Beli hati sapi, bumbu dapur, dll. Sepulang dari pasar panaskan panci untuk merebus. Masukan satu liter air ke dalamnya. Masukan hati sapi, potong 2 atau tiga bagian saja. Masukan juga jahe, kunyit, lengkuas, bawang putih, serta daun salam dan satu sendok teh garam. Tutup panci, masak dengan api kecil.

Selama menunggu hati matang, siapkan kentang. Kupas lalu cuci, potong dadu dan goreng hingga berubah warna kekuningan. Kupas pete. Goreng sekejap.

Haluskan cabe dan bawang merah serta bawang putih. Di sini saya menggunakan cobek batu, sekalian olah raga tangan. 

Pastikan hati sudah matang, tidak ada warna merah sama sekali. Siram dengan air dingin. Lalu potong-potong kira-kira sama besar dengan kentang yang telah di goreng.

Panaskan lima sendok makan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan, aduk perlahan. Masukkan satu sendok makan gula pasir. Tambahkan sedikit air, kira-kira 40ml, tuang satu bungkus bumbu kaldu.

Masukan ati yang telah dipotong-potong, kentang, dan pete. Aduk rata. Biarkan sejenak agar tidak terlalu basah dan sambel goreng ati, ready to serve. wkwkwkwk.


Lah, sekian dulu utak-utik di dapurnya... sampai jumpaaaaaa