OH IYA! kenapa bisa jadi lupa gini.....


Hari ini, tanggal 22 Desember adalah hari ibu sedunia. Kenapa sih mesti ada yang namanya hari Ibu? emang penting? terus maknanya apa? Terus kita harus ngerayain gitu?

Hari ibu itu kita bisa memaknainya dengan mengingat bahwa betapa banyak jasa seorang ibu untuk kita. Dari mulai kita masih ada di dalam kandungan selama 9 bulan, sampai besar. Sekarang aku umur 22 tahun, otomatis seorang mama yang ada didalam hidup aku ini udah ngebesarin aku selama 22 tahun.

Hari ibu itu nggak cuma ada ditanggal segitu, kita bisa ungkapin rasa sayang kita setiap hari, dengan kasih sedikit kecupan, sedikit senyuman, dan terutama nggak ngebantah saat dia minta tolong.

Sejujurnya sih aku anak yang males banget untuk bersih-bersih rumah, kadang disaat mama nyuruh untuk bersih-bersih aku pasti akan ngerasa "Aduh males banget" ngeluh dalam hati. Karena untuk bersih sana sini males, dan kadang nyuruh bawa payung atau jaket kalo pergi, gue ngerasa "aduh berat, aduh males pegangnya", dan banyak hal yang kalo aku fikir-fikir "Loh kok iya ya bener juga" itulah kenapa kita harus dengerin kata orang tua.

Apasih makna besar dari hari ibu itu sendiri. intinya kita hanya perlu inget, sesukses apapun kita sekarang, gimana hidup kita sekarang ini. Itu semua berkat doa seorang ibu untuk anak-anaknya. Ya contohnya, aku orangnya jarang sholat (tapi sekarang udah rajin kok suer) dan mama selalu ingetin untuk sholat. dan aku ngerasa "Gimana Allah mau jawab doa dan mau bantu gue disaat susah toh aku aja nggak inget sholat" tapi disamping itu mama selalu bilang "Mama itu selalu berdoa, entah itu abis sholat atau sebelum tidur. Berdoa untuk anak-anak mama selalu sehat, selalu sukses, selalu diangkat derajatnya, lancar rezekinya, dan lancar semua urusanya."

Disitu aku hanya terdiam. Kenapa? karena aku sadar aku yang jarang sholat tapi kenapa doa dan harapan aku selalu dengan gampang dicapai, Alhamdulillah. dan aku sadar itu karena berkat doa seorang mama yang nggak berenti tiap hari dan selalu mengalir untuk aku dan juga anaknya yang lain.

Karena itu kita harus tau bagaimana kita sebagai seorang anak bersikap layaknya seorang anak. Mau sedewasa apapun kita, dan sesukses apa kita, kita tetap butuh dia. Yang nggak pernah ngeluh kalo kita pipis di celana, nggak pernah ngeluh kalo kita main dan baju sampe kotor, nggak pernah ngeluh di jutekin kalo lagi marah, nggak pernah mau nurut untuk minta tolong beliin kecap diwarung, nggak penah ngeluh kita minta gadget yang lagi kekinian, dan nggak pernah ngeluh sama biaya hidup kita selama ini. Itulah kenapa aku bilang kita harus maknain.

untuk hari ini ilangin genggsi for you say "I love you mama" and you will kiss your mom. its better for your mom. Rasanya saat kamu bilang gitu kamu akan ngerasa gila! Aku sama pacar aku ngomong i love you sampe berbusa dan tiap malem tapii kenapa nggak bisa ngomong sayang sama orang yang ngelahirin kamu?

just say I love mom, and its enough. nggak perlu kasih yang muluk-muluk. Tapi, hadiah yang real yang sebernya para mama disana seneng sih, tapi lebih seneng lagi ngeliat anaknya yang udah jadi seorang yang berhasil, dengan gelar yang bisa di banggain, bisa memaknai hidup lebih baik, dan bisa menjadi lebih berguna buat keluarga itu yang terutama.

Aku pun sadar selama 22 tahun ini belum bisa jadi sesuatu yang berharga. belum bisa memberikan apa yang harusnya aku berikan. dan selalu ngeluh untuk ngebantu beres-beres, padahal tiap hari mama selalu masakin aku makanan yang super enak dengan sambel terasi yang mantapnya luar biasa. itulah kenapa aku tau, betapa sayangnya dia sama aku sampe rela untuk anak perempuannya ini bangun siang karena sikap yang kebonya luar biasa dia tetep sabar.



dan untuk itu, ditanggal 22 ini aku mau ngucapin, Selamat hari ibu untuk mamaku tercinta yang selalu support disaat susah, memberikan doa yang tiada hentinya tiap hari untuk aku, selalu ada disaat butuhin, selalu sabar menghadapi anak perempuan yang malesnya bukan main, dan aku akan pertahanin mama aku ini sampe liat punya cucu dari aku, cause i just have you, you can make everything, bisa jadi seorang bapak untuk hidup aku saat ini, dan terimakasih atas kasih sayang, doa dan cintanya....




(eits aku udah ucapin langsung loh dan bukan cuma sekedar ngucapin via medos :p)