Hi gengs! Balik lagi nih sama gue dan ngomongin kopi lagi haha. Postingan gue yang pertama kan udah bahas jenis kopi dari awal nih, nah sekarang gue akan bahas tentang macam – macam minuman kopi. Sekarang ini lagi nge-hits banget nongkrong di café kalau kalian pulang kuliah atau kerja (anak sma juga banyak sih yang nongkrong di café). Ga cuma itu aja, banyak juga lho ternyata yang mulai berbisnis dengan kopi, entah mereka buat café, coffee shop atau hanya sekedar bisnis bikin kopi susu. Nah, biar kalian kalian semua nih yang suka nongkrong di café atau coffee shop salah pesen kopi, boleh loh di intip penjelasan tentang minuman kopi disini:

Caffe Latte
Bahasa ini sebenernya berasal dari italia yang kurang lebih artinya racikan kopi espresso dan susu. Tapi, di Indonesia suka salah tangkap nih, kita hanya akan mencantumkan atau bilang “Latte” saja. Padahal Latte sendiri artinya susu lho kalo di Italia. Hampir di setiap coffee shop pasti menyediakan menu ini, karena bisa dibilang menu ini tuh salah satu kategori minuman yang cukup “aman” buat yang ga terlalu suka kopi. Racikannya akan lebih banyak kopi dibandingkan dengan susu nya. Sebagian barista bilang yang enak itu perbandingan kopi dan susu nya adalah 3:1, tapi sebagian yang lain lebih setuju kalau perbandingannya adalah 4:1. Ternyata minuman ini cukup populer lho di Amerika, dan menjadi salah satu minumannya para barista, karena barista bisa “melukis” diatas minuman ini.
 
Cappuccino
Menu ini juga cukup populer di setiap coffee shop dunia karena masuk kategori cukup “aman” bagi yang kurang suka kopi. Hampir mirip dengan Caffe latte yang terdiri dari racikan espresso dan susu, namun kalau Cappuccino akan menambahkan foam susu diatasnya setebal 2cm. Jadi saat kita minum dari gelas, kadang suka masih ada foam yang tertinggal di bibir hehe..
 
Americano
Kalau kalian suka nonton film atau drama Korea, pasti tidak asing lagi dengan minuman ini deh. Bukan karena Americano berasal dari Korea ya, tapi karena orang Korea suka banget sama kopi dan Americano ini tidak ada campuran susu sama sekali di dalamnya. Yaa bisa dibilang fat free gitu hehe.. Bagi kalian penikmat kopi tapi kurng begitu tahan dengan efek kopi yang kuat, menu ini bisa jadi pilihan lho. Terdiri dari racikan espresso yang ditambahkan air panas yang banyak dan biasanya disajikan di gelas yang besar. Kadang juga malah pakai es batu, jadi Ice Americano deh (persis banyak dipesan di drama Korea haha).
 
Long Black
Banyak yang bilang Long Black coffee itu sama dengan Americano, padahal mirip doing. Long black dibuat oleh orang Australia, dan sangat terkenal di Australia. Perbedaannya dengan Americano adalah urutan penyajiannya, kalau Long Black itu caranya siapkan air panas terlebih dahulu di gelas lalu tuangkan Espresso nya. Nah kalau Americano yaa kebalikannya aja, expresso nya dulu baru dimasukkin air panas deh. Kalo buat gue sih terasa beda nya ya, kalau long black lebih kopi nya disbanding air nya hehe.. Oh iya, Long black biasanya pake kopi Arabica, tapi tergantung barista nya mungkin ya (hanya ini sih masalahnya, gue prefer kopi Robusta soalnya haha)
 
Frappe
Racikan kopi ini biasanya disajikan dingin (belum pernah juga sih ketemu frappe panas haha), nah menu ini lumayan terkenal nih di coffee shop yang hits banget itu di kota kota besar. Frappe sendiri biasanya terdiri dari kopi instan, air, gula dan es batu. Jadi hati – hati ya gengs kalo gamau gendut, jangan minum Frappe terus, soalnya kalori nya lumayan banyak..
 
Frappuccino
Nah, lain lagi nih sama Frappe, kalau Frappuccino itu racikan antara Frappe dan Cappuccino. Hal ini yang membuat Frappuccino kental. Ssst, tau gak sih, racikan Frappuccino itu sebenernya dibuat oleh Coffe Connection di Boston lho! Tapi kemudian dibeli hak cipta nya oleh Starbucks, makanya ga heran ga terlalu banyak coffee shop yang menggunakan istilah “Frappuccino” dalam menu nya.
 
Mochaccino
Sering dibilang kopi coklat, karena Mochaccino adalah hasil racikan yang terdiri dari espresso, susu, coklat (baik sirup atau bubuk) dan busa susu diatasnya. Kalau buat gue sih, kurang oke ya rasanya.. tapi ini personal taste aja lho, gue emang kurang suka kopi yang dicampur campur selain susu dan gula haha (sama air juga deng).
 
Machiato
Machiato adalah bentuk lain dari Caffe latte. Perbedaannya kalau Machiato itu menggunakan foam susu dan bukan susu nya saja. Foam atau buih susu yang dipakai di campuran kopi itu memiliki rasa yang berbeda, tidak terasa gurih atau “bau susu” seperti yang digunakan dalam Caffe Latte. Bisa jadi pilihan nih buat kalian yang kurang begitu suka dengan gurihnya susu, karena Machiato hanya pakai buih susu nya saja.
 
Flat white
Mungkin banyak yang beranggapan Flat white ini mirip dengan Cappuccino atau Caffe Latte. Padahal berbeda lho! Flat White ini diperkenalkan di Australia dan Selandia Baru pada era 80-an, lalu berkembang menyambangi pasar Amerika. Perbedaan terlihat dari rasio campurannya, Flat White menggunakan susu yang lebih banyak dibandikan dengan Caffe Latte atau Cappuccino, dan disajikan hampir tanpa foam. Hmmm rasanya pun juga lebih kuat Flat White dibandingkan Caffe Latte dan lebih lembut dari Cappuccino.
 
Affogato
Bisa dibilang minuman ini tercipta karena kejeniusan orang yang mencampurkan es krim vanilla dan espresso. Iya, Affogato itu hanya terdiri dari 1 scoop es krim vanilla dan 1 shot espresso. Kenikmatan manis dan gurihnya es krim vanilla dicampur dengan espresso yang pahit membuat banyak orang suka dengan menu ini lho.

Espresso
Nah, akhirnya nih kita bahas tentang Espresso juga. Daritadi udah hadir di setiap menu kopi – kopi diatas ya. Espresso merupakan salah satu jenis kopi yang terkenal di Italia, dan banyak banget orang Italia yang suka minum Espresso, bahkan di dunia juga banyak yang suka sih. Sesuai dengan namanya, minuman ini disajikan secara express, atau cepat kepada pelanggan. Dibuat dengan mesin brewing khusus, Espresso dibuat dengan cara biji kopi ditaruh pada mesin brewing, lalu air akan dialirkan dengan tekanan tinggi. Nah terus keluar deh ekstrak kopi kental yang keluar bersamaan dengan air. Bagi kalian yang ga kuat dengan pahitnya kopi atau bahkan ga kuat dengan efek kopi, sangat tidak disarankan untuk membeli atau mencoba menu ini. Nanti yang ada jantung kalian malah berdebar kencang.

Nah, itu adalah sebagian menu minuman kopi yang cukup banyak dijual sekarang ini. Semoga bermanfaat yaa!