Dengan semakin banyak munculnya beauty enthusiast diberbagai sosial media berbanding lurus dengan semakin banyak brand-brand kosmetik, skincare dan beutycare berlomba-lomba untuk mempromosikan produknya di sosial media, salah satu nya melalui kerjasama promosi dengan para beauty enthusiast baik personal maupun komunitas. Banyaknya bermunculan komunitas-komunitas yang mewadahi dan menjembatani para beuty enthusiast, beauty blogger, beauty vlogger dan juga para MUA. Komunitas ini juga banyak memiliki projek-projek kerja yang ditujukan untuk menggali dan mengembangkan skill para member, tidak hanya membahas mengenai kecantikan tapi juga banyak pembahasan mengenai writing, videography, share tentang event , diskon  dan juga berbagi review produk kecantikan maupun skincare. Dan sekarang mulai ada terobosan baru yang dipelopori oleh brand purbasari indonesia. Pada akhir bulan Juli lalu purbasari mengadakan event Purbasari Influencer Academy, acara ini ditujukan untuk para beauty enthusiast dari dunia blogger dan juga vlogger, event ini diadakan di kota-kota besar di Indonesia dimulai dari kota Jakarta.


Seperti kita ketahui Purbasari merupakan salah satu brand lokal yang kualitas nya baik dan juga harga yang sangat bisa dijangkau oleh para wanita khususnya para beauty enthusiast maupun bagi pemula yang suka dengan dunia makeup. Purbasari Influencer Academy dimulai dengan event pertama di Jakarta pada tanggal 21 Juli 2018, event ini dihadiri oleh komunitas beauty enthusiast dan juga dihadiri oleh para blogger dan vlogger. Aku menjadi salah satu peserta yang hadir diacara tersebut bersama teman-teman dari komunitas Jakarta Beauty Blogger.



Acara ini diadakan di sebuah kafe didaerah Kemang Jakarta Selatan. Konten acara ini sangat menarik dengan diawali dengan workshop tentang kepenulisan (writing) yang dibawakan oleh kak Temi Sumarlin (Founder & CEO of Scarf Media). Kak Temi membeberkan bagaimana cara menulis blog yang baik, dimulai dari bagaimana influencer harus memiliki ide yang bagus sebelum memulai menulis, menurut kak Temi "Ideas is the most important in writing" dan aku sangat setuju dengan itu, Ide bisa datang dari mana saja namun kebanyakan hadir dari life/self experience, pengalaman orang lain , lingkungan, imaginasi dan lainnya. Tidak hanya ide yang menarik ya tapi ide juga harus dan perlu di upgrade agar menulis tidak monoton, cara mengupdate skill bisa melalui membaca, menonton, melihat sekitar kita, workshop dan practise everyday. Karena sebagai influencer harus memiliki ide-ide terbaru dan kekinian yang tidak hanya memberi inspirasi tapi juga harus bermanfaat.
workhsop tentang writing ini diakhiri dengan lomba menulis dengan tema yang ditentukan oleh kak Temi dan para peserta diberi waktu 10 menit untuk menulis dikertas dan dikumpulkan untuk langsung dinilai oleh kak Temi.




Selanjutnya di workshop kedua ada beauty class bersama Kak Andreas Lukita (Alpha Makeup). Kak Alpha atau lebih sering di panggil papita ini memaparkan tentang bagaimana membuat look makeup yang menggunakan produk-produk dari purbasari. Bisa dibilang ini membuat look menggunakan one brand makeup tutorial, kita mendapatkan tips-tips makeup langsung dari beliau. Seperti hal nya kelas menulis di kelas makeup ini para peserta difasilitasi pihak purbasari dengan produk-produknya untuk digunakan dalam mengikuti beauty class. Di sesi akhir kak Alpha keliling ke meja-meja peserta untuk memilih the best makeup dari peserta untuk dijadikan pemenang dengan hadiah sebuha ringlight, satu set perhiasan dan juga produk dari purbasari Indonesia.



Workshop terakhir dalam acara tersebut adalah fotoghrapy class yang dibawakan oleh kak Hirro Hary seorang fotograper muda Indonesia. Kak Hirro memaparkan teknik menghasilkan foto dan juga cara mengedit foto meski dengan menggunakan handphone agar hasilnya bagus dan eyecatching. Dalam workshop ini pun peserta diinfokan mengenai istilah photoghrapy basic beserta contoh-contohnya. Salah satunya pembahasan tentang framing atau teknik pengambilan gambar. Di akhir acara peserta di fasilitasi properti untuk ikut lomba photoghrafi yang diadakan oleh purbasari tentunya, konten foto nya harus memuat produk-produk purbasari, disini kita diminta untuk membuat display produk dari ide sendiri kemudian hasil foto dipublikasikan di instagram dengan menggunakan hastag khusus dan juga men-tag akun sosmed purbasari Indonesia.



Di akhir acara team purbasari dan seluruh peserta foto bersama, foto bersama ini aku ga sempat mengabadikan dengan kamera pribadi. Intinya so far acara ini bagus meskipun ada hal-hal teknis yang sempat membuat kami khususnya peserta dari JBB akhirnya memberikan kesan dan pesan acara tersebut langsung disampaikan ke pihak penyelenggara untuk dijadikan bahan evaluasi bersama. Semoga next event akan semakin baik dan makin keren. terimakasih yang sudah mampir dan membaca blog ku semoga pengalamanku ini bermanfaat dan informatif ya. Wassalam.