Memilih asuransi kendaraan tentunya harus teliti, selain proses pengajuannya yang mudah pastinya klaimnya juga harus bisa dilakukan dengan mudah. Nah saya mau berbagi informasi mengenai salah satu asuransi mobil yang ada di Indonesia, yang semoga bisa menjadi solusi atas solusi kendaraan di rumah.

Asuransi bisa didefinisikan sebagai perjanjian antara dua pihak atau lebih dimana pihak penanggung tersebut mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, agar memberikan pengganti terhadap tertanggung karena kecelakaan kerugian atau kehilangan keuntungan yang bisa diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau juga untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Manfaat  Asuransi Kendaraan

Salah satu cara untuk meminimalkan resiko kerugian pada saat terjadi kecelakaan di jalan adalah dengan mengasuransikan kendaraan.

1. Untuk memberikan perlindungan dari kerugian akibat kejadian tidak terduga, bisa karena tabrakan, kehilangan akibat dicuri dan lain-lain.
2. Membantu perencanaan keuangan, saat membutuhkan biaya untuk perbaikannya.
3. Memberikan rasa aman

4. Perlindungan lebih,  terhadap  perbaikan ( asuransi all risk ) atau penggantian unit kendaraaan ( asuransi TLO )
5. Mendapatkan layanan tambahan, misalnya  fasilitas hotline 24 jam, derek mobil, mobil pengganti.

 

Premi

harga premi , biasanya berdasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu:

1. Jenis dan harga Kendaraan

Jenis kendaraan umumnya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kendaraan non bus dan non truk, kendaraan bus dan truk, dan kendaraan roda dua. Pembagian berdasarkan jenis kendaraan ini berlaku untuk produk asuransi Total Loss Only (TLO) dan All risk.

Semakin mahal harga kendaraan , semakin mahal premi yang dibayarkan.

2. Wilayah Pertanggungan

Wilayah pertanggungan dibagi menjadi 3 bagian, yakni wilayah 1 yang mencakup Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Bengkulu, dan Jambi. Wilayah 2 mencakup Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Bogor, Purwakarta, Karawang, Subang, Garut, Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, dan Banjar. Serta wilayah 3 mencakup wilayah-wilayah yang tidak tercakup pada wilayah 1 dan 2. Pertimbangan ini juga berlaku untuk produk TLO dan All Risk.

3. Umur Kendaraan

Fasilitas dan aturan asuransinya juga berbeda-beda tergantung  perusahaan asuransinya. Semakin tua umur kendaraan, biasanya harga preminya akan lebih mahal. Aturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) , ada penambahan 5% per tahun untuk setiap kendaraan yang sudah berumur di atas 5 tahun dan hanya berlaku untuk jenis asuransi All Risk.

Jenis Asuransi Kendaraan

Asuransi Mobil All Risk:

All risk (‘segala risiko’). Asuransi yang membayar klaim untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan.

Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only):
Total Loss Only (TLO) berarti “hanya (jika) kehilangan total”. Klaim asuransi hanya dapat diajukan jika  terjadi ‘kehilangan total’.

Dalam asuransi mobil, yang dimaksud kehilangan total itu adalah kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan pencurian ataupun karena perampasan. Premi asuransi TLO lebih rendah dibandingkan asuransi mobil all risk.

Jika harga mobil kita mahal, jika dalam kondisi rusak, atau mobil sering dipakai jalur padat sebaiknya kita memilih all risk, untuk meminimalisir resiko tabrakan atau kecelakaan.

Biasanya dalam proses pengajukan klaim asuransi mobil, dibutuhkan :

Dokumen Kecelakaan:

Formulir klaim yang sudah diisi
Fotokopi polis asuransi mobil
Fotokopi SIM
Fotokopi STNK
Surat keterangan dari kepolisian setempat

Dokumen Tanggung Jawab Pihak Ketiga (Bila Ada)

Surat pernyataan ganti rugi dari pihak ketiga
Surat pernyataan tidak adanya asuransi
Fotokopi SIM, KTP, dan STNK
Surat keterangan dari kepolisian setempat

Kenapa Pilih Asuransi Online :

  • Proses dilakukan secara online, mulai dari transaksi, proses aplikasi, update status dan pengecekan dilakukan secara online (dalam sistem yang terintegrasi) sehingga dapat menghemat waktu
  • Biaya polis lebih murah
  • Banyak produk yang tersedia secara online: Kita bisa memliih dan membandinhkan produk-produk asuransi yang ada
  • Website asuransi yang menarik dan lengkap
  • Bisa melakukan  akses review produk, melihat testimoni pengguna yang telah menggunakan sebelumnya

Raksa Online

adalah Asuransi Mobil dari Asuransi Raksa Pratikara , sejak  1975 dengan mottonya  “BIJAKSANA DAN TEPERCAYA”. PT Asuransi Raksa Pratikara telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

RaksaOnline adalah  situs resmi dari PT Asuransi Raksa Pratikara (www.araksa.com) untuk  memberikan kemudahan bagi nasabah Raksa untuk membeli produk asuransi secara online.

Asuransi Kendaraan Raksa Online

Dengan RaksaOnline, proses pembelian produk asuransi mobil menjadi semakin cepat dan praktis. Cukup menggunakan gadget dan membuka situs www.raksaonline.com, perhitungan premi secara cepat dapat diketahui , tanpa harus menghubungi bagian marketing.

Cara Menghitung Premi Raksa Online

  • Buka situs www.raksaonline.com dari browser , klik kotak Simulasi Premi
  • Lengkapi data kendaraan dan jenis asuransi yang diinginkan, klik tombol merah Cek Premi
  • Akan muncul  detail besaran preminya
  • Isi data pribadi Anda dan survey penutupan asuransi kendaraan bermotor
  • Submit
  • Tunggu summary dari perhitungan premi dan data survey kendaraan kita.
  • Tunggu dihubungi oleh Marketing kami untuk penjelasan prosedur selanjutnya
  • Jika survey kendaraan telah dilakukan dan dokumen persyaratan telah dilengkapi,  polis akan dikirimkan dalam jangka waktu 7-10 hari kerja setelah proses konfirmasi cover polis.

Ketentuan :

  • Untuk mobil CBU dengan tipe tertentu. Jaminan “Comprehensive” diberikan untuk mobil dengan usia maksimal 5 tahun.
  • Untuk mobil selain dari ketentuan nomor 1 maka jaminan “Comprehensive” diberikan untuk mobil dengan usia maksimal 8 tahun.
  • Jaminan “TLO (Total Loss Only)” diberikan untuk mobil dengan usia maksimal 15 tahun.
  • Usia Kendaraan diatas 5 tahun untuk Jaminan Comprehensive, akan dikenakan premi tambahan dengan nilai sekurang-kurangnya sebesar 5% per-tahun.
  • Khusus untuk Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), RaksaOnline tidak menyediakan perluasan jaminan untuk risiko banjir, angin topan, dan badai. Perluasan dapat diberikan dengan mempertimbangkan hasil survey.
  • Pembayaran akan di proses setelah dilakukan survey dan mendapatkan persetujuan dari pihak asuransi.

Pembayaran Premi

Selain transfer melalui OCBC NISP, STANDARD CHARTERED BANK, BANK MANDIRI, BANK CENTRAL ASIA. Pembayaran bisa juga  melalui kartu kredit , dengan mencantumkan Nomor Polis, Nomor Nota debit/kredit dalam setiap pembayaran.

8 LAYANAN RAKSA ONLINE

Raksa Gold Club
Untuk nasabah Raksa yang mengasuransikan kendaraannya dengan nilai pertanggungan di atas US$ 70.000.
Fasilitas :

1. Claim Progress Report

2. Personal Assistance

3. Comfortable Room

4. Reflexology

5. Snack and Beverage

6. Manicure and Pedicure

7. Priority Authorized Workshop

8. 24 Hour Customer Care

9. 24 Hour Towing Service

10. 24 Hour Emergency Quick Service

Raksa Silver Club
Untuk nasabah yang mengasuransikan kendaraannya dengan nilai pertanggungan di bawah US$ 70.000. Fasilitas di Raksa Silver Club (RSC), mulai dari ruang klaim yang nyaman dan eksklusif, minuman hangat, kursi pijat refleksi, undian berhadiah langsung, pelayanan nasabah 24 jam, dan Raksa Emergency Quick Service 24 jam.
Raksa Mobile Club
Pengajuan klaim asuransi mobil dari tempat terdekatnya, melalui Gerai armada RMC , mulai dari hari senin hingga jumat, dengan jam operasional :
Kelapa Gading (LotteMart Wholesale) : 10.00-15.30

Meruya (Parkir Gedung House of Blessing, Atria) : 10.00-15.30

Cibubur (Plaza Cibubur) : 10.00-15.00

Hotline Service
Bengkel Rekanan
Pelayanan Derek

Derek 24 jam Raksa membantu tanpa ada pungutan biaya. Tersedia untuk wilayah Jabodetabek, dengan batas operasi :

Jakarta : Seluruh wilayah Jakarta

Bogor : Masjid besar Puncak

Depok : Sawangan

Tangerang : Pintu Tol Balaraja Barat

Bekasi : Pintu Tol Cikarang Barat

Fasilitas derek dalam jam kantor juga tersedia bagi nasabah di wilayah Surabaya dan Bandung

Raksa Emergency Quick Service
  • Fasilitas yang membantu saat keadaan darurat saat perjalanan, seperti kerusakan mesin, ban kempes, dan lain-lain.
  • Petugasnya menggunakan armada sepeda motor
Kemudahan Klaim

Proses klaim asuransi kendaraan bermotor bisa dilakukan di  jaringan kantor cabang dan pemasaran di seluruh Indonesia.

Kantor pusat di Wisma BSG Jakarta Pusat, 7 kantor cabang dan 11 kantor pemasaran.

 

Claim & Customer Care (24 Hours)
0858 8555 8555 , (021)722-6865

https://raksaonline.com/

Ref :

www.cermati.com/artikel/pentingnya-asuransi-kendaraan-untuk-anda

https://www.cermati.com/asuransi-mobil