Hai guys!! kali ini aku mau nyeritain dari awal gimana aku bisa gemuk sampai akhirnya bisa nurunin berat badan hingga 17 kg. dulu sebelum aku mengalami kegemukan, berat badan ku kira-kira 52 kg dengan tinggi badan 160 cm. itu jaman SMA ya, baru masuk SMA. (maap banget nih girls, file - file semasa aku masih SMA gitu udah gak ada lagi, hilang, gak sengaja kehapus, jadi aku gak bisa liatin gimana aku saat awal masuk SMA dulu).

naaah... aku tipe orang yang suka banget jajan, ngemil. jadi sejak kelas 2 SMA, tiap hari aku bisa beli choki choki perharinya 10 buah. parah kan? sampe diketawain sama guru bahasa jepang aku. gak itu aja, dirumah aku lagi senang makan roti pake selai cokelat kayak nutella, ceres yang beda - beda warna tutupnya. aku merasa gak ada masalah, aku gak merasa ada perubahan yang terjadi di badan aku, merasa keberatan badan juga enggak. sampai akhirnya aku kuliah. semester pertama, foto - foto sama temen - temen kan, aku baru sadar kalau aku itu udah gendut banget. sampai disitu aku belum juga ngukur berat badan ku.

tibalah saatnya dimana aku tertarik sama lawan jenis. sebelum-sebelumnya juga tertarik, tapi tidak seperti saat kuliah ini. begitu banyak proses akhirnya yang aku suka itu jadi pacar aku. dia mau nerima keadaanku yang masih buluk wkwk, gendut, dekil, gak banget deh pokoknya. secara fisik pacarku tergolong laki-laki yang diatas rata-rata. malah saat - saat itu aku yang merasa malu, dengan pikiran-pikiran orang yang mungkin saja ngomong "cowoknya ganteng banget, tapi sayang kok ceweknya gitu, kok mau?" ya seperti itulah.

sebelum lanjut, inilah penampakan ku saat awal tahun kuliah, dengan berat badan 64 kg.


Akhirnya aku memutuskan untuk diet. aku memang gak suka banyak makan nasi, paling kalau makan, nasi itu hanya satu setengah sendok nasi. tapi kurangin ngemil ini loh yang susaaaaah -_-"
aku coba dalam sehari paginya sarapan oatmeal yang biasanya sarapan mie atau lontong atau nasi goreng, jam 10 makan buah, siangnya makan nasi lengkap, sore jam 4 buah atau biskuit, jam 6 nya makan lengkap lgi tapi porsi dikurangi dari makan siang tadi. setelah itu gak ada makan apa - apa lagi sampai pagi.

sebulanan seperti itu, aku tidak merasakan perubahan, yang aku rasakan hanyalah selera ku yang tertahan, tidak makan gorengan, begitu juga snack - snack ringan. cokelat dan ice cream pun aku hindari.
sampai akhirnya aku membuka youtube, lalu mencari cara untuk menurunkan berat badan. aku menemukan tayangan Dr. OZ yang membahas diet OCD dari Deddy Corbuzier. diet yang memiliki jendela makan. sama halnya seperti puasa. jika didengar - dengar diet OCD itu sangatlah berat dan berbahaya, namun aku bertekad untuk mencobanya. aku memilih untuk mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 sore, selain itu aku hanya bisa minum air putih saja. buah atau sayur sedikit pun tidak boleh. 3 hari aku jalankan diet seperti itu, alhamdulillah aku gak merasa efek negatif ya, malah pencernaanku lancar, perut tidak sakit sama sekali. awalnya aku mikir gak bakal ada yang berubah, trus aku nyoba buat ukur. tau apa yang terjadi? berat badan ku turun 2kg. ya, dalam 3 hari turun 2 kg. dari situ aku mulai semangat, aku merasa mudah menjalankannya karena aku masih bisa memanjakan seleraku, namun dalam batas wajar.

kira - kira selama 3 bulan dan tidak begitu rutin, aku bisa menurunkan berat badan hingga 47 kg. itu pun selain diet aku juga ikut kegiatan dance, memang hobi dan tanpa sengaja sudah membantu penurunan berat badan ku.
begini lah disaat aku memiliki berat 47 kg.



beda banget kan!! dari yang bulet banget, jadi berbentuk dan kecil, dari yang chubby banget kek lagi ngunyah apa, jadi tirusan. oh iya fyi, selama diet itu aku juga udah perawatan kulit juga. ya aku jadi sangat amat memperhatikan penampilan. alhasil aku jadi makin pede untuk mengekspresikan diri.

hingga sampai diriku yang sekarang udah tau banget sama yang namanya Makeup, walaupun makeup itu hanya untuk acara - acara aja, kalau gak ya hanya memakai skincare dan lipstick biar keliatan segar.


Nah gitu deh cerita aku yang dari dekil banget gak terawat, gendut banget, jadi kayak sekarang. oh iya, udah bertahun - tahun aku udah gak terlalu dietan lagi, sempat naik sampai 56kg dengan waktu yang lamaaaa banget, terus diturunin lagi dan tetap jadi 53kg.

Ada yang ngalamin hal yang sama kayak aku? yuk sharing, bisa tanya - tanya juga. tinggal komen yaaaa ^^