Hallo girls kali ini aku menceritakan pengalaman mengunakan salah satu produk skincare berdasarkan pengalaman narasumber yang memakai produk “Hada Labo”. Pertama-tama aku cerita dulu nih awal mulanya kenapa narasumber kita tertarik sama produk ini, dan kenapa wajahnya bisa dikatakan memburuk, setelah mengunakan produ kini. So check it out....
 
_______________________
               Ini bermula sejak aku kelas 11 SMA dan peralihan mau ke kelas 12 sekitar tahun 2014. Aku liat iklan di tv nih tentang produk Hada Labo untuk wajah yang membuat wajah putih bersih, sehat dan anti alergi katanya. Nah mumpung aku suka produk-produk Jepang gitu ya jadinya tertarik deh sama Hada Labo ini. Trus kulit aku kan emang dasarnya putih jadinya pasti cocok dong sama produk ini. So aku nyari-nyari di internet tentang info produk Hada Labo ini. Oke setelah aku nyari dinternet aku nemu beberapa varian Hada Labo, kebetulan kan nyokap aku ultah jadi aku langsung beliin juga Hada Labo yang untuk mengatasi penuaan kulit yang warnanya merah namanya Hada Labo Starter Pack Gokujyun α (alpha) 20g terdiri dari Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash, Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Lotion dan Gokujyun Alpha Ultimate Anti Aging Milk. Kalo buat wajah aku belinya Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash.


               Oke beberapa lama aku Makai  Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash ini rasanya gak ada yang aneh malahan kulit wajah aku jadi semakin kenyal gitu. Aku baca di produknya juga membantu untuk menjaga kelembapan wajah dan mampu menahan air di kulit wajah gak kering. Wahh… pas banget nih sama deskripsi produknya sama hasilnya.

               Singkat cerita saat Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash aku habis, aku mau beli lagi nih. Tapi maunya beli produk yang bisa memutihkan kulit secara yang fashing wash tadi hanya bisa melembabkan dan mencegah kulit kering doang dan beralihlah aku ke produk Hada Labo yang warnanya biru. Saat di tokonya fashing washnya habis adanya tinggal yang sepaket kecil aja namanya Hada Labo Starter Pack Shirojyon Whitening 20g didalamnya ada Shrojyon Ultimate Whitening Face Wash, Shrojyon Ultimate Whitening Lotion dan Shrojyon Ultimate Whitening Milk lengkap deh meskipun ukurannya mungil.

               Beberapa hari makai Hada Labo biru kulitku rasanya jadi lebih lembut tapi kalo memutih sih gak terlalu banyak perubahan. Kira-kira lebih dua mingguan aku pakai dan Hada Labo biruku tinggal sedikit. Eh tau-taunya nyokap gue gak makai lagi tuh Hada Labo merah Hada Labo Starter Pack Gokujyun α (alpha) 20g katanya gak cocok sih. Dalam hati ini masih banyak dan sayang kalo dibuang aja, kan belinya pakai uang juga.maklum lah masih pelajar waktu itu… hehe…


               Jadi aku coba-coba nih Hada Labo merah Hada Labo Starter Pack Gokujyun α (alpha) 20g punya nyokap aku (terserahmau bilang apa gw aja g habis pikir kok bisa mikir gini). Awalnya sih gak kenapa-kenapa. Cuma setelah beberapa hari makai muka aku jadi mulai mengering gitu permukaannya trus lama-kelamaan bersisik. Tapi gak di keseluruhannya Cuma di bagian bawah mata sama pipi aja. Trus aku nanya sama nyokap aku ada apa sama wajah aku yang dulunya lembut dan mulus tiba-tiba berubah dalam hitungan hari jadi gersang gini. Trus aku disuruh stop dlu makai produk Hada Labo saat itu.

               Setelah aku stop mengunakan Hada Labo kirain segera sembuh wajah aku taunya malah tambah parah. Wajah aku yang semula kering dan bersisik tiba-tiba jadi menghitam gitu. Besar banget di pipi sebelah kanan aku. Dengan rasa malu sih tapi aku tetap sekolah seperti biasa. Walaupun banyak teman-teman yang nanya kenapa muka aku. Hikksss….

               Setelah itu aku jadi coba-coba pakai yang alami seperti mentimun, rasanya segar pakai masker mentimun tapi gak ngaruh sama wajah aku. Trus aku coba lagi pakai tomat. Entah apa pikiranku saat itu memakai masker tomat secara kan kebanyakan orang makai mentimun atau jeruk nipis atau yang lainnya. Kalau jeruk nipis sih aku gak berani soalny sebelum makai Hada Labo aku pernah pakai jeruk nipis dan perih banget kalo sebelum kering dan bersisik aja perih apalagi kalo gini. Sedangkan kena air biasa aja perihnya minta ampun.

               Saat aku makai masker tomat rasanya itu perih ya hampir sama lah dengan makai jeruk nipis ternyata. Tapi yang membedakan antara keduanya saat pakai tomat itu rasanya punya sensasi gatal gitu dikulit. Trus aku diamin hingga mengering deh. Seusainya aku bilas dengan air alhasil kulit bersisik di wajah aku mengelupas. Warna hitam dipipi aku memudar dan tinggal kemerahan aja. Hingga sembuh aku Makai tomat aja buat wajah dan gak berani Makai produk lain. Nah setelah betul-betul sembuh aku mulai mencari-cari produk yang lembut dan minim banget bahan kimia. Sampai-sampai aku pernah pakai sabun bayi yang cair untuk sabun wajah dan makai brand lokal aja itupun hanya pembersih dan akhirnya menemukan fashing wash yang cocok.

               Empat tahun kemudian setelah fashing wash aku habis, aku kembali tergiur untuk menggunakan Hada Labo lagi. Parahnya aku mengira penyebab kulit wajahku kering, bersisik dan menghitam karena Hada Labo merah yang Starter Pack Gokujyun α (alpha). Jadi aku berpikir untuk menggunakan Hada Labo biru lagi Starter Pack Shirojyon Whitening. Beberapa hari aku menggunakannya tidak ada masalah. Setelah seminggu muncul gejala seperti benjolan kecil dikulit wajah aku dan setelah terbuka berubah seperti luka yang tak kunjung sembuh dan jika sembuh bekasnya berubah menghitam. Awalnya aku hanya mengira gatal biasa dan kuteruskan menggunakan Hada Labo lagi. Namun benjolan kecil itu muncul dimana-mana, awalnya dileher kemudian di dahi seterusnya seluruh wajah. Akhirnya aku betul-betul tidak menggunakan Hada Labo lagi. Namun, karena produk Hada Labo ini merupakan produk yang mampu meresap ke dalam kulit, jadi tidak langsung hilang efeknya malah efeknya bertambah parah pasca sebulan aku menghentikan pemakaian.

               Hasilnya wajah aku yang semula mulus dan halus menjadi kering dan bersisik, bagian pipi dibawah mata menghitam sama seperti sebelumnya. Bahkan kelopak mata ku menjadi bengkak. Nah karena kebiasaan aku makai fashing wash itu diseluruh wajah hingga bisa dibilang sekitar area wajah juga dekat rambut, leher hingga telinga.. what telinga? Ya, mungkin aku beranggapan bahwa jika makai   ditelinga juga kan komplit putihnya. Hehe..

               Awalnya muncul dileher sebelah kiri aku trus ke wajah bagian dibawah mata, berlanjut ke ketelinga kanan. Pokoknya gak bersamaan gitu dampaknya. Kaya sedikit-sedikit gitu, diarea tertentu dulu. Pokoknya parah banget sampai-sampai hendak ke dokter kulit. Tapi aku tahan soalnya kan mahal (pikiran anak SMA)… hehe..

               Enam bulan berlalu dampak Hada Labo masih belum hilang. Aku coba minum produk yang mengandung vitamin e untuk kulit walaupun hanya ada sedikit hasilnya. Aku coba gak makai apa-apa Cuma bedakan aja tiap mau kemana-mana. Tiba-tiba teringat semasa empat tahun silam aku menggunakan tomat untuk menyembuhkannya. Oke deh aku pakai lagi siapa tau berhasil. Dan ternyata setelah aku menggunakan masker tomat beberapa hari setelahnya kulit aku yang menghitam di bawah mata dekat pipi jadi agak mendingan. Namun, setelah pakai tomat jadi memerah gitu dan lama kelamaan jadi agak putih deh. 

             Aku Makai tomat itu dari tanggal 13 Juli ini hingga tanggal 14 Agustus walaupun gak tiap hari juga makainya. Perubahannya drastis banget dari yang semula hitam jadi sisa dikit aja hitamnya tinggal beberapa area aja dipipi ku tapi bekas-bekasnya masih banyak kaya bintik-bintik bekas jerawat gitu, dan sisa kulit bersisik aku tinggal dikit deh. Tapi bekas menghitam dipipi itu masih keliatan beda dari warna kulit wajah lainnya.

             Dari tanggal 15 Agustus hingga tanggal 24 Agustus aku gak makai tomat .Tapi ternyata wajah aku malah tambah bersisik lagi dan di leher aku timbul benjolan kecil-kecil lagi jadi besoknya aku pakai tomat lagi seperti biasanya dan kalo aku pakai tomat, aku stop dlu pakai produk lain diwajah aku. Mungkin oleh efeknya belum selesai ya jadinya gak berani dulu makai produk lain. Alhasil masih belum ada perubahan dengan wajahku, bahkan saat pengalaman ini ditulis hiks…
Nah itulah pengalaman nyata dari salah satu nerasumber yang lainnya dalam mengunakan menggunakan produk Hada Labo. Tulisan ini tidak bermaksud menjelek-jelekan produk tertentu ya Girls. Efek peggunaan skin care atau kosmetik beda-beda tiap orang dan tergantung jenis kulit juga. Jadi ibaratnya cocok-cocokan aja sih. So, bisa jadi pengalaman dari narasumber kali ini merupakan efek samping dari pengunaan skincare yang tidak cocok.
________________________

            Nah, semoga Girls yang membaca pengalaman ini bisalebih berhati-hati ya dalammemilih skincare untuk digunakan. Buat girls yang mau menceritakan pengalamannya dalam mencoba skincare atau makeup dan ingin ceritanya ditulis juga yuk kontak aku di @selvia.aya@gmail.com. Girls juga bisa berbagi pengalaman dikomentar agar bisa saling berbagi dan menambah pengetahuan baru satu sama lain.
See you in the next article….

Note: Penulisan ini telah mendapat persetujuan dari narasumber
Oleh : Selvia Vurwatie Novia