Menjadi anak kuliahan, ngerjain tugas dengan wifi yang kenceng merupakan sebuah keharusan bagi gue. Apalagi jurusan sosial tugasnya biasanya nggak jauh-jauh dari presentasi, paper, resume, dan segala hal yang emang menuntut untuk nyari bahannya di internet --biar gampang.

Berhubung di Malang banyak banget tempat-tempat nongki sehingga jadinya bingung kalo mau nyoba-nyoba juga kelamaan, di sinilah kehadiran gue untuk ngasih kalian rekomendasi. Lima tempat ngerjain tugas dan kegiatan lain yang membutuhkan wifi kenceng dan tempat yang nyaman semoga aja bisa ngebantu yaa.

Sebenernya, kosan gue udah nyaman banget sih. Koneksi internetnya uda kenceng juga. Tapi buat kalian yang nggak se-beruntung gue, mungkin pilihan cafe di Malang dibawah ini akan sangat bermanfaat. Ditambah, bagi orang yang suka bosen kalo ngerjain di tempat itu-itu mulu atau emang lagi butuh tempat buat meeting atau kegiatan lainnya, pilihan yang tepat kalian baca artikel ini (haha).

So, langsung aja kali ya.

#1: Sanger 
Alamat: 
Jl. Bunga Coklat No.3, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

Jam buka: 10.00 - 02.00

Sanger ini tempatnya agak kecil dan tinggi gitu. Jadi kadang keselip kalo pas lewat tapi ga fokus (haha). Tempatnya lumayan enak sih. Tapi seringnya gue kesini kalo tempat lainnya lagi penuh atau tutup. Jadi cuma buat pelarian aja #hmm.


Biasanya sambil ngerjain tugas gue pesen Es Mentimun disini. Harganya Rp. 10.000 kalo nggak salah. Menu andalannya sih kopi karna emang menonjolkan gayo Aceh sih. Selain itu, menu makanannya isinya juga makanan khas Aceh.

Kekurangannya kalo menurut gue tempatnya agak gelap. Kebetulan aku biasanya di lantai satu sih. Terus kadang ada yang ngerokok, jadinya gue males.

Kenyamanan: 2.5/5
Keramaian: 4/5
Harga Makanan: 4.5/5 


#2: MAXX CORNER MATOS
Alamat:
Matos Mall
Jl. Veteran No. 2, Penanggungan, Klojen, Penanggungan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65145

Jam buka: 09.00-21.30

Wah, ini enak sih. Cuma karna lumayan jauh dari kos jadinya kadang mager kalo mau kesini. Meja kursinya tuh ada yang satu-satu gitu lho. Meskipun ada yang buat ber-empat juga sih. Berhubung gue kalo ke tempat ini selalu sendiri, jadi emang selalu milih yang meja buat sendirian. Selain itu, disini bebas asap rokok karna ruangannya dipisah. Ada ruang kaca yang di dalem bagi para perokok.


Biasanya gue kalo kesini beli Melaka Latte harganya Rp. 28.000. Itu doang dan gue bisa sampe berjam-jam ga inget pulang (haha). Kadang kalo hari Sabtu suka ada live music disini. Jadi saran gue, bagi yang kurang bisa kerja di tempat rame, jangan dateng di hari itu.

Tips:
  • Bawa jaket adalah WAJIB. Dingin banget disini kalo lama-lama. 
Kenyamanan: 5/5
Keramaian: 3/5
Harga Makanan: 3/5 (mayan mahal juga sih)


#3: Bureau Coffee & Dine
Alamat:
Sch Malang Lt. 2
Jl. Soekarno Hatta Blok D No. 509, Mojolangu, Kecamatan Lowokwaru, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Jam buka: 10.00-23.00

Wah. Wah.
Ini sih yang paling rekomen dari semuanya. Tempatnya enak bangett. Makanannya juga enak banget (sesuai lah ya sama harganya). Musiknya juga mendukung gitu lo, yang cuma instrumen aja tapi asyik, bukan yang bikin ngantuk. Bukan juga lagu yang ada liriknya jadi kitanya malah ikutan nyanyi.


Gue biasanya kesini pesen Iced Thai Tea yang with Pearl. Sumpahhh. Karna gue suka thai tea banget, sejauh ini cafe yg menyajikan Thai Tea dan ga zonk, adalah si Bureau ini. Juarak!
Sama biasanya pesen nasi goreng yang biasa itu harganya 10rebon kalo ga salah.

Tips:
  • Kalo mau kesini biar dapet tempat kalo bisa sebelum jam 19.00. Abis maghrib deh itu waktu yang pas sih. Telat dikit aja bisa ga dapet tempat duduk. 
  • Biar dapet akses wifi minimal pembeliannya Rp. 35.000. Jadi uname sama password itu tiap hari bakal ganti dan sesuai sama di nota gitu.
Kenyamanan: 5/5
Keramaian: 4/5
Harga Makanan: 2/5 (mahal bo)


#4: Right Time Food & Coffee Shop
Alamat:
Jalan Dewandaru No.4, Jatimulyo, Malang, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

Jam buka: 13.00-03.00

Wah, kalo yang ini sih tempat paling nyaman pertama yang gue temuin di Malang. Tempatnya belakang kosan jadinya deket banget kalo lagi suntuk langsung cus kesana.


Jadi didalemnya itu ada ruangan ber-AC buat orang-orang kayak gue, dan diluar bagi perokok.
Gue biasanya pesen Mie Kuah Pedas sih disini. Itu juarakk banget menemani ngerjain tugas dan kegiatan menulis gue di malam yang dingin (ceileh). Duduk di pojokan spot paling nyaman sih.

Tapi nggak tau kenapa akhir-akhir ini si Right Time sering tutup gitu. Semoga tidak akan selamanya yaa.

Tips:
  • Right Time tutup tiap hari Senin.
  • Kalo kesini juga harus abis maghrib, karna kalo nggak bakalan rame banget dan nggak kebagian tempat.
  • Nggak ada TUKANG PARKIR. Ini sih yang paling bikin enyoy.
Kenyamanan: 5/5
Keramaian: 4/5
Harga Makanan: 5/5 (muree)


#5: Warunk Upnormal Soehat
Alamat:
Jl. Borobudur, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65142

Jam buka: 08.00-03.00


Gue masih sekali doang sih nyoba ngerjain tugas dan nulis disini. Kalo untuk makan biasanya gue ke Warunk Upnormal yang Jl. Pahlawan Trip. So far, enak. Karena dari kategori colokan, wifi, dan kursi/meja yang nyaman sudah terpenuhi. Jadi tempat ini termasuk kategori cozy lah ya menurut gue.
Sambil ngerjain tugas gue pesen Indomie Upnormal  (karna itu yang paling mure haha), harganya Rp. 17.500. Sampe berjam-jam juga ga diusir sih meskipun gue sendirian ngubek-ngubek leptop.

Kenyamanan: 4/5
Keramaian: 4/5
Harga Makanan: 4/5 


---
Jadi kurang lebih itulah rekomendasi tempat ngerjain tugas di Malang dari gue. Ke lima-limanya punya keunggulan sama yaitu tempat yang enak, wifi kenceng, ada colokan tiap meja dan nggak akan diusir meskipun lama-lama nongkrong disana.

Kalo kalian ada rekomendasi lain bisa komen di bawah ya, biar gue bisa nyobain jugak dan punya referensi lain selain tempat-tempat itu.

Happy nongki!~