Bismillahirrahmanirrahim..... 

Yeaayy, saatnya postingan untuk Be Molulo lagi. Dan ntah kenapa Jenk Irna sebagai pemberi trigger post kali ini masih belum move on dari pembahasan yang ada kaitannya dengan duit. Yeaaah, duit lagi, duit lagi. Katanya duit kan bikin kaya, biar kami semua jadi kaya, Aamiin.


Well, tentang penghasilan tambahan! Kalau judulnya penghasilan tambahan, artinya penghasilan lain diluar dari penghasilan utama. Benar begitu, yes? 

Saat ini status saya? Hmmm... sebagai istri, Mama sekaligus wanita bekerja [kantoran]. Uhuum, bekerja berarti punya penghasilan tetap yang dibayarkan oleh perusahaan saat payroll tiba a.k.a. gajian! Nah, disamping itu saya pun melakoni peran sebagai Blogger, yang belakangan tidak hanya menulis di blog hanya sekedar curhat random saja tapi sejak hijrah dan memilih men-dot-com-kan blog ini, Alhamdulillah tiap bulan ada saja email cintah berisi tawaran kerjasama yang masuk. 


Anyway back to topic, tentang penghasilan tambahan. Kalau saya sendiri ada beberapalah kegiatan kecil saya yang Alhamdulillah menghasilkan, yaahh let me say hobby yang dibayar gitulah yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan buat saya. Apa saja itu? Mau tahu atau mau tahu banget? Hehehehh.

    1. Blogger

    Seperti yang saya bilang bahwa blog ini sekarang tidak hanya berisi tentang curhat random lagi tapi juga menerima kerjasama dari pihak luar untuk placement artikel baik yang sudah siap posting maupun sisipan keyword atau kata kunci tertentu untuk jadi bahan postingan. Yeaah, tidak seperti dulu ketika masih idealis ngeblog for fun semata. Mau gimana lagi, harus realistis doong bahwa kita juga butuh jajan ini, Kakakk. Makanya ya daripada hanya sekedar curhat random saja yang kurang berfaedah mending tingkatkan sedikitlah curhatnya biar bisa diambil sedikit manfaat didalamnya, hueeekk 😂

    2. Jualan Pulsa (HP, Paket Data dan Token Listrik) hingga Tiket Pesawat

    Awal jualan ini ketika saya masih melakoni masa FTM (Full Time Mom). Waktu itu Kakak sering minta tolong dicarikan tiket untuk kliennya. Dulu sih masih pake aplikasi Traveloka buat cari tuh tiket-tiket. Hingga akhirnya ada teman PK7 yang promosi di WAG, jika ingin punya usaha travel mandiri sekaligus bisa jualan pulsa juga boleh banget hubungi dia. Karena penasaran dan kepo, jadilah saya japri dia. Tanya ini itu dan dijelasin lumayan lengkaplah ama dia. Maka diskusi ma PakSu dan dia oke-in niat saya buat daftar agen itu juga. Sekaligus dikasih modal juga tentunya, xixixix. 

    Mulai saat itu saya punya sistem sendiri dan melayani permintaan pembelian pulsa dan juga tiket. Tapi so far masih sebatas keluarga dan teman-teman dekat sih ini. Pengen sih juga bisa buka usaha tetapnya, tapi saya masih belum punya modal yang besar buat kembangin bisnis travelnya. Jadi paling bantu cekkan jadwal dan harga tiket aja, kalau yang request oke dengan info yang saya berikan ya mereka transfer duit dan voila etiket mereka terkirim. Jalan-jalan deh. Begitu pun dengan bisnis pulsanya. Intinya mah, saya cuma sekedar bantu doang sih. 

    Dengan adanya sistem yang sudah saya beli tadi bisa jadi hak saya milik selamanya. Tinggal sayanya saja gimana mau kembangkan usahanya. Tentu butuh modal yang banyak jika ingin serius menggelutinya. Uhuukk, ngkaaalii ada yang mau modalin, mungkiiin? #ngareeeep 😝
    3. Jualan Online/Jasa Titip

    Ntahlah, ini bisa disebut jasa titip atau tidak sih? Tapi anggaplah saja demikian. Sebagai wanita yang punya naluri belanja belanji *ealaaahh* saya pun juga demikian. Meski gak beli, cukup window shopping aja udah bisa senang sih. Nah, makanya saya biasa mengakali sesuatu itu dengan menjadi member maupun reseller, demi apa? Demi dapat potongan harga yang lumayan doong yah pastinya.  Mengingat ongkir ke Kendari itu harganya selangit, aduuh biuu kalau beli satu jadi rugi book. Jadilah kalau pas ada rejeki, cus daftar jadi member ataupun reseller. Lumayan kan starter kit nya bisa dijual lagi kalau misal gak digunakan sendiri. Lalu pembelian selanjutnya bisa dapat potongan dan  otomatis dapat untung langsung juga dong pastinya (ya karena udah beli dengan harga member, kita jual ke client tentu dengan harga jual umum) 😊

    Karena teman-teman tahu saya sering ber-online shopping, jadilah di kantor itu mereka sering kirim link atau sekedar gambar barang yang mereka inginkan, terus minta dipesankan. Saya sih tidak mengambil untung secara langsung dari transaksi ini, toh harga yang mereka bayar adalah harga yang mereka lihat sendiri angkanya. Saya sih biasanya cuma dapat bonus poin atau sejumlah koin yang jika dikumpulkan bisa beli barang yang udah lama masuk dalam keranjang belanja saya namun belum terlaksana pembeliannya karena masih menimbang ini itu dan inunya, hihihih.

    Hmm, apalagi yah? Kayaknya untuk sementara itu saja deh kegiatan saya yang mendatangkan penghasilan tambahan. Tidak tahu yah, jika suatu saat nanti saya kembali memilih menjadi SAHM (Stay At Home Mom) saja kemungkinan kegiatan-kegiatan diatas malah menjadi penghasilan utama bagi saya. Tentunya dengan lebih serius dan fokus lagi dalam menjalankannya. Who knows? 😎

    Kalau Temans, apa nih penghasilan tambahannya? Boleh share juga yuk! 😆