Hi girls, pernah gag sih girls berniat mencoba-coba produk skincare yang baru? atau sekedar mencoba produk terbaru yang booming dan hits sekarang? entah tujuan nyoba, pengen kekinian atau terpengaruh review beauty vloger yang sedang rame-ramenya? Pasti pernah kan, nah kali ini aku akan mengulas bahaya dari memilih skincake yang kurang tepat bagi kulitmu, apa saja dampaknya dan pengarunya bagi kulit.

               Girls kita tahu bahwa jenis kulit kita berbeda satu sama lainnya, begitu pula tingkat kelembapan, tingkat elastisitas kulit, ketahanan terhadap zat kimia dan lain-lain. So, jangan menyamakan kulitmu dengan temanmu ya, apalagi brand ambasador suatu produk kecantikan. Nah dalam memilih skincare kita juga harus melihat kandungan dari skincare tersebut, pastikan juga girls tidak alergi terhadap kandungan bahannya. Bahan-bahan alami dengan kandungan vitamin yang cukup lebih direkomendasikan, dari pada produk yang menawarkan hasil instan namun mengunakan bahan-bahan berbahaya apalagi tanpa diawasi badan POM. Jangan tergiur harga murah atau produk dari luar negeri jika tidak jelas produksi dan kandungannya. yang paling terpenting adalah hindari produk PALSU/REPLIKA ini sudah pasti harus girls.

               Beberapa skincare di pasaran tentunya dijual dengan beragam harga, dari yang murah sampai mahal bahkan lebih mahal. Produk skincare dari brand yang terkenal biasanya cukup mahal dikantong, hal ini memunculkan tangan-tanggan jahil untuk membuat duplikatnya alias produk palsu (replika). Anehnya produk replika ini ternyata laku dipasaran, dengan harga murah sudah bisa gaya dan terkesan glamor, padahal ini ngak banget. Kandungan di dalam produknya? Tentu saja sangat jauh berbeda dari aslinya, baik segi kualitas maupun fungsi dari skincare itu sendiri, tidak jarang teksture setelah digunakan juga buruk dan terkesan tidak menyatu di wajah. Untuk masalah tampilan tidak perlu diragukan, sangat detail dan persis serupa aslinya.


               Seorang narasumber, sebut saja Mawar, merupakan mahasiswa semester awal yang sedang suka-sukanya dengan berbagai produk skincare, pernah tergiur skincare murah produksi luar negeri yang dibeli dengan harga miring, ya setengah dari harga aslinya, yang dijual dipasaran. Menggiurkan bukan? Dampak dari pengunaan skincare replika tidak langsung dirasakan oleh Mawar, awalnya berjalan biasa saja sampai pada 2 minggu pengunaan. Wajah mulai terlihat bruntusan kecil, pori-pori membesar dan jerawat mulai tumbuh, kabar buruknya Mawar tidak segera menghentikan pemakaian dari skincare yang ia gunakan sehinga semakin bertambah parah dan bruntusan kecil tersebut mulai menghitam. Ketika keadaan semakin parah barulah Mawar mengkunsultasikan permasalahan kulitnya ke dokter dan menghentikan pemakaian.

               Jika girls adalah salah satunya yang memakai skincare replika, segera berhenti sekarang. Kita tidak tahu kapan kulit kita akan semakin memburuk, jika setiap hari disuguhkan dengan paparan dari skincare yang kandungan di dalamnya saja tidak jelas. Mungkin tidak terjadi seperti yang dialami Mawar, namun tahukan girls ada bahaya kesehatan yang mengintai dibaliknya? Seperti pengunaan merkuri, hidroquinon, paraben dll yang dapat menyebabkan kangker. Nah, Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit jika mengalami masalah seperti ini, agar  girls segera mendapatkan penanganan yang tepat.


Jika girls punya pengalaman yang serupa yuk sharee dikomentar, agar saling memberikan pengalaman dan pengetahuan baru sama-sama.
See you in the next artikel girls…..

Catatan: Publikasi foto telah disetujui oleh narasumber
Oleh: Selvia Vurwatie Novia