Perempuan hebat itu kalau bisa:
1. Angkat galon sendiri
2. Pasang gas sendiri

Pernah ga dengar meme yang pernah viral itu? Pasti pernah donk. Walau untuk lucu-lucuan, tapi isi meme itu menurut saya absolutely benar.

Eh tapi jangan baper dulu, bukan berarti wanita yang ga bisa 2 hal itu ga hebat. Tapi, setidaknya perempuan yang bisa melakukan 2 hal berat itu adalah perempuan yang mandiri dan.... yah bolehlah dibilang perkasa.

Dan memang saya sering menemui kaum hawa nan perkasa itu, yang tidak selalu bergantung pada suami. Gas habis beli sendiri ke warung, gotong, pasang regulator, memastikan tidak ada bunyi dan bau mencurigakan, lalu nyalakan kompor lagi dan mulai kembali memasak yang tertunda.

Atau kalau galon habis ambil stok isi ulang, geser dekat dispenser, angkat,  masukkan ke lubangnya, daan anak-anak pun bisa minta dibuatkan susu kapan saja. Gas habis, air galon habis, mereka tidak perlu nelpon suami, tidak perlu batal memasak, tidak sampai harus beli air kemasan.

Dan uwa saya salah satu wanita hebat itu.

Tapi, ada lagi ternyata yang lebih hebat dari uwa saya. Satu keluarga yang tidak ada laki-lakinya di rumah memaksa mereka bisa segala hal. Memasang galon dan gas jangan lagi ditanya, sudah mahir mereka, karena keahlian mereka sudah melampaui sisi feminimnya. Mereka bahkan terbiasa memperbaiki listrik yang rusak, pipa air yang bocor, sampai mengusir hewan liar macam ular dan biawak.

Dan teman SMA saya beserta ibu dan saudara perempuanya itulah wanita-wanita hebat itu.

Lalu, bagaimana dengan saya? Waduh, jangankan memperbaiki listrik rusak, bisa mengangkat galon sendiri dan memasang gas saja saya bisa setelah punya anak dua!
Dua skill yang sebenarnya urgen sekali dimiliki oleh seorang ibu rumah tangga baru saja saya kuasai setelah 5 tahun menikah.

Sebelumnya saya hanya bisa mengabarkan pada suami kalau gas atau galon habis tanpa berani mencobanya. Kalau suami sedang santai di kantornya dan bisa pulang ke rumah,  berarti makan siang di rumah adalah jaminan. Tapi kalau kata suami "aku sibuk", yaah alamat beli di luar deh. Walaupun suami bersedia pulang pun biasanya mukanya masam karena, heii begini doank masa ga bisa sih?! Wkwkwk.....  Maafkan adinda, Sayang.

Mulai dari situ saya mulai merasa kalau jadi wanita mandiri itu sebuah kebutuhan karena ga perlu menyusahkan orang terus.

Ada lagi selain pasang gas dan angkat galon yang saya baru-baru ini bisa, yaitu beli pulsa listrik! Sepele yaa, silakan ketawa dulu, hahahaha.

Sepele memang tapi saya ga pernah ngurusin beginian, jadilah bagi saya itu susah. Selama ini semua dihandle oleh suami. Kalau alarm meteran listriknya sudah bunyi, tanda pulsa listrik sudah sekarat,  saya buru-buru pencet tombolnya acak dan dia akan berhenti berisik. Itu saja yang saya bisa. Huahahaha.

Baru-baru ini suami dinas ke luar pulau hampir sepekan lamanya. Dia sudah menyiapkan galon isi ulang yang baru kalau kalau yang ada habis. Dia juga menyetok tabung gas supaya istrinya langsung bisa bongkar pasang regulator begitu gas habis. Tapi, alamaaak.... Dia lupa mengisi pulsa listrik yang tinggal hitungan hari akan mencapai titik nadir, noll!

Bagaimana kalau listriknya habis tengah malam??! Waduh, bakal rempong sekali ini. Saya di rumah hanya dengan 2 orang anak tanpa ART, tetangga dekat hanya 4 rumah yang mana 2 rumah sering kosong. Ckckck, rupanya saya harus menambah skill wanita mandiri, yaitu bisa ngisi pulsa listrik. Terlihat sepele, tapi krusial.

Tapiiii semua kegundahan saya saat itu dijawab oleh sebuah informasi bahwa ada aplikasi yang bisa digunakan untuk top-up pulsa listrik. Aplikasi itu bernama Traveloka.

Inovasi baru Traveloka 

Loh, bukannya itu aplikasi traveling dan booking??? Iya, bener sekali! Tapi, sekarang Traveloka ketambahan fitur baru di dalamnya, salah satunya pembayaran tagihan listrik pra dan pasca bayar.

Bagaimana Caranya?

Ternyata caranya amat mudah. Pertama, harus punya aplikasi dan akun dulu di Traveloka. Apa? Kalian sudah punya dari lama?! Waduh, berarti saya aja donk ya yang kudet. Maklum ya, yang sering jalan-jalan si ayah sih,  saya mah duduk manis di rumah nunggu oleh-olehnya aja 😂
Widih, udah 10 juta user aja

Kedua, setelah terinstall dan kalian sudah jadi member dengan memasukkan beberapa data identitas diri, langsung aja deh lanjut ke fitur-fiturnya. Lalu pilih fitur Tagihan dan Isi Ulang.


Ketiga, setelah itu pilih tagihan Listrik PLN, lalu pilih tipe produknya; pasca bayar (token) atau pra bayar (tagihan). Karena saya termasuk keluarga millenial *uhuk, jadi meteran listriknya juga yang keluaran terbaru alias yang sistem pasca bayar.

Tersedia pulsa dari 20.000 sampai 1.000.000

Keempat, kemudian kalian masukkan no. ID kalian, lalu nominal pulsa yang mau dibeli. Syyytt, ada biaya adminnya juga loh, tapi cuman 2.500. Cincaayy lah!

Selanjutnya tinggal pilih metode pembayarannya. Terserah yang mana aja.
Saya pilih transfer aja

Setelah dibayar nanti akan menerima kode pulsa untuk dimasukkan ke dalam meteran listrik.

Masukkan kode pulsa yang didapat setelah pembayaran selesai di meteran listrik rumah kalian ya. Gampang banget koq karena ada petunjuknya. Dan..... yeaay akhirnya pulsanya nambah.

For your information, selain bisa untuk bayar tagihan dan pulsa listrik ternyata Traveloka juga dilengkapi dengan fitur lainnya, di antaranya; beli pulsa dan paket internet, bayar BPJS Kesehatan, tagihan Telkom, PDAM, beli voucher game, dan juga beli kartu pasca bayar. Ini sih memudahkan hidup sekali!

Fitur baru Traveloka. Kalian wajib tau! 

Traveloka jadi aplikasi yang multifungsi banget deh. Kalau suami selalu pakai Traveloka untuk beli tiket pesawat, maka istrinya akan pakai Traveloka untuk bayar listrik, BPJS, dan pulsa serta paket internet.

Yeaaah, ternyataaa beli dan pasang token listrik itu gampaaang yaaak! Hahahaha. Sudah ga perlu merepotkan suami lagi deh *kibas rambut.