Hi!~

Di tulisan kali ini gue mau sharing produk-produk skincare yang gue pake beberapa waktu ini. Ada yang masih dalam tahap percobaan sedang gue pake, ada pula yang memang udah "produk paling super" di dunia per-skincare-an gue.


Sebelumnya, gue mau cerita dikit soal tipe wajah yang gue punya serta latar belakangnya dulu kali ya (ceileh yang semester tua~).

Jadi wajah gue dulu itu jerawatan parah separah-parahnya-parah bagi wanita yang mendamba wajah kinclong kinyis-kinyis. Dari mulai jidat sampe kedua area pipi itu isinya grenjelan yang nggak pernah lelah nangkring disitu tiap hari. Mungkin kalo mau dengerin perjalanan Acne Story gue bisa di lihat youtube yang sangat panjang durasinya disini. Tapi kalo ngantuk, gue saranin gausah sih. LOL.

Singkat cerita seperti yang gue jelasin di video itu, akhirnya wajah gue udah mulai kondusif dan menjadi layak untuk bisa dibawa ke kondangan (yhaa).

Tapi ada beberapa perubahan yang lumayan kerasa kayak sekarang tipe kulit wajah gue jadi normal. Dulu berminyak parah yang licin dan gitu deh pokonya. Pori-porinya besar juga jadi gampang banget buat jadi sarang komedo.

Karena pas lagi jerawatan dulu gue lumayan sering facial ke klinik (karna kadang ga betah banget gatel dan berasa kotor gitu, takut kalo benerin sendiri malah kaga bener), jadinya sekarang keliatan ada bekas jerawat di pipi gue. Nggak parah sih menurut gue pribadi, tapi kalo dilihat-lihat emang ngaruh banget ke tekstur kulit gue. Maka dari itu, yang jadi concern gue sekarang pake skincare adalah ngilangin noda hitam bekas jerawat, dan beberapa bopeng tak kasat mata itu.

Tapi, meskipun sekarang nggak jerawatan semuka, nggak menjadikan wajah gue bebas jerawat selamanya juga sih. Kadang kalo uda menjelang tanggal-tanggal mau bulanan, ada satu-dua jerawat yang muncul di jidat atau dagu. Alhamdulillahnya banget, nggak pernah lagi ada jerawat di pipi.

Langsung dimulai aja kali ya step-by-step gimana gue make skincare baik pagi maupun malem.

Chekidot!~•


SKINCARE PAGI:

1. Clay Mask


Biasanya gue mulai pake skincare pagi pas setelah mandi. Jadi wajah udah seger itu aku pakein clay mask-nya Innisfree yang Super Jeju.

*Dulu sempet kepikiran apa karna pake yang tipe "super" ya makanya kulit muka gue jadi normal. Tapi setelah gue coba untuk ga make nih masker, ternyata emang tetep normal dan keset gitu. Jadi kayaknya bukan karna ini sih.*

Setelah sekitar 8 menit, gue bilas pake air biasa. Dan wajah akan semakin kinclong paripurna.

2. Facial Wash


Berlanjut dari pembilasan clay mask, abis itu langsung gue pakein facial wash dari Clean & Clear yang warna oranye.

Ini gue cocok banget sih sama facial wash-nya. Setelah bertahun-tahun perjalanan mencari dan nggak ketemu-ketemu sama jodoh, akhirnya kami sudah klik dan memutuskan untuk menikah. (oksip)

Setelah itu diandukin pake anduk badan sih. Gue lagi ngurangin banget tisu karna sampah terbesar gue bersumber dari tisu nice 1000 lembar yang tiap bulan gue beli di hypermart.
Jadi janganlah lupa untuk harus rajin mencuci si anduknya.

3.


Dan di step paling akhir adalah sang dewa yang tiada ada tandingannyaa...

Jeng...

Jeng...

Nature Republic: Aloe Vera 92% Soothing Gel!!!11!!!1!1!

Para si.

Sebagus itu bikin kulit enyoy dan tiada bantet. (hmm)

Aku makenya banyak banget sih dimuka, kecuali kalo mau pergi baru dikit karna dia nyerapnya lama banget nggak kering-kering. Jadi sesuaiin aja yaa.

Extra #1:
Nah,
Kalo misalnya lagi mau keluar kos, setelah si natrep kering, baru gue timpa pake sunblock. Tapi berhubung gue masih dalam tahap pencarian sunblock yang nggak bikin jerawatan dan bruntusan, jadi belum bisa kasih saran.

Dulu gue pernah nyoba Hadalabo (bekas kakak sih, haha) dan nggak cocok. Terus Wardah juga nggak cocok.

Oohh, gue lagi pengen nyoba sunblock-nya Emina. Tapi pan-kapan lah ya. HAHAHA.

Next...


SKINCARE MALAM:

1. Scrub


Nah, berhubung udah beraktifitas seharian diluar ruangan yang penuh kejahatan, gue mengawali skincare malam hari dengan si SKINFOOD yang Black Sugar buat ngangkatin mereka.

Tapi sebelumnya gue udah pake Micellar Water dulu sih buat ngangkat kotoran yang pertama. Jadi ceritanya double-cleansing gitu katanya. Pas nyampe kosan tok itu langsung bersihin pake Micellar water. Baru kalo udah selesai sholat isya, nanti pake scrub yang SKINFOOD ini tadi.

Micellar Water yang aku sekarang masih dalam tahap pencarian sih. Dulu pernah pake Nivea tapi masih perlu upgrade lagi. Terakhir pake Ovale tapi kurang suka. Nanti aku update lagi yaa.

Balik lagi ke scrub, gue make dia nggak setiap hari. Karna takutnya bakal lecet atau luka tipis gitu kalo mukanya tiap hari di scrub. Jadi biasanya gue pake 2 hari sekali doang.

Menurut gue, scrub yang ada di SKINFOOD ini ukurannya lumayan gede si. Seukuran gula asli gitu. Jadi emang gue nggak berekspektasi lebih untuk dia bisa bikin pori-pori gue kinclong kinyis-kinyis. Tapi gue udah cukup puas untuk make ini.

Baunya agak asem-asem lemon jeruk gimana gitu sih. Terus kayak padet tapi pas kena suhu tubuh langsung leleh.

Cara pakenya tinggal di scrub-in dibagian yg pori-pori gede kayak pipi, hidung, dan dagu bawah bibir. Digosok-gosok pelan aja terus didiemin 5 menit baru deh gue bilas. Bilasnya pake air kran biasa juga.

2. Peeling


Kalo peeling ini baru gue pake di waktu-waktu spesial aja, kayak misal abis pulang traveling/perjalanan jauh, atau besoknya mau ada acara yang butuh wajah kinclong, karna harganya mahal sista >.<

Gue pake Neogen Bio Peel varian lemon yang katanya bisa mencyerahqan hal yang qusam. Kulit wajah rasanya kiclong banget pas bangun tidur.

Jadi sistemnya dia itu kayak ngangkat kulit mati gitu. Dalam satu pad, ada dua sisi dengan tekstur berbeda, yang kasar buat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran, baru setelah itu yang satunya buat melembutkan dan ngangkat lagi misal ada yang tersisa kotoran di wajah.

Gue ngelihat di yutub Suhay Salim dan menjadi tercyerahqan untuk semakin menghemat pad-nya dengan cara dibagi dua.

HAHA.

Jadi untuk ukuran satu pad standar itu, bisa dua kali pakai. Hebat memang si Suhaylah. Tapi guntingnya jangan lupa di sterilin dulu yaa sebelum dipake buat gunting Neogen ini.

3. Face Wash


Setelah si Neogen udah menyerap dengan sempurna, baru deh gue bilas pake air dan facial wash yang sama kayak pagi: Clean & Clear yang oranye. Pake air suhu normal juga, terus dikeringin pake anduk.

4. Exfoliate


Karna gue punya masalah di pori-pori yang besar sehingga mengakibatkan banyaknya komedo, gue tergerak untuk pake COSRX AHA/BHA yang katanya bisa melakukan chemical exfoliating gitu. Kurang paham sih cara kerja di dalemnya kayak apa.

Cara pakenya tinggal disemprotin ke kapas, biasanya gue 6x semprotan. Terus gue tap-tap-in ke daerah berkomedo kayak hidung, pipi, bawah bibir, dan diantara alis gue.

Setelah itu tunggu sampe kering menyerap aja.

5. Essense


Kebetulan kemaren pas di Batam gue pengen nyoba essense COSRX yang snail warna kuning itu, soalnya katanya yg COSRX ini lebih untuk memperbaiki tekstur kan which is itu yang emang gue butuhin. Tapi berhubung nggak ketemu harga yang cocok (ekonomis banget yha) jadinya gue nyoba dulu yang Benton snail karna temen gue pake dan katanya bagus.

Setelah gue pake emang bagus sih. Kayaknya yang bikin kulit moist kenyel itu si Benton ini sih.

6. Aloe Vera


Nah, sebagai penutup hari yang panjang, setelah si Benton udah menyerap dengan ciamik, baru deh gue kasih Nature Republic si jenius ini lagi.

Sebelumnya di video gue sempet nyinggung kalo ga cocok pake Nature Republic pas awal-awal make. Panas banget seluruh wajah kayak kebakar gitu kena alkoholnya. Setelah gue memberanikan diri untuk mencobanya lagi, ternyata sekarang cocok banget dan sejodoh itu.

Emang sih, produk ini kayak most wanted banget di kalangan para mba-mba yang bergelut di dunia per-skincare-an.

Extra #2:


Kadang gue kalo lagi pengen juga maskeran pake sheet mask dari Etude House sih. Tapi akhir-akhir ini jarang banget. Selain memprogram diri untuk mengurangi sampah (karna sheetmask bungkusnya sekali pake), menurutku dengan skincare yang gue pake sebelumnya udah cukup bikin gue puas. Atau gue yang memuaskan diri. HAHA.

---
Dannn
Pada akhirnya sampailah di penghujung tulisan kali ini. Semoga aja bermanfaat lah ya.

Ya meskipun skincare Korea emang harganya cukup mahal, tapi menurut gue pribadi ini termasuk investasi sih. Lagian belinya nggak bareng-bareng jadi bisa nabung dulu.

Dan Alhamdulillah sih gue nggak pernah minta secara pribadi ke Mama gue untuk beliin produk skincare. Jadi gue beli ya dari duit tabungan sisa jajan sama kalo ada sisa sisa dikit ye kan dari duit desain.

Nantinya juga kalo wajah cantik kinclong terlindungi yang senang kita sendiri, yang menikmati kita sendiri. Dapat jodoh, jadinya nggak sendirian lagi.

Lah..
Ya uda lah yaa, daripada semakin menjauh dari topik bahasan, sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Bhay.~