menghilangkan kantung mata
image credit to: kireisea.com

Hello, selamat datang! Hari ini saya akan membahas tentang tips kecantikan wajah yaitu penyebab munculnya kantung mata yang tebal dan dilengkapi cara mengatasinya. Kantung mata merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Pernahkah Anda mengalami kejadian tersebut?

Apesnya, beberapa orang tidak sadar kalau kebiasaan yang selama ini mereka anggap 'hal biasa' adalah biang keladi dari bencana itu (baca; kantung mata bengkak dan hitam). Coba saja Anda bayangkan kalau Anda tak kunjung menyadarinya. Sampai kapan kantung itu akan ada?

Jangan dibayangkan karena itu tidak menyenangkan. Lebih baik baca ulasan di bawah ini saja yang semoga bisa memberi sedikit pencerahan. Aamiin.

Apa Penyebab Kantung Mata?

Apakah Anda bertanya-tanya apa penyebab kantung mata hitam? Kantung mata dapat terjadi karena beberapa sebab diantaranya gaya hidup, keturunan, dan faktor usia. Sementara jika dilihat dari sudut pandang ilmiah, kantung mata terjadi akibat adanya penumpukan cairan di bawah mata.

Saat otot jaringan bawah mata melemah, penumpukan cairan akan lebih mudah terjadi. Maka dari itu terbentuklah semacam kantung berisi cairan. Melemahnya otot bawah mata secara umum banyak dikaitkan dengan faktor usia kronologis. Di sisi lain, penuaan dini juga bisa menjadi penyebabnya.

Dari penjelasan tersebut dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa lemahnya jaringan otot bawah mata adalah faktor utama terjadinya kantung mata. Apa saja yang bisa membuat otot mata melemah?.

1. Stres
Saat Anda sedang dilanda stres, tanpa disadari jaringan tubuh menjadi lemah. Tak terkecuali juga kulit Anda. Jaringan kulit di sekitar mata yang merupakan area sensitif akan mengalami penurunan kondisi paling signifikan. Dari sinilah kantung mata mulai terbentuk.

2. Penuaan
Saat seseorang menua maka otot akan semakin lemah. Tak terkecuali otot di bawah mata Anda. Cairan akan mulai berkumpul di sana dan menyebabkan terbentuknya kantung. Selain itu lemak di sekitar mata juga mulai bergerak ke bawah mata dan berkumpul di sana membentuk kantung.

3. Kurang Tidur
Bayangkan di suatu hari Anda terbangun dengan warna hitam di bawah mata seperti orang habis kena tonjok. Penyebab bawah mata berwarna hitam yang paling umum adalah karena kurangnya waktu untuk beristirahat.

Saat seseorang kekurangan waktu tidur di malam hari maka pembuluh darah cenderung melebar. Pelebaran pembuluh di area sekitar mata ini akan menyebabkan penumpukan cairan yang membentuk kantung mata hitam.

4. Kurang Nutrisi
Asupan gizi yang seimbang merupakan faktor penting untuk mempertahankan kesehatan, termasuk kesehatan mata. Meski tidak berpengaruh secara langsung pada kantung mata namun asupan gizi seimbang dapat mempertahankan kekuatan otot mata dan mencegah terbentuknya kantung.

Makanan dengan gizi seimbang itu yang seperti apa? Kalau dijelaskan di sini bisa jadi 1 artikel panjang. Intinya adalah cukupi kebutuhan cairan, sayuran, buah, karbo, protein nabati, dan protein hewani. Oke?!

Mencegah Kantung Mata

Saat memasuki usia 30-an Anda akan mulai mengalami beberapa tanda-tanda penuaan. Salah satunya adalah munculnya kantung di area bawah mata. Ini merupakan hal yang wajar.

Namun tidak dapat dipungkiri akibat kantung mata hitam di bawah mata ini adalah penampilan Anda jadi tampak lebih tua dari usia sebenarnya. Efeknya sering disangka sudah ibu-ibu padahal masih gadis. Kan nyesek ya?

Lalu, bagaimana cara mencegah kantung mata muncul

Jangan panik! Kekencangan otot mata adalah fokus pertama yang harus Anda perhatikan dalam misi pencegahan ini. Tapi bukan hanya itu saja. Beberapa pencegahan yang dapat Anda coba diantaranya sebagai berikut;


  1. Cukupi waktu istirahat di malam hari,
  2. Cukupi kebutuhan nutrisi harian,
  3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh,
  4. Hindari stres,
  5. Jauhi rokok,
  6. Jauhi alkohol,
  7. Kurangi konsumsi kafein,
  8. Kurangi konsumsi makanan asin,
  9. Gunakan SPF sebagai perlindungan terhadap sinar UV.

Mudah bukan? Sederhana saja tapi kadang ego yang besar memaksa diri untuk tidak mempedulikannya. Walhasil di akhir cerita kantung mata tetap saja muncul. Besar, hitam, keriput, yaa begitulah! Kalau sudah begitu ya sudah, mari kita geser ke paragraf berikutnya.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Besar?

Jika kantung mata sudah terlanjur muncul, jangan terlalu khawatir. Masih ada banyak pilihan untuk mengatasinya. Di sini ada 2 pilihan yang dapat Anda ambil yaitu menggunakan cara alami atau memakai bahan kimia.

1. Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Cara alami mengecilkan kantung mata adalah prioritas pertama yang akan saya ambil untuk atasi kantung mata. Cara alami menghilangkan kantung mata yang biasa saya gunakan adalah sebagai berikut;
  • Kopi
  • Teh
  • Mentimun
  • Kentang
  • Cukup tidur
  • Cukup air putih
  • Cukup asupan kalium (yoghurt, kacang, pisang)
Bagaimana cara menggunakannya? Untuk kopi dan teh bukan untuk dikonsumsi lho yaa. Kan sudah ditulis di awal tadi agar mengurangi konsumsi kafein, betul?. Terus kopi sama tehnya diapakan dong??!

Well, silakan Anda seduh kopi/teh menggunakan air panas dan biarkan dingin. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda bisa memasukan ampas teh/kopi tersebut ke dalam freezer sebelum memakainya untuk mengompres kantung mata.

Hal yang sama juga berlaku untuk timun dan kentang. Opsi pertama, Anda boleh memblendernya terlebih dahulu hingga jadi bubur lalu mencetaknya jadi es batu kemudian dijadikan kompres mata. Hawa dingin dipercaya dapat membantu mengempiskan bengkak lebih cepat

Opsi lain, Anda bisa mengirisnya dan menempelkannya pada kantung mata secara langsung tanpa mendinginkannya terlebih dahulu. Keuntungannya adalah persiapannya lebih cepat tanpa menunggu proses pendinginan.

Lakukan perawatan ini secara telaten dan teratur sampai nampak hasil yang Anda inginkan. Harus sabar ya?! Jangan maunya instan. Kan kantung matanya juga butuh proses buat terbentuk. Jangan lupa, dibarengi juga dengan memperbaiki pola hidup ke arah lebih baik. Sepakat?!

2. Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Kimia

Alternatif kedua adalah menggunakan produk berbasis bahan kimia seperti eye cream. Anda bisa mencarinya di apotek maupun minimarket terdekat di sekitar tempat tinggal Anda dengan mudah. Banyak eye cream yang diformulasikan khusus untuk mengempiskan mata bengkak.

Jika masalah Anda adalah warna kulit yang berubah jadi lebih gelap karena hiperpigmentasi di sekitar bawah mata, krim pemutih bisa juga dicoba. Biasanya krim ini mengandung bahan seperti vitamin C, retinol, atau hidroquinon.

So, tinggal disesuaikan saja dengan kondisi kantung mata Anda. Apakah hanya bengkak saja atau menghitam saja atau keduanya.


3. Samarkan dengan Trik Make Up

Alat make up untuk menghilangkan kantung mata juga bisa dijadikan andalan saat Anda butuh menyamarkan kantung di bawah mata dengan segera. Memang trik ini tidak menghilangkan kantung mata tapi bisa membantu menyembunyikannya dengan cepat.

Caranya cukup sederhana. Balurkan saja concealer dengan warna setingkat lebih terang dari warna asli kulit Anda pada area mata yang berkantung. Ini bisa membantu agar kantung tampak lebih samar seketika.

Anda pun siap menghadapi hari untuk bertemu orang penting atau menghadiri acara spesial tanpa harus merisaukan kantung mata. Berterimakasihlah pada concealer yang telah menjadi penyelamat Anda.

Itulah beberapa penyebab kantung mata membesar yang bisa saya sampaikan. Oh iya dan berikut cara mengatasinya juga. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah!

Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait coretan saya? Jangan sungkan untuk tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah sana. Komen yuk?! ^_^

(diens)