Hello, this time i’m going to write about my DIY Cushion Foundation.


Have you heard the word “cushion”??

Pernahkah kalian dengar kata “cushion”??

Jadi cushion itu merupakan salah satu must-have Korean item yang lagi hits banget selama beberapa tahun terakhir ini (ini berdasarkan survei-survei dari blog-blog kecantikan dan juga YouTube :D)




“A cushion foundation gives your skin a dewy veil, making it look fresh and supple.
The foundation, which is soaked into a sponge, is more lightweight and watery than a liquid foundation. It comes in a compact case with a puff sponge applicator, making it more convenient to take along in your handbag.”

Jadi, cushion foundation merupakan suatu produk  inovasi yang dapat membuat kulit Anda lebih segar. Selain itu cushion foundation ini memiliki tekstur yang lebih ringan dan berair jika dibandingkan dengan foundation cair. Dan yang membuat cushion foundation ini lebih hits lagi adalah karena bentuknya yang menyerupai tempat bedak pada umumnya, maka ia mudah dibawa ke mana pun untuk membuat tampilan wajah jadi lebih cetar membahana sepanjang hari. Sounds great right??? ;D 

Kali ini saya akan menceritakan tentang cushion foundation yang saya buat sendiri setelah melakukan riset kecil-kecilan dari Youtube dan blog-blog gitu.


Here we goooo...

Jadi bahan - bahan yang diperlukan untuk membuat cushion foundation ini, yaitu :

Foundation case (after been separated from the case)

Inside the cushion case ; sponge


1) Cushion case
Cushion case atau tempat kushion ini merupakan salah satu item krusial yang harus Anda miliki jika ingin membuat cushion, sebab kalau tidak memiliki case nya, nanti bingung mau nyimpen cusion nya di mana (lollll). Intinya sih karena cushion ini merupakan suatu (bisa dibilang semi-liquid makeup gitu), supaya cusion tersebut tetap terawat dan tersimpan dengan baik, maka diperlukan lah suatu wadah untuk menyimpan cushion yang dikenal dengan nama cushion case.
Nah cushion case ini bisa di dapatkan di Althea Korea lhooo. Atau kalau kalian punya cushion case yang sudah habis, kalian bisa mencucinya hingga bersih dan siap digunakan untuk DIY cushion foundation kalian :) (untuk cara-caranya bisa dilihat di YouTube yaaaaa).
Cushion case yang saya gunakan ini, saya beli dari althea korea sebab saya belum memiliki cushion sebelumnya. Di dalam cushion case ini, saya mendapatkan cushion case beserta puff dan sponge (dua item ini merupakan item lainnya yang juga SANGAT penting untuk membuat cushion foundation).
 
2) Foundation
Next step, setelah kalian memiliki cushion case untuk menyimpan cushion foundation kalian, yang harus dipersiapkan berikutnya adalah nahan-bahan primer untuk membuat cushion foundation kalian. Sebenarnya sih bahan yang paling penting hanyalah foundation. Foundation ini bisa juga diganti dengan BB Cream/CC Cream yang kalian miliki. Kemudian bahan - bahan lainnya sih terserah kalian aja. Tergantung produk-produk yang kalian miliki, seperti concealer, highliter, moisturiser, illuminator, serum atau apapun yang ingin kalian tambahkan untuk cushion kalian [NOTE : Bahan - bahan yang kalian tambahkan sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit kalian dan make sure aman untuk wajah kalian yaaaaa :)]


How to Make Your Cushion Foundation ????

Berikut saya akan memaparkan beberapa langkah yang saya lakukan ketika membuat cushion foundation (kalian juga bisa cek YouTube untuk melihat video - video tentang DIY Cushion Foundation untuk lebih jelasnya)

v  Bahan - bahan yang saya gunakan untuk cushion foundation saya adalah :
- The Body Shop Tea Tree Flawless BB Cream
- Hada Labo CC Cream Ultimate Whitening Elegant Beige
- The Body Shop Drop Of Youth Concentrate
- The Body Shop Oils of Life - Intensly Revitalising Cream
- Witch’s Pouch Selfie Perfect Concealer no. 23 (Natural Beige)
- Blustone Avenue Kefir Lotion

v  Alat - alat yang diperlukan :
# Tisu
# Spatula/Cutton bud/ Sendok kecil
# Wadah kecil untuk mencampur (jika perlu)

v  Langkah - langkah pembuatan :
1)        Siapkan cushion case, buka tempat menyimpan cushion foundation dari wadahnya (kalau cushion case kalian bisa dibongkar pasang yaaaa, karena biasanya cushion case memiliki tempat menyimpan puff dan tempat menyimpan foundation). Nah kalian bisa membuat langsung cushion foundationnya di dalam case nya atau kalain bisa membuatnya di suatu wadah baru kemudian dimasukkan ke dalam cushion case nya (up to you lha yaaaa :)
2)        Oh ya, jangan lupa sponge yang ada di dalam cushion case haris dilepaskan dulu yaaaaa sebelum memulai proses pembuatan ini.
3)        Setelah kalian menyiapkan case/wadah, masukkan bahan - bahan yang kalian miliki hingga case kalian terisi 1/3 atau 2/3 (maksimum) bahan tersebut. Misalnya kalian hanya menggunakan foundation dan concealer, maka perbandingan antara foundation dengan concealernya adalah 2 : 1. Jadi sebenarnya menurut saya takarannya sih disesuaikan saja, makanya selama proses pembuatan kalian harus sering-sering mencoba hasil karya kalian apakah sudah sesuai dengan yang kalian butuhkan atau belum (misalnya teksturnya, warnanya, terus cocoknya dengan skin tone kalian etc). Nah kalau kalian sudah mendapatkan ‘rasa’ yang pas untuk cushion foundation tersebut, kalian bisa memasukkan kembali sponge nya ke dalam case, sambil ditekan-tekan dengan saptula/cutton bud/sendok kecil supaya formula yang kalain buat bisa terserap secara merata ke dalam sponge nya ya.
4)        Setelah itu bersihkan sisa - sisa kotoran dalam proses pembuatan yang tersisa di dalam case nya, tutp cushion casenya agar formulanya bisa menyerap sempurna selama 10-15 menit atau lebih.
5)        Finally, cushion foundation kalian pun siap untuk digunakan.


Here is my DIY cushion foundation look


Let’s maintain our beauty and be healty :)

Byeeeeeeee!!!



Note :
The two cushion pictures were taken from Google
The rest pictures are belong to me