Makan enak, foto. Outfit kece, foto. Jalan-jalan ke tempat keren, foto. Nongkrong sama temen-temen, foto. Kayanya sekarang mau ngapa-ngapain nggak afdol ya kalo nggak dibarengi foto? Hayo ngaku, kalian gitu juga nggak? Hahaha. Kalo aku, fotonya sih suka banget, tapi kadang mau mindahin ke laptop atau kirim-kirimin ke temen/keluarga tuh mager banget. Harus nyolok kabel usb dulu dari hp ke laptop, atau kirimin fotonya satu-satu ke mereka. Ribet, tapi ditagih mulu ;p Nah, aku kemaren sempet nyobain aplikasi sharing foto untuk Smartphone Android, namanya Fotato. Ternyata aplikasi ini tuh memudahkan banget untuk urusan sharing-sharing foto gitu! Apalagi aku kan kalo nulis blog di laptop, otomatis aku harus mindahin foto dari HP ke laptop, dan salah satu fitur Fotato ini membantu banget. Aku bakal tunjukin fitur ini di bawah, tapi sebelumnya aku jelasin dikit dulu kali ya tentang aplikasi berbagi foto ini ;)
Tbh, sebelumnya aku nggak pernah ngeh ada aplikasi android berbagi foto ini. Masih terpaku sama cara sharing foto via email atau chat (yang kualitasnya suka berkurang banyakkk) gitu deh. Pas baru install dan buka aplikasinya, muncul short guidance kaya gini yang ngejelasin fitur-fiturnya:


Dari semua fitur yang ditawarkan di atas, aku paling semangat nyobain yang scan qr code dan instant photo sharing.
Intinya sih, instant photo sharing ini memungkinkan kamu untuk langsung share foto yang baru aja di jepret ke temen-temen atau keluarga. Setelah fotonya masuk ke gallery kita, kita punya waktu 3 hari untuk download. Setelah 3 hari, foto-foto tersebut bakal otomatis hilang. I think this one is really convenient for wefie xD Foto sekali, langsung masuk di hp semuanya (makanya ajak juga mereka buat install Fotato, hehe) Btw, aplikasi berbagi foto ini kan untuk Android ya, gimana kalo temen/keluarga kita ternyata pakenya iOS? Tenang, tentu ada solusinya (yang juga merupakan fitur favoritku) yaitu QR Code.
Sharing foto dengan qr code ini bisa dilakukan di pc/laptop dan juga hp. Yang perlu dilakukan cuma mengakses link ini: trus nanti langsung muncul deh codenya. Caranya juga mudah kok, tinggal pilih foto yang mau dibagiin, klik logo qr codenya, trus arahin ke code yang ada di laptop/hp temen. Setelah fotonya muncul, tinggal di download. Super simple omg :") Oh iya, bukan berarti ini cuma bisa 1 foto ya. Kalo mau masukin lebih banyak foto lagi, tinggal klik tanda plus trus scan lagi codenya (ngulangin step tadi). Nanti tinggal di download dan foto-fotonya akan otomatis dikompres jadi zip. Cara lainnya, pilih foto-foto yang ingin dibagiin dengan cara menahan agak lama di satu foto, kemudian setelah muncul centang, tinggal pilih yang kamu mau, lalu baru di scan QR codenya :D
Fitur lain Fotato ini bisa memudahkan kamu pas lagi mau nyari foto di hari tertentu tanpa ngescroll satu-satu foto di folder hp. Tinggal buka kalender, cari tanggalnya trus langsung deh muncul semua foto yang diambil di tanggal tersebut.

Nggak perlu khawatir juga kalo ternyata ada foto yang nggak ingin  diperlihatkan/bagiin ke orang lain, soalnya ada juga fitur untuk lock/hide dan unlock foto-fotonya. Kira-kira itulah beberapa fitur yang aku suka dari Fotato, untuk tau lebih lengkap dan dalam tentang aplikasi berbagi foto android ini, bisa loh kunjungin website/ social media mereka. Websitenya lengkap banget kok, di sana mereka jelasin tentang aplikasinya beserta cara-cara penggunaannya. Jadi kalo kalian seneng foto-foto atau wefie bareng temen atau keluarga, coba aja download dan install Fotato ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ionsoft.fotato