Dari dulu, aku selalu yakin bahwa penampilan kita dipengaruhi juga sama gimana kondisi kulit wajah. Like people said, perawatan kulit wajah adalah salah satu bentuk investasi penting untuk diri kita yang harus dilakukan sejak dini, karena untuk dapetin kulit cantik dan sehat itu nggak mungkin instan dan butuh proses + kita juga harus telaten. Kulit yang cerah itu cantik, inget ya cerah bukan berarti harus putih, lho. Cerah itu lebih ke gimana kulit kita bisa terlihat bersih, nggak kusam, dan fresh. Beberapa penyebab kulit kusam contohnya: matahari, polusi, AC, dan juga gaya hidup atau lifestyle yang nggak sehat (misalnya merokok, makan junk food, dll). 
Rubiena Beauty, salah satu brand lokal skincare ini juga percaya kalau cantik itu bukan diukur dari warna kulit, tapi dari kulit yang cerah dan sehat. Brand lokal ini diluncurkan oleh PT Millenia Global Industries dan merilis rangkaian untuk mencerahkan kulit, yaitu Rubiena Brightening Series
Walaupun masih termasuk skincare baru, brand lokal ini punya banyak banget keunggulan, yaitu:
✧ Sudah mengantongi izin BPOM, 
✧ Memiliki sertifikat ISO,
✧ Menerapkan sistem GMP,
✧ Tidak mengandung alkohol,
✧ dan tidak mengandung pewarna buatan.
Semua produk Rubiena Beauty tidak mengandung alkohol, pewangi dan pewarna buatan ataupun harsh chemical berbahaya lainnya kecuali Cleansing Lotion karena untuk men'soothe' kulit dan untuk kulit sensitive, sehingga produk ini aman untuk ibu hamil.
Rangkaian Rubiena Brightening Series ini adalah perawatan untuk mengatasi flek yang dapat digunakan dari usia muda hingga dewasa, terdiri dari 6 produk: cleansing lotion, facial wash, softener, day gel, night gel, dan serum. Dua kandungan penting yang ditonjolkan dari rangkaian ini adalah Arbutin dan Green Tea. Arbutin merupakan daun Bearberry yang merupakan the best whitening agent dan membantu mengurangi pembentukan melanin dan noda hitam. Sedangkan untuk green tea, mungkin kalian juga udah nggak asing ya. Ekstrak green tea dalam rangkaian ini berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan juga membantu menyamarkan flek. 
Selain kedua kandungan di atas, rangkaian brightening ini juga mengandung:
✧ Licorice: membantu menyamarkan flek, sebagai anti oksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas.
✧ Aloe Vera: mencegah peradangan, memberikan kelembaban, melindungi kulit dari radikal bebas dan meregenerasi sel.
✧ Vitamin C: Menyamarkan flek.
***
Cara pengaplikasian skin care ini disebutnya basic step 3+1:
Step 1, Cleansing: Terdiri dari Cleansing Lotion dan Facial Wash untuk mengangkat kotoran.
Step 2, Softener: Melembutkan permukaan kulit dan membantu penyerapan produk selanjutnya.
Step 3, Day/Night Gel: Mencerahkan kulit dengan SPF15 di siang hari dan meregenerasi kulit di malam hari.
Step +1, Serum: Menyamarkan noda gelap dan memperlambat penuaan.

Step 1, Cleansing
Rubiena juga menerapkan sistem double cleansing dan cleansing lotion ini dipakai sebagai step paling awal untuk membersihkan kotoran di wajah sebelum nantinya dilanjutkan dengan facial wash
Cleansing Lotion
Klaim: pembersih berbentuk lotion, membantu mengangkat makeup dan kotoran serta menjadikan kulit bersih dan cerah. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol. 
Cleansing lotion ini dikemas dalam packaging plastik dengan tutup ulir dan lubang kecil di tengah, cukup mudah untuk mengeluarkan isinya. Teksurnya milky dan sedikit runny, dengan wangi lime/citrus yang seger banget trus juga nggak lengket di wajah. Lotion ini lumayan ampuh untuk membersihkan makeup/ kotoran dari wajah, hanya saja cepat banget nyerap dan kering di wajah sebelum sempat dibersihkan dengan tissue atau kapas. Jadi, either pakainya lebih banyak atau langsung bersihin pake kapas secepat kilat, hehe...
Facial Wash
Klaim: Pembersih berbentuk gel, membantu mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati di permukaan kulit dengan mudah, serta menjadikan kulit tampak bersih dan cerah. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol. 
Rubiena Brightening Facial Wash ini punya packaging yang sama seperti Cleansing Lotion, dan isinya susah banget dikeluarinnya. Mungkin karna bahan plastik yang dipakai agak keras, jadinya kita juga butuh tenaga ekstra buat ngeluarin facial washnya. Aku rasa akan lebih baik kalau packagingnya berbentuk tube, sih. Facial wash ini berbentuk gel transparan dan lembut banget saat dipakaikan di wajah. Nggak ada aroma dominan untuk produk yang ini, sih. Aku termasuk sensitif untuk urusan bau-bauan dan sabun ini sih gajadi masalah. Aku suka sama facial wash ini karena setelah dibilas dia nggak bikin kulit licin atau kesat, malah jadi lembut kenyal dan lembab trus ada sensasi segarnya gitu. I love it!
Step 2, Softener
Klaim: Pelembut yang dapat membantu penyerapan produk selanjutnya, membantu mengangkat sisa kotoran, debu, dan makeup, sehingga kulit terasa bersih dan segar, serta menjada kelembaban kulit. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Again, Rubiena Brightening Softener ini punya packaging yang sama seperti cleansing lotion dan facial wash. Hanya saja, karena softener ini teksturnya cair banget kaya air, jadinya nggak ada kesulitan dalam mengeluarkan produk. Aromanya lumayan seger, tapi aku ngerasa ada bau-bau herbalnya gitu. Untuk pemakaiannya bisa menggunakan kapas atau langsung ditepuk-tepuk aja pakai telapak tangan. Softener ini cepat meresap dan bikin wajah lembab, sehingga memudahkan untuk pengaplikasian produk selanjutnya.  

Step 3, Day/ Night Gel
Setelah membersihkan wajah, pake softener dan serum, saatnya masuk ke step selanjutnya yaitu Day/Night Moisturizing Gel. Dua produk ini punya packaging yang sama yaitu jar dengan tutup ulir, jadi kita harus teliti sebelum pake supaya nggak salah. Tapi sebenernya bisa dibedain juga sih dari warna isinya ;) 
Day Moisturizing Gel
Klaim: Gunakan tiap pagi, setelah softener dan serum. Ambil secukupnya, oleskan pada dahi-pipi-hidung dan dagu lalu ratakan ke seluruh wajah. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi. 
Rubiena Brightening Day Moisturizing Gel ini walaupun diklaim berbentuk gel, menurutku teksturnya lebih ke cream kental gitu, berwarna kekuningan. Saat dipakai nggak terasa lengket dan cepat menyerap, tapi aku rasa dari sisi kelembaban, produk ini kurang menghidrasi. Nggak bikin kering, tapi juga nggak lembab. Produk ini bakalan cocok buat yang kulitnya berminyak, karena setelah dipakai seharian pun dia nggak terlalu oily. Day Moisturizing Gel ini juga udah mengandung SPF 15 yang bisa melindungi kita dari paparan sinar matahari.
Night Moisturizing Gel

Klaim: Gunakan tiap malam, setelah softener dan serum. Ambil secukupnya, oleskan pada dahi-pipi-hidung dan dagu lalu ratakan ke seluruh wajah. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol dan pewangi.
Dibandingkan dengan Day Gel, Rubiena Brightening Night Moisturizing Gel ini beneran berbentuk gel agak transparan dengan tekstur yang lebih ringan/ light. Night Gel ini terasa lebih ringan di wajah dan nggak "tebal" saat diaplikasikan, cepat meresap, dan lumayan melembabkan. Untuk lebih maksimalnya sih harus dipakai barengan serum.

Step +1, Serum
Klaim: Serum yang melembabkan, membantu menyamarkan flek, noda hitam, serta memperlambat tanda-tanda penuaan dini lainnya. Untuk semua jenis kulit, tidak mengandung alkohol, dan tidak ditambahkan pewangi.
Rubiena Brightening Serum menggunakan packaging pump yang seharusnya memudahkan kita untuk mengeluarkan isinya, tapi pump ini agak susah diatur. Pada pertama kali pemakaian, aku kaget gara-gara isinya tiba-tiba muncrat keluar. Tekstur serumnya sendiri mirip seperti cleansing lotion, tetapi lebih transparan. Ketika memakai produk ini, kulit jadi lebih terasa lembab dibanding hanya menggunakan Day/ Night Moisturizer Gel saja. Aku suka banget sama sensasi dingin yang dihasilin, cepat nyerapnya, nggak lengket juga, tapi aku kurang sreg sama aromanya sih, dia kaya ada bau herbal gitu.
Overall, rangkaian produk Rubiena Beauty ini lumayan ampuh untuk bikin kulit lebih cerah, nggak kusam, wajah terasa lebih halus dan lembut, tapi kurang melembabkan- yang menurutku akan cocok banget untuk yang punya tipe kulit berminyak. Selain itu sizenya juga travel friendly jadi mudah untuk dibawa kemana-mana. 
Untuk saat ini, rangkaian produk brightening Rubiena Beauty ini bisa dibeli di seller tertentu, bisa dilihat di sini ya seller list-nya. Bisa juga kunjungi website dan social medianya untuk tau lebih banyak tentang brand lokal ini ;)