Written By : Selvia Vurwatie Novia

            Kalau pada artikel yang sebelumnya aku sudah menuliskan tentang ampas kopi yang kujadikan masker untuk wajah, kali ini aku akan sedikit bercerita tentang facial es batu yang juga rutin aku lakukan seminggu sekali. Mungkin sahabat semua sudah sering mendengar tentang facial dengan es batu, begitu pula dengan ku waktu itu. Saat kuliah aku masih  cuek aja dengan wajah, boro-boro melakukan perawatan dsb yang bikin ribet, sehingga banyak artikel yang ku baca hanya sekedar membaca saja tanpa megaplikasikannya, aku juga tidak terlalu pay attention dengan es batu dan kebanyakan di buang jika tidak dibutuhkan. Sampai suatu saat aku berpikir Why not? Di coba gag ada salahnya kan.


            Untuk cara pengunaan facial es batu sangat sederhana, kita cuma perlu mempersiapkan es batu seukupnya dan handuk kecil, tapi sebelumnya cuci bersih wajah terlebih dulu gag perlu mengunakan facial foam juga gapapa kok, kalau aku sebelum mengaplikasikan ke wajah es batu tersebut ku cuci bersih dengan air lalu di lapis dengan handuk tipis agar rasa dingin dari es batu tersebut tidak langsung terasa ngilu diwajah. Selebihnya kita hanya perlu mengosokan perlahan es batu tersebut ke wajah. Untuk durasi nya paling lama 10 menit sudah oke kok, ngomong-ngomong tentang facial es batu aku akan sedikit menguraikan apa saja sih manfaat facial dengan es batu,

Yuk simak manfaatnya :
1.     Es batu untuk menangani jerawat, Jerawat adalah musuh utama untuk kaum hawa. Kemunculan jerawat sering jadi hal yang menakutkan, walau cuma tonjolan kecil tetapi jerawat dipercaya bisa menghancurkan tampilan seorang. Cara mudah untuk menangani jerawat bisa mengunakan  es batu loh. Cukup masukan es batu dalam handuk tipis selanjutnya anda oleskna pada jerawat yang meradang. Diamkan sepanjang lebih kurang 5-7 menit, lakukan ini secara berulang sampai warna merah serta radang yang bengkak semakin pudar dan mengecil. selain itu dapat mengurangi rasa nyeri dan Radang Kemerahan pada tonjolan akibatjerawat.
 
2.    Membuat kulit muka fresh, langkah termudah untuk memperoleh kulit muka yang fresh es batu sangat gampang yakni diamkan sebentar sampai es batu agak mencair, selanjutnya pakai air itu untuk membersihkan muka anda. Sensasi dingin yang diakibatkan bisa tingkatkan aliran darah serta bikin kulit mebjadi lebih kencang. Kerjakan ritual ini dengan cara teratur tiap-tiap pagi hari.

3.    Es batu untuk membuat kulit wajah cerah, Untuk memperoleh kulit muka yang cerah, tidak mesti mengeluarkan banyak biaya. kita bisa mengunakan es batu untuk facial. Caranya cukup ampur air, mentimun yang telah dilembutkan, madu serta air perasan lemon, masukan ke cetakan serta bekukan. Sesudah dibekukan anda mengeluarkan serta diamkan sebentar supaya sedikit mencair, lalu anda gosokan dengan cara lembut ke semua permukaan kulit muka serta leher anda. Diamkan sepanjang 15 menit serta basuh sampai bersih.

4.    Es batu untuk kulit yang kemerahan serta sakit, bagi yang sering mencabuti rambut alis hingga mengakibatkan rasa sakit serta kemerahan pada kulit, kita tidak perlu khawatir lagi, cukup dengan mengaplikasikan es batu pada kulit alis bisa meredakan rasa sakit anda serta menghilangkan kemerahan pada kulit.
5.    Baik Untuk Kulit Berminyak, Panas dan kering adalah musuh dari kulit berminyak. Es batu membantu mengecilkan ukuran pori-pori pada kulit dan menyempitkan produksi minyak berlebih. Hal ini akan memberi kita tampilan yang segar.

6.   Menjaga kulit tetap kencang, dengan es batu kita bisa menjaga kulit tetap kencang loh.  Caranya cukup lakukan dua kali seminggu untuk hasil maksimal pada kulit. Kulit yang kencang ini disebabkan pori-pori kulit mengecil, sehingga kulit menjadi halus dan kencang.

7.   Mencegah penuaan dini, Facial es batu terbukti melancarkan sirkulasi darah di kulit wajah sehingga tidak cepat mengalami penuaan dini. Setelah facial es batu dilakukan, pijat-pijat area wajah dengan lembut untuk meningkatkan aliran darah di kulit.

            So tunggu apa lagi untuk mencoba cara yang praktis plus murah dengan es batu. Oh ya, bagi kalian yang memang menomorsatukan kualitas dan kebersihan, gag sulit kok untuk membuat es batu sendiri di rumah dengan air yang bersih, jika takut membeli di luaran. Selain itu bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan herbal lainnya, seperti teh hijau, lavender, lidah buaya, lemon, mentimun dan lain-lain, cara nya cukup dengan haluskan bahan-bahan tersebut lalu di bekukan menjadi dan diaplikasikan ke wajah. Jadi selain sahabat sekalian mendapat manaat dari es batu, juga dapat manaat dari bahan herbal lain yang dikombinasinasikan dengan es batu.