By : Selvia Vurwatie Novia


         Mozart seorang komponis produktif dan berpengaruh dari era klasik. Mozart menunjukkan kemampuannya yang luar biasa dari awal masa kecilnya. ia Sudah kompeten pada keyboard dan biola, Pada 17 tahun ia terlibat sebagai musisi pengadilan di Salzburg. Saat mengunjungi Wina pada tahun 1781, dia diberhentikan dari posisi Salzburg nya. Kemudian ia memilih untuk tinggal di ibukota, di mana ia mencapai ketenaran tapi dengan yang finansial sedikit. Selama tahun-tahun terakhir di Wina, ia menulis banyak simfoni yang paling terkenal ialah, konserto, dan opera, dan bagian dari Requiem, yang sebagian besar belum selesai hingga kematiannya.
            Mozart belajar giat dari orang lain dan mengembangkan kecerdasan serta kematangan gaya yang mencakup cahaya dan anggun bersama dengan gelap dan penuh gairah. Ia menciptakan lebih dari 600 karya, yang banyak diakui sebagai puncak dari simfoni, concertante, ruang, opera, dan musik paduan suara, salah satu yang paling populer ialah Enduringly komposer klasik, dan pengaruhnya pada musik seni Barat selanjutnya adalah Beethoven. Joseph Haydn sendiri menulis bahwa " anak cucu tidak akan melihat bakat seperti itu lagi di 100 tahun kedepan”.

            Wolfgang Amadeus Mozart lahir pada 27 Januari 1756. Ia dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma dan tetap menjadi anggota Gereja sepanjang hidupnya. Penampilan fisik Mozart seperti yang digambarkan oleh tenor Michael Kelly, "seorang pria yang sangat kecil, sangat kurus dan pucat, dengan rambut pirang", tidak ada yang istimewa tentang nya  Tubuhnya kecil, kecuali mata intens besarnya, ia tidak memberikan tanda-tanda kejeniusan" ia mencintai pakaian elegan. Mozart biasanya senang bekerja lama dan pekerja keras, finishing komposisi pada kecepatan yang luar biasa sebagai tenggat waktu mendekat. Dia sering membuat sketsa dan konsep.

            Mozart adalah seorang komponis serbaguna, dan menulis dalam setiap genre utama, termasuk simfoni, opera, solo concerto, musik kamar termasuk kuartet string dan tali kwintet, dan sonata piano. Mozart maju kecanggihan teknis dan jangkauan emosional. Dia hampir seorang diri dikembangkan dan dipopulerkan piano concerto Klasik . Dia menulis banyak musik religius, serta tarian, divertimenti, serenades, dan bentuk lain dari hiburan ringan. Ciri-ciri utama dari gaya klasik semua hadir dalam musik Mozart. Kejelasan, keseimbangan, dan transparansi adalah keunggulan dari pekerjaannya, tetapi pengertian sederhana tidak menutupi kekuatan yang luar biasa, dari karya terbaiknya, seperti Piano Concerto No 24 di C minor , K. 491 , Symphony No 40 di G minor, K. 550, dan opera Don Giovanni.