Oleh : Selvia Vurwatie Novia

     Di era modern sekarang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kian marak bertaburan, bahkan di negara berkembanga seperti Indonesia. Tidak hanya itu sains dan teknologi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia dan merupakan suatu disiplin ilmu yang penting di pelajari di era sekarang. Dengan sains kita dapat mengetahui berbagai fenomena alam yang bersifat fisik. Sains telah membuat kita dapat mengetahui berbagai macam informasi ilmu pengetahuan dan ternologi terbaru bahkan mengembangkannya.

      Jika kita telisik lagi, perkembangan sains merambat pada kemajuan teknologi dewasa ini. Hal tersebut memungkinkan kita dapat mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dimanapun dikarenakan adanya Internet. Hal ini memunculkan adanya perkembagan web sains seperti jurnal ilmiah, buku-buku refrensi, penelitian dan perkembangan IPTEK terbaru, dll. Sehingga akhirnya kemajuan teknologi dapat dikatakan memberikan ruang gerak yang leluasa bagi pengunanya dan memberikan batas kabur antara jarak dan ruang.

       Secara tidak langsung sains juga berdampak besar bagi dunia pendidikan.  Mempermudah dalam pencarian data dan informasi pada dunia maya. Contoh sederhananya adalah pengunaan e-mail dalam mentranfer data yang dapat dikirimkan kepada guru atau dosen terkait.

Referensi :
Internet Untuk Pendidikan, Budi Rahardjo