Benjamin Franklin lahir di Milk Street Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, 17 Januari 1706 – meninggal di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, 17 April 1790 pada umur 84 tahun dari ayahnya yaitu Josiah Franklin yang menikah dua kali. Benjamin adalah anak bungsu dari 17 anak Josiah dari dua perkawinan itu. Benjamin terhenti sekolahnya pada saat ia berusia sepuluh tahun, dan pada umur dua belas tahun ia telah magang pada usaha penerbitan milik James, kakak laki-lakinya. Percetakan ini menerbitkan surat kabar New England Courant.

 
Benjamin menjadi kontributor dan bahkan kemudian editor surat kabar itu. Suatu hari kakak beradik ini berselisih hingga akhirnya Benjamin melarikan diri, pertama-tama ke New York, lalu ke Philadelphia pada Oktober 1723.

Ia adalah seorang tokoh Amerika Serikat yang terkenal dan telah meninggalkan banyak karya di dalam hidupnya. Franklin adalah orang dengan banyak jenis pekerjaan dan keahlian. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis , pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu sekaligus! Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya. Karena ia juga seorang penerbit dan pemilik percetakan, banyak kata-katanya yang masih bisa dibaca orang hingga sekarang karena ia juga banyak dan rajin menulis. Ia juga terkenal dengan percobaanya mengenai listrik (penangkal petir). Tahukah Anda bahwa dia adalah Kepala Kantor Pos pertama di Amerika, pembuat "perpustakaan umum" pertama, dan orang pertama yang mengorganisasikan barisan pemadam kebakaran kota?      Benjamin Franklin ialah anggota Freemasonry.

Tahun-tahun pertengahan

Benjamin dan William melarikan diri ke Philadelphia. Lalu William bergabung dengan penjajah (Inggris) dan berpisah jalan dengan Ben. Ben adalah musuh Inggris karena Revolusioner USA.

Tahun-tahun akhir

Setelah berselisih dengan William cukup lama, William yang bergabung dengan penjajah meminta maaf terhadap Benjamin Franklin. Namun dengan tegas Benyamin Franklin menolak. Benjamin Franklin menghabiskan sisa hidupnya terpisah dari Istrinya.

Karya tulis Ben Franklin (Bahasa Inggris)

  • Franklin, Benjamin, "The Way to Wealth". Applewood Books; November 1986. ISBN 0-918222-88-5
  • Franklin, Benjamin, "The Autobiography of Benjamin Franklin". Dover Pubns; June 7, 1996. ISBN 0-486-29073-5
  • Franklin, Benjamin, "Poor Richards Almanack". Peter Pauper Press; November 1983. ISBN 0-88088-918-7
  • Franklin, Benjamin, "The Poetry of Minor Connecticut Wits". Scholars Facsimilies & Reprint; September 2000. ISBN 0-8201-1066-3
  • Franklin, Benjamin, "Writings". ISBN 0-940450-29-1
  • Franklin, Benjamin, "On Marriage".
  • Franklin, Benjamin, "Satires and Bagatelles".