Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terdiri dari 2 pulau yaitu pulau Lombok dan Sumbawa. Penduduk asli pulau Lombok disebut suku sasak, sementara di pulau Sumbawa ada suku Samawa dan suku mbojo. Oleh karena itulah Nusa Tenggara Barat memiliki keberagaman suku bangsa, bahasa, agama dan budaya.

Melalui keberagaman itu maka terciptalah suatu gagasan unik untuk mempersatukan keberagaman yang indah dalam selembar kain yang kemudian di sebut kain Batik Sasambo (Sasak Sumbawa Mbojo). Motif batik ini dibuat berdasarkan icon khas daerah-daerah di Nusa Tenggara Barat.

Salah satu pengrajin batik Sasambo di Lombok yang terkenal adalah Batik Sasambo Bumi Gora. Batik sasambo bumi gora ini mengangkat motif keberagaman laut (kerang & nyale si cacing laut), motif daun cabe, daun bebela, cabe, kangkung, presean (olahraga extrim khas lombok), kijang, istana dalam loka (istana sultan sumbawa), berugaq (bangunan mirip saung tempat beristirahat dan duduk-duduk), lumbung (bangunan tempat penyimpanan padi masyarakat sasak), cidomo (alat transportasi khas di pulau lombok), gendang beleq (alat musik tradisional lombok) dan karapan sapi (kesenian khas Sumbawa).

Motif-motif tersebut bisa dilihat dari gambar-gambar di bawah ini:







Pemesanan bisa melalui kontak WA 082341037000. Terima kasih.
Sumber foto: Dinda