in front of museum Batak
Baca perjalanan sebelumnya :

Dari zaman dahulu kala, orang Batak itu udah kenal sama budaya yang tinggi. Dulu bahkan ada tulisan aksara Batak, bahasa Batak , Gondang Batak, pakaian Batak (ulos), dan ada penggunaan marga. Tapi zaman kan udah modern ya. takutnya lama-lama nilai budaya makin hilang. Makanya dibangunlah MUSEUM BATAK TB SILALAHI CENTER ini. yang namanya museum pasti isinya barang-barang peninggalan budaya yang bersejarang dong ya. kalo isinya ikan itu mah namanya pasar ikan #gaklucu

Aku baca di brosurnya, museum ini dibangun selain untuk nyimpen barang-barang budaya, juga untuk menyatukan ke 6 etnis Batak yang ada di Sumatera Utara. Ada Simalungun, Mandailing, Angkola, Pakpak dan Karo (CMIIW). Bagunan museum ini dibangun super megah banget. Katanya sih museum ini dapat anugerah Cagar Budaya dan Permuseuman tahun 2014, sebagai Museum swasta Terbaik di Indonesia yang dianugerahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Kerenn…kereenn… #standing applause

ini aku kasi spoiler foto-fotonya. Dikit aja yak, biar penasaran :D
 
dari kanan : Putri, Fitri, Sponsor 1- Sponsor 2- Tika-Risa
replika rumah batak buat nyimpen perahu
Replika Masjid Al-Hadhonah Balige. Diresmikan sejak 1949.
akhirnya ketemu juga sama pahlawan Sisingamangaraja. Opung, Murid-muridku titip salam!

Oh iya. Disebelah museum Batak ini ada gedung TB SILALAHI CENTER. Isinya ya barang-barang milik bapak TB SILALAHI. Sumpah ya, ni orang menginspirasi banget. Dari anak kecil pengembala kerbau sampai menjadi seorang jendral, Birokrat dan Pengusaha Sukses. Beliau udah keliling Dunia dengan prestasi-prestasinya. Masuk ke TB SILALAHI CENTER ini bener-bener memotivasi kita yang masi muda (masih muda nggak sih?) untuk berbuat lebih banyak lagi, untuk bermimpi lebih tinggi lagi. Keren!

Di dalem TB SILALAHI CENTER ini ada panel-panel yang nyeritain sejarah perjalanan TB Silalahi dan perjalanan karirnya. Benda-benda pribadi juga ada. Kayak baju dinas, pangkat-pangkat di kemiliteran, penghargaan-penghargaan yang beliau dapat, bahkan mobil dinas yang digunakan waktu jadi MENPAN  di Kabinet Pembangunan juga ada. (Hayoo tebak siapa presidennya di Kabinet Pembangunan? Kalo nggak tau tanya anak kelas VI SD :P)
mobil dinasnya TB Silalahi
motor dan sepeda ontelnya. saksi perjuangan TB Silalahi
Yang paling menarik dari benda-benda itu menurut aku adalah pakaian-pakaian kehormatan yang diberikan oleh suku lain kepada TB Silalahi. Juga ada tanda kehormatan atas jasanya di kemiliteran dari berbagai Negara. Kayak afrika, arab dll (lupa gua :P)

Prestasi-prestasi TB SILALAHI ini membuktikan bahwa anak miskin sekalipun bisa sukses asal sungguh-sungguh, kreatif, dan kerja keras! Pengunjung jadi termotivasi untuk berkarya lebih banyak. Aku pribad yang tadinya kenal TB Silalahi dari biografi di belakang novelnya doang (Novel "Toba Dreams", bacanya minjem dari Pustaka Wilayah Riau #gakmodal), sekarang jadi tau siapa TB Silalahi dan bagaimana sepak terjangnya. Orang asli Batak yang bener-bener menginspirasi.


Yok luangkan waktumu untuk ke Museum Batak, biar lebih kenal sama Budaya Batak yang ternyata interesting banget! Dan yang paling penting, tempatnya oke banget buat hunting foto! nanti kalo kamu kesana, pasti bakalan takjub banget sama pemandangan di belakang Museum Batak ini. wonderfull! Nambah wawasan, inspratif, murah meriah, bisa dapet foto-foto keren pula! Tunggu apa lagi? Jom ke Museum Batak. #engkolmotor

sala satu spot bagus di belakang Museum Batak. Gak bakal nyesel kesini!
belakang gedungnya sengaja dikasi kaca. kerren!
Big Thanks to ibu Asrama PPG Unimed sebagai sponsor ngetrip ini #hug

MUSEUM BATAK, TB SILALAHI CENTER
Jl. Dr. TB Silalahi NO. 88 Desa Pagar Batu Balige
Toba Samosir, Sumatera Utara.
Tlp. (0632) 21588

Buka setiap :
Selasa-Jum’at : 08.00-17.00
Sabtu-Minggu : 08.00-18.00
Museum Tutup setiap hari seninkecuali tanggal merah