Makanan pendamping ASI atau MPASI yang dikonsumsi bayi akan semakin beragam ketika usianya memasuki usia 8 bulan.

Hal ini dikarenakan diusia 8 bulan itu gigi bayi sudah bertambah semakin banyak. Diusia yang ke 8 bulan ini biasanya bayi sudah tidak mulai menyukai untuk mengkonsumsi bubur yang tidak lunak, atau mungkin mereka akan menyukai makanan yang hampir berbentuk nasi.

Berbagai variasi menu makanan akan mulai disukai oleh bayi berusia 8 bulan ini. Jika Mama membutuhkan informasi mengenai resep MPASI 8 bulan yang mudah dan bergizi maka kami akan memberikan referesinya.

Berikut beberapa resep MPASI yang mudah dan bergizi untuk bayi 8 bulan diantaranya yaitu :

MPASI Salmon Brokoli Kacang Polong
Dengan mencoba menu ini maka Mama dapat memberikan manfaat omega 3 yang terkandung didalam salmon kepada si kecil. Dan kandungan protein yang terkandung didalam kacang polong yang sangat baik bagi perkembangan otak anak.

Bahan bahan yang diperlukan adalah :

minyak zaitun 2 sdt, fillet ikan salmon 115 gram lalu cuci bersih, kacang polong 4 sdm, dan brokoli 2 kuntum lalu dipotong kecil.



Cara membuatnya adalah :

  1. Minyak zaitun dipanaskan didalam wajan kecil dengan menggunakan api yang sedang.
  2. Kemudian salmon dimasukkan lalu dimasak selama 5 menit dan dibalikkan. Masak lagi ikan salmon itu selama 5 menit hingga matang. Lalu kacang polong dan brokoli dikukus selama 10 menit atau hingga lunak.
  3. Salmon yang sudah matang itu dicincang kasar dan pastikan tulang salmon tidak ada yang tertinggal. Setelah itu kacang polong dan brokoli dicampurkan kedalamnya.
  4. Kemudian semua bahan yang sudah tercampur itu dilumatkan hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Atau teksturnya itu disesuaikan dengan kemampuan bayi didalam mengunyah. Dan untuk melembutkannya itu dengan menambahkan sedikit air.


MPASI Dadar Jagung

Kandungan asam folat didalam jagung sangat baik untuk kesehatan mata bayi. Jagung juga mengandung karbohidrat yang akan membuat bayi tidak akan mudah lapar. Pencernaan si kecil juga akan baik karena jagung ini mengandung serat yang tinggi.

Bahan bahan yang diperlukan adalah :

tepung terigu 50 gr, keju cheddar 2 sdm lalu parut, jagung manis 1 batang, telur ayam kampung 2 butir, bawang putih 1 siung, dan minyak goreng.

Cara membuatnya adalah :

  1. Jagung manis diparut lalu disisihkan didalam wadah atau baskom.
  2. Bawang putih dihaluskan lalu masukkan kedalam baskom yang berisi jagung parut.
  3. Telur ayam kampung dan terigu dimasukkan lalu diaduk rata.
  4. Minyak dipanaskan lalu adonan digoreng hingga matang atau berwarna emas.
  5. Lalu sajikan dengan kentang tumbuk atau dengan nasi lembek.

Yang perlu diperhatikan pada menu MPASI dadar jagung adalah jagung bagi sejumlah anak akan sulit untuk dicerna sehingga perhatikan apakah jagung itu akan memberikan efek samping seperti sakit perut atau kembung.

Itulah beberapa resep MPASI yang mudah dan bergizi untuk bayi 8 bulan. Tentunya kita sebagai orangtua ingin menyajikan makanan padat gizi ya, Ma, untuk buah hati kita agar tumbuh kembangnya sesuai dengan milestonenya. Selamat mencoba ya!