Ini Dia Pentingnya Peran Divisi HR Bagi Perusahaan


Dalam sebuah perusahaan adanya pembagian kerja merupakan hal biasa dan memang perlu dilakukan oleh perusahaan. Tujuannya tentu saja agar kinerja Sumber Daya Manusia dalam perusahaan bisa membantu mencapai visi misi yang telah ditetapkan dengan efektif dan efisien. Karena itulah, dibuat sebuah divisi yang akan memiliki perannya masing-masing. Salah satu divisi yang sangatlah penting terutama dalam perannya dalam perusahaan adalah Divisi HR atau Human Resouces. 

Sebagai seorang yang bekerja di sebuah Perusahan Daerah, tentunya saya sangat familiar dengan divisi Human Resources ini atau kalau di tempat saya sebutannya Sumber Daya Manusia. Lewat divisi inilah proses seleksi terhadap saya dan karyawan lain dilakukan. Divisi ini juga yang setiap bulannya secara rutin membagikan slip gaji pada para karyawannya. 

Lalu apa saja sih fungsi dari divisi HR dari sebuah perusahaan? Berikut beberapa yang bisa saya sebutkan:  


1. Mengatur Rekrutmen dan Pemilih Karyawan Untuk Perusahaan


Divisi HR secara umum bertanggung jawab pada masalah internal perusahaan. Termasuk dalam hal rekrutmen dan pemilihan karyawan. Divisi HR harus bisa mencari, mesortir hingga memilih karyawan mana yang paling tepat dan memenuhi kualifikasi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.


2. Mengelola Hubungan Antar Karyawan Perusahaan


Sumber Daya Manusia atau karyawan perusahaan adalah pilar yang sangat penting untuk perusahaan. Hubungan yang baik antar karyawan merupakan salah satu konsep yang luas dan merupakan tugas seorang HR. Hubungan baik akan mempengaruhi pada sikap sampai hasil kerja karyawan. Divisi HR bertanggung jawab menciptakan kegiatan yang dapat membantu para karyawan lebih mengenal satu sama lainnya, baik secara pribadi atau professional. Hubungan yang bisa dibuat dengan sebaik mungkin akan bisa mendorong hubungan yang memang lebih sehat dan seimbang bagi karyawan, divisi atau manajemen dan bagi perusahaan sendiri.




3. Pengembangan dan Training Karyawan


Pengembangan dan training merupakan program penting yang harus bisa dilakukan perusahaan. Tujuannya adalah agar bisa lebih mengembangkan keahlian para karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan. Dengan begitu, kinerja karyawan dalam perusahaan bisa lebih baik dan maksimal. HR sangat berperan penting terutama dalam meningkatkan kualitas karyawan perusahaan yang akan berdampak langsung pada kinerja lewat edukasi serta training yang diberikan. Misalnya, perusahaan memberikan pelatihan mengenai komputer agar karyawan bisa lebih ahli dalam menjalankan sistem kerja menggunakan komputer.

4. Mengatur Payroll


Payrollatau penggajian perusahaan akan diatur oleh divisi HR. Ini merupakan masalah yang berhubungan dengan kawajiban perusahaan pada karyawan dan hak yang harus didapatkan karyawan tiap bulannya. Divisi HR harus bisa memastikan bahwa pemberian gaji berjalan dengan tepat waktu tanpa ada kesalahan dalam sistem penghitungannya. Karena bila payroll dilakukan dengan banyak kesalahan itu akan sangat berdampak buruk bagi perusahaan.


Bila perusahaan masih melakukan pengolahan payroll menggunakan cara manual maka bisa dipastikan kesalahan akan terus terjadi bila HR tidak teliti. Oleh sebab itulah, Divisi HR membutuhkan hrd software yang bisa membantu tugas tugas yang telah di jelaskan di atas. Dan sekarang ini telah hadir software payroll LinovHR yang bisa membantu divisi HR dalam menyelesaikan masalah penggajian ini dengan lebih akurat bahkan tanpa ada kesalahan sama sekali.

Dengan pemakaian Software Payroll LinovHR, perusahaan juga bisa lebih mudah mengelola berbagai macam data perusahaan. Dengan menggunakan sistem perangkat lunak yang lebih aman, perusahaan bisa menghindari berbagai macam kemungkinan masalah kehilangan data dalam bentuk fisik atau data sekalipun

Tak hanya itu, peran divisi HR bagi perusahaan terutama dalam hal tanggung jawabnya bisa lebih terbantu hanya dengan menggunakan software payroll dan tentunya semakin meningkatkan kinerja divisi HR untuk kemajuan perusahaan yang lebih positif.