Siapa yang disini takut kulitnya menghitam atau belang ketika kelamaan beraktivitas outdoor siang bolong? Atau takut mengalami keriput? Atau terjangkit kanker kulit? Ketiga hal itu bisa terjadi pada kulit kita kalau tidak melindungi kulit kita dari sinar matahari. Nah, sinar matahari memancarkan dua macam sinar UV (ultraviolet), yaitu UVA (yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit) dan UVB (menyebabkan kulit terbakar sehingga mengakibatkan kenaikan tingkat pigmentasi kulit a.k.a kulit gosong). Waduh, bahaya juga ya kalau terkena sinar matahari terus-terusan. Kita bisa menghindari bahaya sinar UV dengan cara menggunakan topi, payung, jaket, sepatu tertutup, jangan menggunakan pakaian hitam, merupakan banyak contohnya. Tapi, kok jadi ribet banget bawa payung atau topi kemana-mana? Pakai jaket kelamaan kan juga jadi kepanasan? Ah, padahal aku suka pakai sendal atau sepatu terbuka? Waduh... sama dong sama saya. Tenang, jawabannya adalah kamu bisa nggak pakai itu semua dengan cara menggunakan sunscreen.

Sunscreen adalah pelindung kulit dari sinar matahari yang langsung diaplikasikan ke kulit karena andung bahan-bahan yang dapat menangkal sinar UV atau menyerap panas.sinar UV.  Sunscreen  terdiri dari dua jenis, yaitu mineral atau physical sunscreen (bahan utamanya titanium dioksida dan zinc oksida) yang digunakan untuk kulit sensitif dan chemical sunscreen (bahan utamanya Aminobenzoic acid, Avobenzone, Cinoxate, Dioxybenzone, dll) digunakan untuk kulit non sensitif. Selain itu, pada sunscreen terdapat informasi seperti SPF (Sun Protector Factor) dimana banyaknya SPF harus dikalikan dengan 20 menit, setelah itu kita harus memakai sunscreen kembali. Contohnya, SPF pada sunscreen 30, maka 30x20 menit = 600 menit, setelah 600 menit dari pemakaian kita harus memakai lagi. Lalu ada informasi PA (Protection Grade of UVA) merupakan tingkatan seberapa buruk efek UVA yang dapat kita cegah. Misal PA+ berarti  kita akan terkena efek buruk UVA 2 kali lebih lama daripada tidak memakai sunscreen, PA++ 4 kali lebih lama, PA+++ maka 8 kali lebih lama, dan selanjutnya.

Karena efek buruk dari sinar matahari tersebut, saya menggunakan sunscreen dari zaman SD, tetapi hanya digunakan waktu berenang saja. Saya baru rajin pakai sunscreen setiap hari sekitar 1 tahun yang lalu karena baru tahu bahwa saya hanya sensitif dengan chemical sunscreen, jadi saya bisa menggunakan physical sunscreen. Sebulan terakhir ini, saya menggunakan Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream. Awalnya mau membeli sunscreen ini karena selain mineral sunscreen yang cocok untuk kulit sensitif, sunscreen ini memiliki  SPF 49 dan tingkat PA++. 


Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream

Sunscreen ini dikemas dalam tube plastik berwarna putih dengan tutup botol yang diputar. Produknya berbentuk cream yang konsistensinya ringan, tidak lengket, dan sedikit berminyak. Tetapi tenang saja, minyak dari sunscreen ini tidak menumbat pori-pori atau menyebabkan komedo. Saat pertama kali dipakai, produk akan membuat kulit lebih putih, tetapi hanya bertahan 5 menit, setelah itu sunscreen akan menyatu warnanya dengan kulit. Saya coba menggunakan ini pada wajah saya tanpa memakai makeup di atasnya dan melakukan selfie dengan menggunakan flash. Hasilnya, wajah saya tidak whitecast (lebih putih dari leher). Tetapi ketika saya menggunakan makeup diatasnya dan mencoba selfie dengan flash, wajah saya terlihat seperti pocong karena whitecast.


Pemakaian Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream dengan Cahaya Normal


Pemakaian Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream dengan Menggunakan Flash

Saran saya  Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream cocok dipakai untuk kamu yang menghadiri acara-acara yang singkat waktunya atau tidak sampai malam, supaya kamu nggak jadi pocong karena wefie group menggunakan flash, hehehe.

Jadi, selama sebulan saya menggunakan Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream yang saya suka adalah selain melindungi kulit dari sinar matahari secara total, produk ini tidak membuat kulit sensitif menjadi meradang, konsistensinya ringan, tidak lengket, tidak membuat pori-pori tersumbat, dan tidak membuat komedo. Kekurangannya hanya memberikan efek whitecast saat terkena cahaya flash. Jadi bagi kamu yang sekarang mau menjaga kulit dari sinar matahari secara optimal tetapi kulit kamu sensitif, bisa menggunakan Etude House Soon Jung Mild Defence Sun Cream.