Siapa sih seblak? Sepupunya si Ujang? Seblak adalah camilan atau apapun itu yang diolah menggunakan bumbu rempah-rempah dan disajikan dalam bentuk kuah maupun kering. Bisa pedes, bisa engga. Gimana selera. Kurang lebih gitu lah..aku tidak ahli dalam hal definisi-definisian. Kalo gak setuju, kalian bisa unfollow Instagram aku @hey.ajeng.

Waktu zaman ngampus dulu, biasanya aku sama genk nyeblak di warung bawah deket Bu Ica (ya disitulah pokoknya). Kita biasa kesana setiap jam istirahat dan jam mabal kuliah, because rasanya enaaaa. Gak bohong. Jauhlah sama seblak yang disebelah mah, hehe.

Gara-gara keseringan makan seblak, akhirnya ilham bereksperimen turun. Kalo bisa bikin sendiri, bisa lebih hemat dan menyesuaikan dengan selera. Daaaan, jadilah ekperimen pertamaku bikin Seblak Asam Pedes (mengingat seleraku emang makanan yang asam-asam ketek ayam).

Bahan rempah-rempah:
  1. Bawang putih
  2. Bawang bombay
  3. Daun jeruk nipis 2 helai sadja
  4. Garam ½ sdt
  5. Penyedap (royco, masako, dll) ½ sdt
  6. Ketumbar bubuk ½ sdt
  7. Gula pasir ½ sdt
  8.  Saus sambal
  9. Cabe rawit 2 butir/dua biji (apalah itu) yang sudah diiris.
  10. Minyak goreng secukupnya

Topping:
Untuk toppingnya bebas yaaa sesuai selera.
  1. Siomay 2 bungkus (yang gocap-an)
  2. Bakso
  3. Mie telur


By the way, bawah putihnya ditumbuk dulu, ya..secukupnya aja alias sesuai selera. Dua butir aja. Bawang bombaynya juga diiris dulu, tiga irisan cukuplah.

Langkah-langkah:
  1. Panaskan air dalam wajan (1 gelas ukuran normal) dan campurkan minyak goreng.
  2. Masukan bawang putih yang sudah ditumbuk dan juga bawang bombay yang sudah diiris. Tsaaahh….aduk-aduk.
  3. Jika sudah tercium wangin-wangi ena, campurkan saus sambal (satu sendok makan atau sesuai selera), cabai rawit, garam, penyedap, ketumbar, dan daun jeruk nipis (btw kenapa gak pake jeruk nipis aja, karena pohon jeruk nipis di rumah belom berbuah. Yagini deh kemageran yang hakiki, beli ke warung aja malaz, jangan ditiru yaa wahai generasi penerus bangsa…tapi selagi ada alternatif lain, why not).
  4. Masukan topingnya, aduk, dan tunggu sampe sekiranya mateng (btw ini khusus buat seblak kuah, yaaa..kalo seblak kering cara masaknya beda).
  5. Seblak asam pedas siap disajikaaaan.
Serius, ini ena banget (dilidah aku). Nagih. Asemnya seger, ditambah lagi ada rasa pedesnya, ah udahlah surga dunia.


Sekian tutorial ala-alanya, mohon maaf jika prosedurnya kurang jelas bahkan geje banget. Jika ada pertanyaan, kalian tinggal komen saja. Anyway, kalian juga bisa make your own recipe based on your taste. Tutorial ini juga yakali bisa menginspirasi kalian untuk nyoba rasa baru seblak, because umumnya seblak itu ada rasa khas ‘cikur’ yang menurut aku Bandung banget. Hehehe.

Terima kasih sudah membaca, maaf gak ada fotonya. Lupa….